Gaya Hidup

Bersihkan Wajah Tak Cuma Cuci Muka, Biar Maksimal Gunakan Teknik Deep Cleansing

SETELAH seharian penuh yang membuat waktu Anda habis dengan berbagai aktivitas, tentu saja butuh perawatan agar tubuh kembali bersih, sehat dan rileks. Apalagi bagi wanita, menjaga kesehatan kulit di wajah merupakan rutinitas yang tak boleh dilewatkan.

Membersihkan wajah adalah salah satu tahap penting dalam perawatan. Kulit wajah yang bersih bisa mencegah tersumbatnya pori-pori dan meminimalisir risiko timbulnya jerawat.

Membersihkan wajah nggak cukup hanya dengan cuci muka menggunakan air. Apalagi rutinitas harian menuntut Anda untuk selalu memoles wajah dengan make up yang cukup tebal.

Teknik deep cleansing adalah salah satu cara membersihkan wajah untuk membersihkan make up yang menempel di wajah agar kembal bersih, cerah dan sehat.

Keutamaan lain dari deep cleansing, bisa menghilangkan komedo, mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel yang baru. Karena teknik ini meliputi membersihkan wajah, membuka pori–pori kulit, eksfoliasi sel kulit mati dan mengangkat komedo.

Cara membersihkan wajah ini minimal dilakukan seminggu sekali untuk mencegah sisa–sisa make up dan menghilangkan kotoran dan debu. Sebab, kotoran-kotoran tersebut yang bisa menyumbat pori–pori kulit.

Agar hasil lebih maksimal, teknik deep cleansing memang seharusnya dilakukan di tempat-tempat yang memang khusus untuk perawatan kesehatan kulit dan wajah. Namun kadangkala, kesempatan itu terlewati begitu saja lantaran sibuk dengan berbagai aktivitas sehari-hari.

Namun demikian, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Dengan catatan, Anda sudah mengenali jenis kulit sendiri, sehingga tak salah dalam melakukan teknik ini.

 

  • Membersihkan wajah dengan jenis kulit berminyak dari make up maupun debu bisa dilakukan dengan metode double cleansing. Cara ini untuk mengangkat make up, debu dan minyak berlebih. Kemudian diakhiri dengan membersihkan kulit wajah sampai bersih.

 

  • Lain lagi dengan cara membersihkan sisa lipstick, eyeliner, eyeshadow dan masker harus menggunakan teknik first cleanse, yaitu menghapus make up dengan make up remover khusus seperti lip & eye make up remover.

 

  • Tak cukup sampai di situ, gunakan facial cleanser jenis oil, cream, ataupun balm untuk menghapus foundation, bedak, maupun primer. Caranya ambil cleanser secukupnya lalu dioleskan ke kulit. Pijat beberapa bagian wajah dengan gerakan memutar. Lalu bilas dengan air bersih.

 

  • Untuk memastikan tidak ada lagi sisa make up maupun debu yang tertinggal gunakan teknik second cleanse di wajah pakai facial wash. Caranya basahi wajah, lalu oleskan facial wash Pijat dengan gerakan memutar kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

  • Teknik second cleanse ini untuk mencegah kulit iritasi bagi mereka yang memiliki jenis kulit normal cenderung kering dan sensitive.

 

  • Tidak menutup kemungkinan masih ada sisa make up dan debu yang menyumbat pori – pori kulit. Untuk membersihkannya bisa dengan cara terapi air hangat. Tuangkan air hangat ke dalam baskom. Lalu dekatkan wajah ke baskom. Kemudian tutup kepala pakai handuk agar uap air hangat hanya tertuju pada wajah. Uap air hangat inilah yang akan membuka pori–pori kulit sehingga sisa make up dan debu, bahkan komedo bisa lebih mudah keluar. Kelebihan lainnya, terapi ini bisa membantu melancarkan peredaran darah dan melembabkan kulit.

