Kesehatan

Meski Beda, Mandi Uap &  Sauna Punya Manfaatyang  Menjaga Kesehatan Jantung & Mencegah Stroke

SALAH satu ritual spa adalah mandi uap. Di dunia perawatan dikenal dengan steam bath. Ritual ini sebagai cara untuk menjaga kesehatan kulit. Sementara khusus untuk kaum hawa sebagai bagian untuk mempercantik tampilan kulit agar lebih cerah dan mulus.

Lalu apa sih bedanya antara mandi uap dan sauna? Karena kedua istilah ini membuat banyak orang terkecoh. Secara manfaat tak jauh beda, yakni sama-sama sebagai bagian perawatan untuk membuka pori-pori kulit, menjaga kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah dll. Yang membedakan keduanya ada pada ruangan dan suasananya.

Sauna menggunakan ruangan kering sebagai sumber panas. Biasanya sumber panas ini berasal dari batu bara, kayu, gas, listrik atau teknologi inframerah. Suhu di dalam ruang sauna mencapai 82,2 sampai 90,5 ° C. Perawatan ini biasanya disediakan di tempat spa atau tempat perawatan tubuh lainnya.

Dengan sauna membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancer, sehingga kesehatan jantung dan pembuluh darah terjaga. Mereka yang rutin bersauna memiliki risiko lebih rendah terkena stroke, serangan jantung, dan demensia. Rutin itu dalam arti kontinyu setidaknya 4 kali dalam seminggu selama 20 menit.

Berada dalam sebuah sauna berbanding sama dengan berlari di atas treadmill secara teratur. Saat treadmill, suhu panas memicu jantung untuk memompa darah lebih keras. Dalam kondisi panas yang kuat akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak dan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Sauna juga merupakan cara yang baik untuk membuka pori-pori kulit sehingga siap untuk menerima tahap perawatan tubuh selanjutnya.

Berdiam diri di ruangan sauna juga bisa mengurangi rasa sakit dan kaku pada tubuh setelah menguras tenaga akibat aktifitas yang padat atau usai berolahraga keras.

Sauna bermanfaat bagi mereka yang mengalami sakit jantung. Karena dengan sauna bisa meningkatkan detak jantung seseorang.

Kendati demikian, sesuatu yang berlebihan hasilnya tidak baik. Begitu juga dengan sauna. Efek sampingnya akan buruk bila berlama-lama di ruang sauna karena akan membuat tubuh mengalami dehidrasi dan pusing akibat tak kuat suhu panas. Untuk meminimalisir efek samping, cukupi kebutuhan cairan sebelum, selama, dan setelah sauna.

Mandi uap

Sementara steambath atau mandi uap merupakan upaya menjaga kesehatan dengan menggunakan sebuah ruangan yang dirancang khusus menggunakan sumber panas yang lembap. Biasanya sumber panas tersebut berasal dari generator uap.

Lantai ruangan biasanya terbuat dari ubin, kaca atau plastik. Jadi, udara yang terjebak di dalam ruangan menghasilkan kelembapan. Kalau sauna dalam keadaan ruangan kering, sebaliknya mandi uap ruangannya basah.

Ruangan  mandi uap tidak sepanas sauna. Suhu di dalamnya berkisar antara 37,7 sampai 48,8 ° C dengan kelembapan hampir 100 persen.  Biasanya orang akan merasakan sensasi panas yang lebih terasa di ruang mandi uap ketimbang sauna. Faktor kelembapannya itu menjadikan suhu panas berlebihan.

Mandi uap juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah. Dengan mandi uap tubuh akan terasa lebih segar terhindar dari nyeri otot setelah beraktifitas dan olahraga keras.

Mandi uap juga membuat kulit terlihat lebih segar, cerah dan lebih sehat dari sebelumnya. Panas dan lembap ruangan mandi uap membantu meringankan gejala pilek dan hidung tersumbat. Mereka yang sedang mengalami stres, diyakini bakal reda setelah duduk selama 10 menit di ruangan mandi uap. Biasanya, lamanya waktu serta tingginya suhu yang digunakan tergantung pada permintaan dan ketahanan tubuh masing-masing orang.

Mandi uap pun memiliki risiko terhadap seseorang yang tubuhnya belum kuat bila berada di dalam ruangan lembap. Misalnya tubuh yang kekurangan cairan atau kurang minum air dan tubuh yang mengandung alkohol. Hindari juga makanan berat sebelum mandi uap. Sebab, efeknya bakal membuat kepala terasa pusing, perut mual, hingga bisa pingsan. Karena suhu tubuh menjadi lebih tinggi dari kondisi normal.

Perawatan mandi uap akan lebih maksimal hasilnya dengan menggunakan aromaterapi. Karena manfaatnya pun lebih terasa ke dalam tubuh. Aromaterapi itu menggunakan berbagai rempah-rempah sejenis sereh, jahe dan daun pandan yang dicampur dengan lung punifiying oil dan minyak peppermint.

Selain berfungsi untuk menyegarkan dan membuka pori-pori kulit, minyak esensial dan herbal yang dipakai akan memberikan sensasi wewangian yang segar dan menambah relaksasi tubuh serta melegakan pernapasan.

Mandi uap bermanfaat untuk menghilangkan stres dan mampu mengurangi berbagai masalah kesehatan, seperti flu dan insomnia. Kedua penyakit ini bisa sembuh karena ada rempah-rempah di dalamnya.

Namun demikian orang dengan kondisi kulit sensitif harus berhati-hati saat mandi uap. Mereka yang memiliki kulit sensitif, pembuluh kapilernya akan melebar dan menimbulkan reaksi yang tak diinginkan.

Agar manfaat perawatan mandi uap maksimal, sebaiknya sebelum memasuki ruangan, lakukan eksfoliasi, yakni tindakan pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Lakukan facial menggunakan scrub lembut untuk mencegah penyumbatan keringat di kulit yang justru menyebabkan bekas ruam.

 

Untuk kulit kepala yang kering, oleskan clear deep nourishing treatment mask sebelum memasuki ruang uap dan perbanyaklah minum air putih. Di dalam ruangan, gosoklah kulit dengan lembut untuk mengelupaskan dan mengangkat sel kulit mati, kemudian oleskan pelembap ke beberapa bagian kulit di tubuh. ***

 

 

Most Popular

To Top