Gaya Hidup

Bukan Cuma Sebagai Penyedap Masakan,  Garam Bisa Dijadikan Terapi Kecantikan Alami

SALAH satu hasil kekayaan laut adalah garam. Butiran putih seperti kristal ini sudah sejak jaman nenek moyang diolah menjadi berbagai bahan kebutuhan dapur. Karena garam memang menjadi salah satu bumbu wajib penyedap rasa masakan.

Tanpa garam, makanan akan terasa hambar. Di lidah pun tak nikmat. Memang, di luar garam ada bumbu penyedap rasa lainnya agar masakan menjadi lebih nikmat. Tapi tetap garam adalah penyedap utama semua masakan.

Selain mengandung yodium yang baik, garam juga memiliki kandungan buat kesehatan tubuh. Asal tak berlebihan, garam memberikan manfaat dalam pertumbuhan manusia.

Siapa sangka bumbu dapur dengan rasa asin tersebut memiliki sejumlah manfaat lainnya. Garam bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan menyembuhkan berbagai keluhan penyakit kulit, mengubah gaya rambut dan bahan perawatan kecantikan alamiah.

Perawatan kesehatan dan kecnantikan menggunakan garam juga tergolong murah. Untuk mendapatkannya pun mudah. Bisa dalam bentuk bubuk, bentuk Kristal atau dikemas dalam bentuk lain.

Kendati demikian, ketika dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan tubuh lainnya, harus dipahami dulu tujuan dan cara pemakaiannya agar tidak salah.

Misalkan untuk memutihkan kulit yang kusam. Sebagai agen pemutih kulit alami, garam bisa mengembalikan kesehatan sel-sel kulit yang semula mati. Karena garam mengandung natrium yang cukup tinggi.

Sebagai bahan kecantikan dan kesehatan, Anda tak perlu menyimpan stok banyak-banyak. Karena garam yang sudah lama tersimpan, tidak baik untuk kesehatan kulit. Bukannya menyembuhkan, malah bisa membakar kulit.

Untuk perawatan sendiri di rumah, buatlah pasta dengan bahan garam dan air. Campurannya dua banding satu. Setelah jadi, terapkan pada wajah. Diamkan selama sekitar 30 detik. Kemudian bilas dengan air.

Dengan kandungan magnesium sulfat, garam bisa dipakai untuk mengobati gatal-gatal pada kulit dan menghilangkan ruam.

Untuk mencegah gatal dan menghaluskan kulit, campurkan satu cangkir air panas dan garam ke dalam mangkuk. Biarkan sampai dingin. Lalu masukkan ke dalam kulkas untuk dibekukan selama 20 menit. Setelah itu terapkan pada daerah kulit yang terkena masalah. Biarkan selama sekitar 30 menit.

Sifat anti inflamasi yang dikandung dalam garam dapat mengobati berbagai infeksi kulit. Infeksi kulit dapat terjadi karena banyak sebab. Jadi sangat penting untuk mengobatinya dengan benar sebelum semakin parah.

Caranya, masukkan dua sendok teh garam ke dalam air hangat dan gunakan kain bersih untuk menerapkannya pada kulit yang terinfeksi. Cara ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka terbuka.

Garam memiliki manfaat sebagai pembersih alami pori-pori dan menyeimbangkan produksi minyak di kulit. Untuk memanfaatkan ini, campurkan dua sendok teh garam dengan air hangat. Biarkan hingga larut. Setelah itu gunakan air untuk disemprotkan pada wajah.

Untuk menghaluskan kulit serta menyamarkan kerutan, gunakan garam sebagai scrub. Karena garam adalah scrub terbaik yang dapat menghilangkan kulit mati, melembutkan dan memberikan kehalusan pada kulit.

Tekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupaskan sel kulit mati di wajah dan bagian tubuh lainnya. Meski saat pemakaian terasa perih, garam juga bisa menyembuhkan luka lebih cepat.

Campurkan garam dengan minyak di wajah atau menggunakan facial oil. Kemudian pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah seperti biasanya.