 

  • Teknik deep cleansing ini juga bisa untuk eksfoliasi sel kulit mati dan mengangkat komedo. Namun demikian harus dibantu menggunakan 3 alat kecantikan. Pertama handuk kecil berbentuk persegi (washcloth). Caranya basahkan wajah dengan air bersih, lalu tuang facial wash ke telapak tangan. Lalu gosok sampai berbusa dan diusapkan ke wajah secara merata kurang lebih 5 menit. Handuk dibasahi dengan air hangat lalu digosokkan perlahan ke wajah. Jika washclothnya sudah kotor, bilas dengan air hangat lagi lalu diperas. Kemudian gosokkan secara perlahan ke wajah, dan seterusnya. Ingat, selalu mencuci bersih handuk usai pemakaian.

 

  • Kedua, gunakan konjac sponge alat kecantikan berbentuk organic sponge yang terbuat dari akar sayuran konjac atau konnyaku (amorphophallus konjac). Bahan ini berasal dari negara-negara Asia Timur. Caranya rendam konjac sponge dalam air hangat kurang lebih 15 menit sambil diremas–remas sampai menjadi squishy dan bertekstur kenyal seperti karet. Kemudian diperas sampai taka da lagi tetesan air. Basahi kulit wajah dengan air bersih.

 

  • Tuang facial wash ke konjac sponge lalu gosok perlahan ke kulit wajah dengan gerakan memutar selama kurang lebih 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat dan cuci bersih konjac sponge setiap setelah pemakaian. Simpan konjac sponge di tempat terbuka yang sejuk dan kering untuk mencegah jamuran.

 

  • Pemilihan konjac sponge juga harus disesuaikan dengan jenis kulit anda. Pertama, charcoal konjac sponge yang berwarna hitam untuk mengurangi minyak berlebih dan membantu mengecilkan jerawat. Kedua, pink clay konjac sponge untuk perawatan kulit sensitif. Green tea konjac sponge kaya akan antioksidan untuk detoksifikasi kulit, mengurangi minyak berlebih, membantu melembutkan kulit, dan menambah elastisitas kulit.

 

  • Meskipun kebanyakan konjac sponge yang beredar diklaim bersifat antibakteri, namun tetap harus rutin menggantinya minimal sebulan sekali. Bagi kalian yang memiliki jenis kulit normal bisa pakai konjac sponge original.

 

  • Konjac sponge juga cocok untuk eksfoliasi sel kulit mati, membersihkan whiteheads dan blackheads. Perlu diingat, bagi yang menderita eczema atau psoriasis di wajah maupun pakai krim perawatan yang mengandung retinoid/retinol disarankan konsultasikan dulu ke dokter spesialis kulit /dermatologist sebelum pakai konjac sponge.

 

  • Ketiga, facial brush, didesain khususnya untuk kalian yang memiliki pori–pori besar. Caranya basahi facial brush dengan air bersih lalu teteskan Gosokkan facial brush ke wajah dengan gerakan membentuk bulatan ke atas/circular motion untuk mencegah kerutan selama kurang lebih 3 menit lalu bilas dengan air bersih. Pastikan membersihkan facial brush setiap setelah pemakaian.

 

  • Facial brush terbagi menjadi automatic dan mannual. Pemilihan facial brush juga disesuaikan dengan jenis kulit. Pertama, facial brush berbahan sintetis cocok untuk kulit dengan permukaan kasar dan tebal. Harus ekstra hati–hati saat digunakan ke wajah untuk mencegah iritasi.

 

  • Kedua, bagi yang memiliki permukaan kulit tipis maupun jenis kulit sensitif bisa pilih facial brush yang berbahan sintetis lembut dengan ketebalan 0,01 mm atau dari bulu cashmere yang sangat lembut.

 

  • Langkah terakhir jangan lupa tutup kembali pori–pori kalian dengan cara membilas wajah menggunakan air dingin. Selain mengecilkan pori–pori kulit, air dingin juga bisa mengurangi minyak berlebih di wajah.

Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa mencoba deh treatment dengan gaya escape. Proses perawatannya akan lebih maksimal. Selain melakukan deep cleansing, Anda akan merasakan sensasi pijat tradisional dan foothbath, shampoo & blow, menggunakan aromaterapi dan skin refiner essential oil fennel atau adas. Setelah itu bisa bersantai sambil menikmati hot/cold choco and cookies/choco pudding.***

 

 

 

Most Popular

To Top