Kesehatan

Ini Cara Melawan Peradangan dalam Tubuh dengan Minyak Esensial Adas/Fennel

SERING kita mendengar saat seorang teman atau rekan kerja terlihat lesu. Dia mengeluh makan tak enak, tidur tak nyenyak, minum pun terasa ada yang mengganjal di tenggorokan. “Kayaknya lagi kena radang nih,” ucapnya.

Dengan mendengar pengakuannya itu, langsung kita menerka bahwa ia sedang mengalami rasa sakit. Sakitnya bisa ia rasakan di tenggorokan atau bisa jadi di bagian usus. Karena keduanya memang menyebabkan sakit.

Dalam dunia kesehatan, peradangan bisa juga disebut dengan inflamasi. Sebuah proses ketika tubuh merespon adanya ancaman penyakit, seperti infeksi organisme asing, bakteri virus dan bahan kimia beracun.

Penyebabnya bisa karena asupan makanan, minuman yang tak sehat. Bisa juga karena pengaruh lingkungan, seperti polusi atau udara kotor yang mengandung banyak bakteri.

Sebenarnya, peradangan merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh mengenali adanya bahaya, sistem kekebalan akan merespon dengan melepaskan sel darah putih dan senyawa kimia lainnya ke darah untuk melindungi sel dan jaringan tubuh yang terancam.

Selama proses itu memang menimbulkan rasa tak nyaman. Tenggorokan terasa sakit, bisa juga kena pada usus. Makan, minum tak enak, tidur tak nyaman. Mau beraktifitas atau bekerja tubuh terasa berat. Namun demikian, proses ini tetap harus dilalui. Karena peradangan penting dalam proses penyembuhan.

Idealnya, proses peradangan ini tak memakan waktu lama. Peradangan hanya muncul di situasi tertentu. Misalnya ketika suatu bagian tubuh mengalami luka terbuka, maka peradangan akan membantu menghilangkan sel yang rusak dan mempercepat proses penyembuhan.

Yang jadi masalah ketika peradangan berlangsung lama. Proses peradangan yang terjadi dalam waktu yang lama dapat mengancam kesehatan tubuh. Prosesnya bisa menjadi kronis atau menetap lama ketika tubuh tidak dapat menghilangkan penyebab radang, tubuh secara terus-menerus merasakan sakit. Ini bisa jadi ketika system kekebalan tubuh malah menyerang jaringan yang sehat.

Peradangan terjadi ketika pelepasan sel darah putih ini kemudian meningkatkan aliran darah ke daerah yang mengalami cedera atau infeksi. Sehingga area ini akan terasa hangat dan terlihat bengkak kemerahan.

Beberapa zat kimia yang dilepas sistem kekebalan tubuh juga dapat mengakibatkan kebocoran cairan ke jaringan. Pelepasan zat-zat kimia itu juga dapat merangsang serabut saraf dan menyebabkan nyeri. Ini beberapa penyakit yang kerap terkait dengan peradangan kronis di antaranya:

  • Peradangan pada jantung atau miokarditis dapat menyebabkan sesak napas atau retensi cairan.
  • Peradangan pada ginjal (nefritis), dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau gagal ginjal.
  • Peradangan pada tabung kecil yang mengangkut udara ke paru-paru bisa menyebabkan sesak napas dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).
  • Peradangan usus dapat menyebabkan Inflammatory Bowel Disease (IBD).
  • Peradangan sendi dapat menyebabkan rematik.
  • Peradangan tulang meningkatkan risiko tulang keropos.
  • Peradangan pada kulit, menyebabkan psoriasis  atau penuaan dini
  • Peradangan pada gusi, bisa menyebabkan periodontitis (penyakit yang membuat gusi surut dan struktur rangka di sekitar gigi menjadi lemah atau rusak).
  • Sementara peradangan pada otak bisa menyebabkan depresi, . nafsu makan berkurang. Pola tidur pun memburuk. Orang yang depresi cenderung memiliki tingkat zat peradangan dalam darah yang lebih tinggi.

Salah pengobatan yang sederhana untuk menanggulangi peradangan di tubuh sebenarnya sederhana. Gunakan minyak esensial fennel atau minyak esensial adas sebagai pengobatan tradisional.

Fennel atau adas ini merupakan tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Manfaat adas tidak hanya sebagai bumbu masakan melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di Indonesia adas merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu karena baunya yang harum, yang dapat memperbaiki rasa dan mengharumkan ramuan obat. Fenel juga dapat menghasilkan minyak adas hasil sulingan serbuk tanaman adas yang sudah masak dan kering.

Kandungan zat gizi tanaman adas untuk kesehatan tubuh banyak dan beragam di antaranya adalah mengandung serat, karbohidrat, protein, dan lemak tanpa kolesterol. Mengandung berbagai vitamin di antaranya vitamin A, C, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B9 (asam folat), E, dan vitamin K.

Adas juga mengandung berbagai mineral penting, seperti fosfor, zat besi, kalsium, seng, natrium, potasium, mangan, selenium, magnesium, sodium, dan tembaga.

Di samping itu, ada juga beberapa zat lain yang dikandung adas di antaranya : kolin, lutein, zeaxantin, anetol, flavonoid, asam rosmarinic, asam klorogenik, terpen, dan beberapa asam amino esensial seperti leusin, isoleusin, triptofan, dan fenilalanin.

Salah satu manfaat essential oil fennel adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dan melawan peradangan dan infeksi di dalam tubuh yang terkait juga dengan kesehatan jantung, mencegah penyakit tulang, dll.***

 

Most Popular

To Top