Bila ingin hasil yang lebih sempurna , campurkan 1/4 sendok garam dicampur dengan 1/2 sendok minyak zaitun dan minyak kelapa. Buatlah pasta tebal dan gosok pada wajah.

Untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dalam waktu singkat. Tambahkan minyak esensial seperti lavender, vanila, atau cinnamon sehingga bisa sekaligus merelaksasi tubuh.

Bahan Kecantikan

Dalam dunia kecantikan, garam sudah umum digunakan sebagai salah satu bahan campuran sejumlah perawatan facial di salon. Garam dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutupi pori-pori kulit.

Untuk perawatan di rumah, campurkan secangkir garam ke bak mandi berisi air hangat. Berendamlah selama setengah jam. Hasilnya bisa membantu mendetoksifikasi dan mengurangi bengkak-bengkak pada tubuh.

Selain sebagai campuran untuk facial, garam juga bisa digunakan sebagai toner. Semprotkan campuran garam dengan air hangat ke wajah sambil ditepuk-tepuk hingga kering. Cairan ini bisa menjadi pengganti toner untuk menutrisi kulit.

Garam juga bisa menyembuhkan dan mencegah munculnya jerawat di wajah. Dengan bahan yang murah meriah ini, kaum wanita tak perlu lagi takut dengan salah satu penyakit kulit ini. Jerawat yang sering muncul secara mendadak bisa diredam menggunakan garam.

Untuk penggunaan sendiri, campurkan seperempat sendok garam dengan segelas air hangat. Rendamlah kapas di dalamnya. Lalu taruh kapas di area jerawat. Tunggu hingga sekitar satu menit. Garam akan mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat.

Garam juga bisa menjadi alternatif penyembuh alami bibir kering dan pecah-pecah. Campurkan tiga sendok garam dengan sesendok vaseline. Aduk dan gosokkan adonan secara perlahan pada bibir sampai kulit keringnya mengelupas.

Bersihkan kulit-kulit yang tersisa menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk memoleskan lipbalm yang melembabkan seusai perawatan. Hasilnya di luar dugaan. Bibir Anda akan terlihat cerah dan selalu terlihat basah.

Jika Anda memiliki masalah infeksi di kaki, nggak usah buru-buru ke dokter. Anda bisa mencoba ramuan alami untuk menyembuhkannya dengan bahan dasar garam.

Caranya masukkan secangkir garam pada air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang terinfeksi dan tunggu hinnga setengah jam. Infeksi diyakini bisa sembuh dengan dua hari perawatan. Terapkan cara ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Garam juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bagian mulut. Agar nafas lebih segar serta mulut dan gigi lebih bersih, gunakan campuran air, garam, baking soda sebagai cairan kumur alami.

Yang menarik, garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengubah tampilan gaya rambut. Memang terdengar aneh. Tapi ini nyata. Mungkin bosan dengan rambut lurus alami yang Anda miliki. Ingin mengubah tampilan menjadi bergelombang  tanpa harus ke salon. Semprotkan saja air laut ke rambut Anda.

Dengan menyemprotkan campuran air dengan garam atau air laut asli ke rambut dapat menghasilkan rambut ikal alami serupa beach waves. Jika ada pasir yang menempel malah akan menambah tekstur yang memperindah bentuk ikal rambut Anda.

Tak sedikit orang percaya bahwa kebanyakan mengonsumsi garam bisa membuat wajah bengkak. Justru sebaliknya, bumbu dapur ini bisa meredam pembengkakan jika dipakai sebagai perawatan luar.

Misalnya untuk bagian mata, Anda bisa mencampurkan garam dengan air hangat untuk diaplikasikan pada mata bengkak.
Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi perawatan menggunakan garam secara profesional, namun tetap alami, coba Gaya Salt. Di sini Anda akan merasakan bahwa garam bisa mengelupaskan kulit bermasalah dengan lembut. Selain footbath, Anda bisa bersauna, body scrub dan aromaterapi. Kemudian dilakukan pemijatan di seluruh tubuh menggunakan minyak esensial lemon.***

 

 

 

Most Popular

To Top