Uncategorized

Dipicu Proposal, Massa FBR Nyaris Bentrok dengan Petugas Keamanan De Spectra Executive Club

Ayonews, Jakarta

Nyaris terjadi bentrokan antara massa FBR dengan pihak keamanan De Spectra Executive Club di Jl. Angkasa Blok B6 Kel. Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019), sekitar pukul 19.00 WIB.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa itu dipicu hanya sebuah proposal. Beberapa jam sebelumnya, atau siang sekitar pukul 13.00 WIB, Ormas FBR Korwil Jakarta Pusat yang diwakili Jefry Cs mengirimkan proposal yang berisi sebagai berikut:

“Yth Bapak Pimpinan Manajemen De Spectra Executive Club di Mega Glodok Kemayoran (MGK).

Salam sejahtera dan silaturahmi kami haturkan kepada Bapak semoga senantiasa berada dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa serta selalu sukses dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Bersama ini kami Forum Betawi Rempug (FBR) Koordinator Wilayah Jakarta Pusat yang Independen, mandiri dan peduli dalam membantu pemerintah dan ikut bertanggung jawab atas bidang ketenagakerjaan, ketertiban, keamanan, kebersihan lingkungan dan pembangunan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Pusat, menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa sesuai dengan Undang-undang pembangunan disuatu wilayah hendaknya ikut memberdayakan SDM dari masyarakat sekitarnya, dimana hal ini sesuai dengan tujuan pemerintah daerah dalam menanggunglangi pengangguran, kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat khususnya dilingkungan wilayah
pembangunan ekonomi/proyek tersebut berlangsung.

2. Bahwa pembangunen suatu ekonomi lebih baik, lancar dan aman bilamana adanya peran serta dari masyarakat sekitarnya yang ikut terlibat dalam pembangunan
ekonomi / usaha tersebut.

3. Bahwa kami Forum Betawi Rempug (FBR) Korwil Jakarta Pusat, atas hal-hal tersebut diatas, menyampaikan hal-hal sebagai berikut, undang-undang otonomi Daerah segala Kegiatan Ekonomi dan Kami berharap dapat kiranya Bapak bekerja sama dengan kami dalam hal Jasa tenaga kerja / SDM untuk anggota-anggota kami yang berdomisili di Jakarta Pusat khususnya Kemayoran dan masih menganggur seperti : jasa pengamanan, jasa Kebersihan, Jasa Perparkiran, Jasa katering dll. nya agar anggota kami dapat bekerja pada usaha hiburan yang hendak Bapak buka di Mega Glodok Kemayoran.

b. Kami berharap dapat kiranya Bapak mempertimbangkan dan memberi solusi atas program kami dalam pembangunan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat Kemayoran.

c. Untuk memberi penjelasan atas permohonan kerjasama kami ini, Tim Pokja kami akan audensi kepada Bapak, sehingga maksud dan tujuan permohonan kami ini dapat lebih jelas dan dapat dikabulkan. Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya terhadap masyarakat Betawi, khasusnya kepada Forum Betawi Rempug, sebelumnya diucapkan terima kasih.”

Sekitar pukul 16.00 WIB beredar isu kalau Michael (Chief Security) malah merespon keras proposal FBR. Kemudian, atas instruksi Ketua Korwil FBR Jakpus H. Muhammad Herry, seluruh anggota FBR Korwil Jakpus berkumpul di Kantor Sekretariat FBR Jakpus Blok B2, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakpus sekitar pukul 18.30 WIB.

Setengah jam kemudian, sekumpulan massa dari FBR mulai mendatangi klub spectra. Namun aksi mereka berhasil dihalau petugas Polsek Kemayoran dan Polres Metro Jakpus.

Agar insiden tidak membesar, petugas Intelkam yang dipimpin AKP Ninggor Gultom menelepon Ketua Korwil H. Muhammad Herry agar menarik mundur anggotanya. Permintaan itu direspon secara baik oleh ketua FBR.

Bersinergi dengan wakil perusahaan, para tokoh FBR yang mengutus 4 orangnya dengan dimediasi Kapolsek Kemayoran Kompol Saiful Anwar di kantor Polsek Kemayoran.

“Saya sebagai Kapolsek berusaha memfasilitasi rekan-rekan agar dapat kesepakatan jalan damai. Dalam pencapaian solusi mungkin tidak tercapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, intinya adalah saling legowo,” pinta Kompol Saiful.

Sementara itu pihak manajemen Spectra, Michael mengatakan bahwa proposal yang diajukan FBR sudah dipelajari.

“Intinya saya belum sempat bertemu pimpinan saya untuk mengambil keputusan. Saya mewakili perusahaan dengan bang Hery mengambil inisiatif untuk menerima keputusan proposal yang diajukan kepada kami dan ke depannya saya akan menjalin hubungan dengan Bang Andy, selaku koordinator lapangan FBR,” papar Michael.(Ari Nurprianto/WRC Pusat)

Most Popular

To Top