Gaya Hidup

Mau Diet dengan Spa? Ini Jenis Perawatan dan Aromaterapinya

SPA bukan hanya membuat tubuh menjadi rileks, wajah cerah dan aktifitas kembali segar. Spa bukan hanya sekadar perawatan tubuh semata. Spa juga menjadi perawatan kesehatan jangka panjang. Dengan spa secara rutin, kesehatan tubuh pun terjaga.

Ketika Anda memilih spa untuk kesehatan, pilihlah spa tradisional atau ethno spa dengan aromaterapi dan minyak esensial asli nusantara. Esensial oil fennel menjadi salah satu pilihan ketika Anda mengalami masalah pencernaan atau Anda ingin diet secara aman dan alami.

Tahapan perawatan hampir sama dengan perawatan spa sekadar untuk rileksasi. Tahapan pertama footbath, dilanjutkan dengan tradisional body massage. Yang ini terserah selera Anda. banyak pilihan untuk ethno spa. bisa Bali spa, Oukup Batak, Tangas Betawi atau lainnya.

Saat pijatan untuk perawatan ksehatan seperti disebutkan di atas, menggunakan minyak esensial fennel. Orang Indonesia menyebutnya dengan adas. Rasanya mirip dengan black licorice. Memang tidak semua orang menyukai rasanya. Tapi hilangkan masalah ini demi menjaga kesehatan.

Minyak esensial fennel atau adas dikenal sebagai bahan yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga keseimbangan dalam diet. Ketika Anda bermasalah dengan kejang usus, bisa diobati dengan fennel oil.

Minyak esensial ini juga bisa mencegah kembung di perut, memiliki efek memurnikan dan efek detoksifikasi, bersifat ekspektoran. Bagi ibu yang habis melahirkan, membantu meningkatkan aliran ASI buat sang bayi.

Tak hanya untuk menyehatkan bagian perut. Minyak esensial ini juga memilik khasiat antibakteri dan memiliki senyawa tertentu yang membantu melindungi luka dari infeksi, sehingga bisa mempercepat penyembuhannya.

Manfaat lain minyak esensial fennel ini juga bisa menyembuhkan batuk, cegukan, kram di daerah usus dan kejang-kejang. Saat dilakukan relaksasi dengan pijatan dan campur minyak esensial oil, kejang otot usus bisa dikurangi.

Kandungan senyawa antioksidan yang tinggi memiliki sifat antimikroba. Terdapat sekitar 23 senyawa yang memiliki kandungan fenolik dan bioflavonoid tinggi dalam fennel oil. Dengan demikian, fennel ini mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan memiliki aktivitas antimikroba untuk melawan beberapa jenis bakteri dan jamur patogen.

Fennel oil tak hanya bisa dimanfaatkan buat terapi pijatan di kulit. Tapi juga menjadi aromaterapi digunakan untuk membersihkan perut, meringankan sembelit, serta mencegah kembung. Campurkan satu atau dua tetes minyak esensial adas pada minuman teh untuk meringankan kembung dan ketidaknyamanan pada perut.

Karena bersifat mudah menguap, fennel oil memberikan bantuan lebih cepat. Selain menyembuhkan diare, minyak esensial fennel juga diyakini bisa melawan kanker. Fennel bekerja dengan mencegah aktivasi “gen yang memicu aktivasi senyawa pemicu peradangan yang terkait dengan kanker dan dikenal sebagai NF-kappaB.”

Untuk mengurangi masalah pencernaan, gosokkan dua tetes minyak adas yang telah dicampur dengan carrier oil pada perut.

Fennel memiliki sejarah panjang digunakan untuk membantu penurunan berat badan. Biji adas diketahui dimakan selama masa berpuasa untuk mencegah kelaparan dan merangsang gerakan dalam sistem pencernaan. Minyak esensial ini mampu menurunkan membantu menurunkan berat badan meningkatkan metabolisme sekaligus menekan nafsu makan.

Fennel juga memiliki kemampuan meminimalkan timbunan lemak dalam aliran darah dengan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi. Untuk mempercepat proses, Anda bisa menambahkan sejumlah kecil fennel ke dalam diet, baik pada makanan atau minuman.

Oleskan fennel oil (minyak adas) di perut atau pada telapak kaki untuk melancarkan fungsi pencernaan. Menambahkan carrier oil membantu mencegah fennel oil menguap terlalu cepat.

Tambahkan satu tetes fennel essential oil pada sikat gigi untuk memberikan manfaat antimikroba pada gusi. Tambahkan 1-2 tetes dalam segelas air hangat atau pada teh chamomile kemudian minum untuk meredakan sakit perut. Untuk relaksasi, kombinasikan satu tetes fennel essential oil dengan 1-2 tetes lavender oil dan carrier oil.

Gosokkan pada leher atau dada. Cara lain, teteskan pada telapak tangan, tangkupkan pada mulut dan hirup melalui mulut sambil mengambil napas dalam-dalam.***

 

 

Most Popular

To Top