Kesehatan

Cengkih Bisa Obati Sakit Gigi, Gusi dan Sariawan Lho…

KATA orang lebih baik sakit gigi ketimbang sakit hati. Padahal sih sama-sama sakitnya. Bedanya sakit hati bisa berlarut-larut, sakit gigi bisa sembuh asal diobati. Tapi keduanya tetap ada obat pencegahnya.

Nggak perlu membahas sakit hati. Obatnya banyak macam, tapi belum tentu sembuh. Tapi kalau sakit gigi, obatnya banyak macam, dijamin lekas kembali sehat. Sakit hati sulit dirawat, tapi kalau sakit gigi bisa dicegah.

Saat sakit gigi mendera hingga membuat sariawan menguasai rongga mulut, ngapain aja pasti nggak enak. Jangankan makan dan minum, untuk tersenyum dan ngobrol sama teman rasanya malas.

Ya, karena ada sesuatu yang mengganjal di rongga mulut. Ketika makan, minum atau ngobrol, sesuatu yang mengganjal itu menghasilkan rasa sakit.

Ketika gigi sakit, yang terdampak bukan hanya mulut saja. Tapi juga rasa nyeri di kepala. Biasanya, kalau efeknya sudah ke mana-mana, langkah pertama yang dilakukan adalah menelan obat penahan rasa sakit.

Bila sakit giginya terus menerus, jangan coba-coba menelan obat penahan rasa sakit yang bersifat kimiawi. Ada baiknya mencari alternatif alami untuk mengalahkan sakit gigi dan masalah lain di rongga mulut. Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah cengkih.

Tangkai bunga pohon cengkih ini terkenal memiliki manfaat beragam. Cengkih merupakan rempah asli Indonesia yang berasal dari Kepulauan Maluku. Sebagai rempah, cengkih banyak digunakan sebagai bumbu beraroma pedas dalam masakah Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Dalam wisata kuliner lokal, cengkih bisa ditemukan dalam olahan seperti kari, opor, juga semur. Tak hanya di sajian gurih, si hitam kecil ini juga dipakai dalam sajian kue nastar. Rasanya sedikit pedas dengan sensasi hangat pas berpadu dengan selai nanas yang manis.

Di luar manfaat kuliner, cengkih juga dijadikan campuran dalam pembuatan rokok kretek. Rokok berbahan cengkih telah lama dihisap penduduk di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Selain aromanya yang menghangatkan dan membuat segar, cengkih juga dipakai sebagai bahan pewangi alami yang biasanya berbentuk bola atau pomander. Ramuan ini sudah digunakan mulai akhir abad pertengahan sebagai penangkal infeksi juga penghilang bau.

Biasanya, pomander terbuat dari jeruk dan cengkih yang dimasukkan ke wadah bulat dari emas atau perak yang berbentuk bulat.

Selain sebagai bumbu dan aromatik yang kuat, cengkih juga amat bermanfaat di dunia medis. Kandungan eugenol dan metil salisilat yang terdapat pada cengkih membuat rempah berwarna hitam ini amat pas untuk pereda sakit sekaligus merawat gigi dan rongga mulut.

Hebatnya lagi, beberapa kandungan kimia cengkih bisa memperbaiki sistem tubuh atau malah menyembuhkan penyakit. Di antaranya engobati sakit gigi dan gusi bengkak. Saat cenut-cenut karena sakit gigi melanda, coba ambil cengkih.

Cengkih dipercaya berkhasiat untuk meredakan sakit gigi walau hanya sementara. Kandungan analgesik atau pereda nyeri alami pada cengkih bisa mengurangi rasa tak nyaman saat sakit gigi mendera. Cengkih juga bisa untuk menyembuhkan gusi yang bengkak.

Caranya, sangrai 5-10 butir cengkeh, tumbuk halus, dan taburkan pada bagian gigi yang sakit atau gusi yang bengkak. Diamkan bubuk cengkeh di dalam mulut selama 3-5 menit. Alternatif lain, bisa menggunakan minyak cengkih yang diteteskan ke cotton bud lalu dioleskan ke gigi atau gusi yang sakit.

Namun, perlu hati-hati saat menggunakan minyak cengkih, karena sifatnya yang sangat panas. Bagi beberapa orang yang punya mulut sensitif, minyak cengkih bisa membuat mulut luka.

Selama bertahun-tahun, cengkeh telah digunakan untuk mencegah penyakit menular terutama wabah. Obat penghilang rasa sakit antiseptik yang kuat. Aroma yang hangat, pedas dan seperti kayu ini dapat merevitalisasi dan menstimulir. Membantu mengurangi sakit gigi dan gusi, serta menjaga kesehatan mulut.

Karena cengkih mengandung antioksidan yang tinggi, membantu pencernaan, antibakteri,
meningkatkan sistem imun serta membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Agar lebih praktis, gunakan Essential oil clove bud. Minyak esensial ini bisa dipakai sebagai pengharum ruangan, campuran untuk mandi, minyak urut, untuk inhalasi atau melegakan pernafasan. ***

 

Most Popular

To Top