Gaya Hidup

Lagi Trend, Merawat Kecantikan Wajah dan Kulit dengan Cokelat

SIAPA yang tak suka cokelat? Semua orang pasti suka. Cokelat memang terdengar sebagai makanan mewah. Harganya pun tak murah. Karena banyak disajikan dalam banyak variasi makanan dan minuman seperti cake, saus, minuman kemasan.

Mungkin sebagian orang akan mendengarnya aneh ketika cokelat menjadi bahan untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Ya, cokelat bisa dijadikan untuk perawatan kecantikan dalam bentuk masker dan lulur. Bahkan aroma cokelat bisa memperbaiki suasana hati dan membuat wajah lebih bersinar.

Cokelat juga bisa menjadi obat kesehatan. Aromanya yang wangi ditimbulkan oleh kandungan phytochemical atau sejenis antioksidan. Karena cokelat mengandung flavonoids, seperti asam valerat yang aromanya mampu membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Cokelat memiliki manfaat anti depresi.

Facial menggunakan coklat bisa mengatasi kulit yang kusam dan mengendur. Kulit akan terlihat lebih segar karena cokelat bisa menstimulasi sirkulasi darah. Campuran susu bubuk dan cokelat hitam dengan pembersih muka yang dipakai untuk membuatnya menjadi face cleanser.

Cokelat juga dibuat menjadi face scrub dengan mencampur biji cokelat bubuk dengan strawberry yang dihancurkan menjadi pasta.

Pembersih muka dan face scrub ini sangat bermanfaat bagi kulit karena mengandung antioksidan dari vitamin A dan E. Memakai produk olahan cokelat akan membuat kulit menjadi lembap dan halus. Cokelat juga membuat Anda terhindar dari radikal bebas, mengurangi noda wajah dan meningkatkan produksi kolagen.

Selain pembersih dan scrub wajah, cokelat bisa dijadikan masker, wax, krim massage, sabun mandi, kosmetik, bahkan exfoliator ketika dicampur dengan almond oil dan serbuk biji cokelat.

Cokelat mengandung antioksidan yang tinggi, kolagen hingga beberapa zat lain seperti flavonoid dan eklastin. Sehingga dengan mengonsumsi cokelat atau cocoa padat seperti dark chocolate mampu mencegah seseorang dari kanker kulit.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa bila seseorang mengkonsumsi cocoa yang kaya akan flavanoid dengan rutin dan dalam waktu yang panjang, maka akan mampu melindungi kulit dari erythema (sebuah kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan atau ruam) serta menyehatkan kulit.

Kandungan senyawa epicatechins yang masuk dalam golongan flavonoid dalam cokelat dapat melindungi kulit dari kerusakan serta peradangan akibat bahan kimia berbahaya serta polusi yang terjadi setiap hari. Kandungan flavonoid dalam cokelat memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik.

Zat antioksidan pada cokelat termasuk katekin-nya yang melimpah membuat cokelat yang sudah dijadikan lulur akan mampu menangkal radikal-radikal bebas yang disebabkan oleh makanan tidak sehat, lingkungan, hingga pola hidup.

Hal ini sangat penting mengingat radikal bebas berperan besar dalam mempercepat penuaan diri seseorang seperti kulit kendur, keriput-keriput kasar dan bintik-bintik hitam.

Kakao yang menjadi dasar utama dari rasa manis yang ditimbulkan oleh cokelat dapat meningkatkan kelembapan kulit sehingga mampu terhidrasi dan lebih lembap sehingga menjaga kulit dari kekeringan.

Kolagen yang terdapat dalam cokelat juga dapat mencegah terjadinya perubahan warna yang signifikan pada kulit. Komponen flavanoid yang melimpah di dalamnya membantu membebaskan kulit dari noda, bekas jerawat serta memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Kemampuan cokelat dalam mengontrol jumlah sekresi sebum dari kulit juga bisa memperlancar peredaran darah. Lancarnya peredaran darah ini mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih lentur.

Sebagai bahan luluran, cokelat bisa ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti madu, oatmeal dan krim susu. Adapun cara pembuatan dan penggunaannya pun sederhana.

Bahan-bahannya berupa : cokelat bubuk, air hangat atau air mawar, madu, olive oil. olive oil ini hanya pilihan.  Bisa ditambahkan atau tidak untuk menghilangkan pegal-pegal pada badan.

Penggunaannya pun mudah. Bersihkan tubuh dan wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori tubuh terbuka. Setelah menyiapkan semua bahan, tinggal mencampurkan semuanya dan olive oil.

Langkah selanjutnya adalah membaluri sekujur tubuh dengan cokelat sambil dipijat dari tumit hingga ke bahu. Terakhir, diamkan setelah kurang lebih 20 menit hingga benar-benar kering, sel-sel mati dan otomatis kotoran pada kulit akan langsung terangkat.

Berbagai alternatif alami seperti lulur cokelat ini dapat dicoba sendiri di rumah untuk mendapatkan kulit cerah, lembut, dan sehat. Karena sudah banyak lulur cokelat yang dijual di pasaran. Sehingga tidak perlu memikirkan bagaimana pembuatannya secara manual. Dapat juga dapat ditemukan perawatan lulur cokelat di spa atau tempat perawatan kulit lainnya.

Seperti spa Gaya Choco. Perawatan ini akan menghasilkan kulit indah alami dengan, melembabkan karena ada asupan ke sel-sel kulit. Divariasikan dengan footbath, body sauna/steam/ compress, body scrub, luxury choco bath, traditional body massage ditambah Spa Essentia –Skin Refiner Body Moisturizer. Sambil beristirahat Anda bisa menikmati hot/cold choco and cookies atau choco pudding. Wow, nikmat dan segar.***

 

 

Most Popular

To Top