Gaya Hidup

Nikmati Lulur Mangir Jawa Tradisional Ala Moderen

SECARA umum, kunyit termasuk dalam rempah-rempah yang memiliki banyak kegunaan. Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur atau jamu tradisional. Tapi juga dipakai untuk merawat tubuh dan kulit wajah.

zaman modern sekarang pun bisa meniru kebiasaan putri keraton dan nenek moyang bagaimana mereka merawat tubuh secara alami. Dulu mereka sering menggunakan kunyit sebagai bahan ampuh merawat kulit dan kecantikan.

Kalau sekarang bisa diaplikasikan menjadi masker dan lulur. Kandungan antioksidan serta nutrisinya yang mengagumkan membuat kulit dapat menjadi sehat dan cantik alami.

Rempah-rempah khas Jawa dipakai dalam perawatan kecantikan dan kesehatan kulit ini sudah dikenal lama. Salah satunya adalah lulur mangir Jawa.

Untuk merawat kulit tubuh agar sehat dan cerah tak harus mahal. Juga tak perlu mengeluarkan uang. Namun, ada satu cara sederhana yang bisa dicoba agar tidak mengeluarkan uang lebih banyak.

Cara tersebut adalah dengan memakai bahan-bahan tradisional yang murah dan ramah akan lingkungan. Salah satu bahan tradisional yang diketahui secara umum dapat membuat kulit lebih bersinar adalah kunyit.

Aromanya yang khas dan tradisional dapat menjadi nilai tambah bagi perawatan kulit. Cara pembuatannya pun mudah. tinggal mencampurkan bubuk kunyit. Jika tidak ada, bisa menggunakan kunyit yang sudah dikupas ditumbuk terlebih dahulu, kemudian ditambah beberapa tetes minyak zaitun serta jeruk nipis.

Lulurkan di kulit badan dan biarkan selama kurang lebih 20 menit hingga benar-benar kering. Terakhir barulah dibasuh dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil maksimal kulit cerah merona dan bersinar seperti matahari musim semi, lakukan perawatan ini setiap hari.

Kunyit juga bermanfaat mengatasi penuaan dini. Penuaan dini adalah momok menakutkan bagi semua wanita. Atasi dengan melakukan luluran secara teratur dan berkala.

Caranya sangat mudah. Bubuk kunyit dicampur dengan susu cair sampai benar-benar larut, kemudian pijat di area mata dan bagian tubuh yang ingin dilulur dengan lembut.

Perlahan lingkaran hitam sekitar mata, garis-garis lembut hingga kerut di tubuh akan pudar. Namun, tentunya harus dilakukan secara rutin.

Kunyit juga bermanfaat mengatasi komedo dan jerawat membandel. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah namun juga biasanya di punggung. Jerawat yang di punggung pun biasanya bila ditekan lebih sakit dibandingkan bila tumbuh di wajah.

Bubuk kunyit yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan lulur kunyit ditambahkan dengan jeruk nipis atau lemon agar dapat menambah khasiat lulur kunyit dalam memerangi jerawat serta komedo.

Aplikasikan campuran bahan-bahan tersebut ke bagian tubuh yang bermasalah maka selamat tinggal komedo dan jerawat!

Kunyit juga menghilangkan bulu-bulu kasar. Sebagian wanita menginginkan memiliki kulit halus tanpa bulu. Berbagai cara ditempuh untuk menghilangkan rambut-rambut kecil yang tumbuh secara berkala di beberapa bagian tubuh.

Contohnya saja waxing. Prosesnya yang menyakitkan serta biaya lebih mahal beralihlah ke cara-cara alami yang lebih mudah, murah dan tentu saja tidak membuat harus bersusah payah menahan sakit.

Mandilah dengan lulur kunyit secara rutin dan teratur, maka dijamin tak ada rambut-rambut kecil atau bulu-bulu kasar yang tidak diinginkan tumbuh di seluruh tubuh.

Tumit kering dan pecah-pecah juga bisa diatasi dengan kunyit. Tak hanya kulit wajah, semua wanita ingin tubuhnya terawat dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kalau tumit kaki pecah-pecah dan kering, tentu sangat mengganggu penampilan. Perawatannya pun menjadi perhatian khusus.

Kunyit sebagai bahan tradisional dan mudah ditemukan bisa digunakan untuk mengatasi menyembuhkan tumit pecah-pecah dan kering.

Siapkan bubuk kunyit dan santan hangat. Campurkan kedua bahan kemudian diaplikasikan ke seluruh kaki dan terutama tumit. Lakukan pijatan di area tersebut hingga ke jari-jari kaki. Dalam dua minggu, tumit akan halus.

Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit dapat membuat kulit wajah dan bagian tubuh lainnya menjadi kusam. Lulur kunyit membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit.

Siapkan bubuk kunyit yang sangat mudah ditemui di pasar, tepung beras, susu bubuk serta air mawar. Semua bahan tersebut dicampur dalam satu wadah kemudian dibalurkan ke seluruh kulit tubuh secara merata.

Kemudian didiamkan selama kurang lebih 20 menit hingga kering dan butiran-butirannya jatuh sendiri. Langkah terakhir adalah tinggal membilas dengan air sambil digosok-gosok dengan tangan agar sel-sel kulit mati yang masih ada bisa terangkat.

Ada baiknya langsung mandi setelah penggosokan kulit dengan lulur kunyit selesai untuk memastikan badan lebih segar dan bersih. Pemakaian lulur kunyit ini pun bisa dilakukan selama dua kali seminggu. Bila konsisten melakukan perawatan ini, tak dipungkiri hasil yang didapatkan nantinya akan sangat bagus, maksimal, dan pastinya sesuai harapan.

Perlu diketahui bahwa setiap bahan dasar mangir Jawa memiliki khasiat tersendiri. Namun demikian, manfaatnya tergantung bahan dasarnya.

Mangir Jawa berbahan dasar temugiring dan kemuning sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit lebih sehat alami. Sebab perpaduan dua bahan alami tersebut dapat menghaluskan kulit dan mengurangi peradangan yang terjadi.

Mangir Jawa berbahan dasar bengkuang dan kunir putih bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati serta kotoran sehingga kulit terlihat lebih cerah. Fungsiny untuk mengencangkan kulit serta membuatnya bersih dan segar.

Mangir Jawa berbahan dasar kunyit mengandung anti oksidan yang sangat baik untuk mencegah sel-sel kulit rusak akibat pengaruh dari radikal bebas dan sinar matahari. Kunyit juga baik untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Mangir Jawa berbahan dasar rimpang temu giring bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya. Rimpang temu giring juga sangat baik untuk menjaga kelembutan kulit, melembabkan kulit, dan menghindari gatal-gatal pada kulit.

Kalau Anda ingin menikmati sensasi perawatan tradisonal rasa moderen, Spa Gaya Remember bisa dicoba. Sebuah kombinasi perawatan yang lebih sedikit memakan waktu, tapi menyegarkan dalam waktu singkat.

Perawatannya menggunakan cara tradisional. Bahan-bahannya pun hasil peninggalan nenek moyang. Beberapa fase perawatannya di antaranya foothbath, body sauna atau steam, body scrub, luxury Choco bath, pijat tradisional, shampo dan blow, juga tentu menggunakan Spa Essentia – Java Lulur. ***

Most Popular

To Top