Gaya Hidup

Foothbath Tak Cuma Hilangkan Pegal di Kaki, Tapi Bisa Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

MERENDAM kaki disertai scrub dan pijatan sangatlah penting. Rangkaian kegiatan ini bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga tubuh secara keseluruhan menjadi lebih rileks setelah lelah beraktifitas bekerja atau olahraga.

Perawatan kaki yang lebih dikenal dengan footh bath ini juga sebagai bagian untuk menjaga kelembaban dan keindahan kaki bagi wanita.

Apalagi wanita yang suka menggunakan alas kaki atau sepatu tinggi membuat tubuhnya terhidrasi. Karena itu perawatan kaki sangat dibuthkan agar tubuh selalu terhidrasi dengan sempurna.

Foothbath juga bisa membuat kulit di bagian kaki terlihat halus, lembab dan lembut. Masalah yang kerap terjadi pada kaki tak hanya ada di bagian kaki saja. Tapi juga bagian kuku pun sering muncul masalah. Apalagi mereka yang jarang menggunakan pelembab tubuh atau body lotion di bagian ini.

Padahal pemakaian pelembab sangat penting pada pagi dan menjelang tidur, agar kuku dan kulit kaki menjadi lembab sepanjang hari. Kelembaban ini penting supaya terhindar dari kulit kering.

Disarankan agar kuku selalu tampak bersih dan rapih, rawatlah setiap 2 minggu sekali dengan melakukan manicure dan pedicure. Untuk relaksasinya lakukanlah footbath.

Kegiatan ini berguna antara lain untuk melancarkan peredaran darah akibat terlalu lelah atau seringnya menggunakan hak sepatu tinggi yang mengakibatkan otot-otot kaki menjadi tegang.

Dengan foothbath, kenyamanan akan terasa dan hasilnya kaki menjadi lebih ringan, halus, lembut dan tidak lagi mengalami ketegangan otot, kulit pecah-pecah dan kering.

Perawatan bisa dilakukan minimal 3 atau 4 minggu sekali atau disesuaikan dengan kondisi kulit dan kuku kaki.

Selain relaksasi, manfaat yang juga didapatkan dari footbath dapat melembutkan serta memutihkan kulit kaki, memberikan rasa nyaman melalui aromatherapy, meredakan rasa nyeri dan lelah pada kaki. Dengan kaki yang bersih dan sehat, penampilan menjadi percaya diri dan selalu nyaman.

Idealnya foothbath harus dilakukan di tempat perawatan kecantikan. Seperti di spa atau salon. Namun ketika masalah yang dihadapi urgen dan harus segera dilakukan, perawatan pun bisa dilakukan sendiri di rumah atau tempat kerja.

Anda bisa melakukan footbath menggunakan beberapa bahan alami dan air hangatSiapkan bahan-bahannya berupa segelas garam mandi atau jika tak ada bisa gunakan garam dapur, 1 sendok makan baking soda, baskom tempat merendam, minyak esensial, pelembab kulit dan 5 liter air hangat atau lebih.

Tuang air hangat dalam baskom, kemudian tuangkan garam di dalamnya. Camurkan baking soda, kemudian aduk secara rata. Lalu masukkan minyak minyak esensial, dan aduk kembali hingga merata. Siapkan tempat duduk nyaman di sisi baskom. Lalu duduklah dengan santai. Letakkan kaki di dalam baskom tersebut.

Rendam kaki hingga ke batas mata kaki atau lebih. Diam dan nikmatilah selama 20 menit, sambil sesekali melakukan pijatan kecil. Jika air telah dingin, angkat dan keringkan kaki dengan handuk bersih. Beri pelembab kulit agar kaki tak kering.

Dengan merendam kaki dengan garam, maka kulit mati akan hilang. Peredaran darah di kaki yang tersumbat pun kembali lancar kembali. Yang pasti pegal-pegal akan lenyap.***

 

 

Most Popular

To Top