Kesehatan

Ini Manfaat Buah Strawberry untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Gigi dan Kuku

BUAH strawberry memang terlihat menarik. Bentuknya cantik dan tampak selalu segar. Kalau digigit terasa ada manis-manisnya. Tapi ada sensasi asam dan kecutnya juga. Meski begitu, buah ini tetap terasa enak di lidah.

Dengan dimakan begitu saja, strawberry banyak memberikan manfaat buat kesehatan lho. Buat cuci mulut usai bersantap bisa. Jadi cemilan santai juga oke. Buah yang masuk dalam kelas magnoliapsida ini juga kadang dijadikan penghias kue tart atau cake.

Berbagai produk sirup dan minuman kemasan pun banyak yang memanfaatkan strawberry menarik minat orang untuk mengonsumsi. Tak sedikit obat-obatan jenis syrup anak, permen, susu juga menggunakan strawberry sebagai penambah rasa lezat di lidah.

Sebagai bagian kesehatan, strawberry ternyata kaya akan zat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh manusia. Mulai dari antioksidan, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, yodium, magnesium, mangan, omega 3, dan sederet zat asam lainnya.

Karena kaya akan kandungan tersebut, strawberry juga dimanfaatkan untuk kecantikan dan perawatan tubuh wanita. Mulai lipstik, masker, pencerah bibir, lulur dan scrub dan lain-lainnya memanfaatkan buah   alam ini.

Kandungan dalam strawberry, khususnya vitamin C dan asam salisilat mampu mengangkat sel kulit mati dan sebum yang berlebihan. Setelah sel kulit mati terangkat, kulit pengganti jadi terlihat cerah, sehat, dan segar.

Sebagai bahan perawatan kesehatan kulit buah ini aman diaplikasikan pada semua jenis kulit. Penggunaannya pun mudah. Tumbuk segenggam strawberry hingga menjadi pasta. Kemudian campur dengan minyak zaitun dengan takaran 1 sendok teh. Oleskan pada tubuh sebagai body scrub. Diamkan 15 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu.

Siapa pun ingin terlihat awet muda. Semua orang tidak ingin wajahnya terlihat tua. Bila dalam masa pertumbuhan orang terlihat tua, berarti pertanda kulitnya mengalami kerusakaan. Biasanya disebabkan oleh radikal bebas. Karena itu buah strawberry dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini.

Kandungan vitamin C dan antioksidannya mampu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk merasakan manfaatnya, strawberry bisa dimakan langsung secara rutin atau dijadikan sebagai masker wajah.

Untuk membuat masker strawberry ini pun mudah. Caranya; tumbuk setengah mangkuk strawberry, lalu campur dengan 1 sendok makan madu dan dua sendok teh krim susu. Oleskan campuran tersebut ke area wajah dan leher. Lalu diamkan selama sekitar 20 menit. Terakhir bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini minimal seminggu sekali. Lihatlah perubahannya dalam sebulan kemudian.

Strawberry juga dapat membantu memperbaiki kulit yang kusam. Karena strawberry mengandung zat bernama ellagic acid yang bisa mengatasi bintik-bintik hitam dan bekas luka. Antioksidannya dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Sebagai obat untuk memperbaiki kulit kusam, potong satu buah strawberry menjadi dua bagian. Oleskan bagian dalamnya ke area wajah, tangan kaki dan bagian kulit lainnya yang terbuka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Ulangi cara ini setiap hari sebelum beraktivitas untuk melihat hasil nyatanya.

Karena kaya kandungan vitamin dan mineral, strawberry juga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati yang bikin bibir terlihat kusam. Agar bibir terlihat lebih cerah, sehat dan berisi, tumbuk beberapa buah strawberry sampai halus. Oleskan pada permukaan bibir hingga merata. Setelah 5 menit, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Strawberry juga memiliki sifat astringents yang dapat membantu mengatasi kulit kendor. Kandungan vitamin C dan antioksidannya memproduksi kolagen dengan cepat, sehingga kulit jadi cepat halus, kencang, dan nggak kendor

Sebagai perawatan di rumah, haluskan tiga buah strawberry. Campur dengan satu sendok teh plain yoghurt dan satu sendok teh madu. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, setelah 10 menit bilas dengan air sampai bersih. Lakukan setiap hari sebelum tidur.

Masalah   kulit lainnya adalah jerawat. Biasanya menjadi masalah bagi kaum remaja. Tak sedikit orang dewasa dan orangtua mengalami masalah ini. Ya, timbulnya jerawat karena produksi sebum yang berlebihan.

Salah satu kelebihan strawberry, dapat membantu mengatasi kelebihan sebum pada wajah. Merawat wajah agar tidak berjerawat menggunakan strawberry pun mudah. Percayalah jerawat pun akan lebih cepat hilang dengan buah ini.

Caranya, tumbuk enam buah strawberry ukuran besar dan campurkan dengan 1 sendok makan low-fat yoghurt. Aduklah merata hingga menjadi pasta. Biarkan selama 10 menit masker di wajah. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu agar hasilnya memuaskan.

Masalah kulit lainnya, muncul noda hitam di wajah tanpa sebab. Bisa karena bekas jerawat atau komedo. Noda hitam ini disebabkan karena adanya radikal bebas. Dengan kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidannya, buah ini mampu menangkal radikal bebas, menyehatkan, dan bikin kulit selalu terhidrasi.

Ketika muncul noda hitam di kulit Anda, coba lakukan ini sendiri di rumah. Tumbuk dua buah strawberry ukuran besar sampai berbentuk pasta. Campurkan ½ sendok teh madu. Kemudian pasta itu oleskan pada wajah yang terdapat noda hitam. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan setiap hari sebelum tidur.

Selain bermanfaat untuk menyehatkan kulit, strawberry juga memiliki keampuhan untuk memutihkan gigi. Dengan kandungan vitamin C-nya, buah ini membantu mengatasi flek sebagai penyebab utama gigi kuning. Setelah flek teratasi, kandungan asam malat dalam buah ini juga menyempurnakan kerja vitamin C dengan memudarkan warna kuning hingga gigi kembali putih.

Giling dua buah strawberry sampai menjadi pasta. Gunakan pasta ini sebagai pengganti pasta gigi selama beberapa minggu.

Strawberry  juga mengandung senyawa alami sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi masalah bengkak di kelopak mata. Bengkak pada kelopak mata bisa disebabkan banyak hal. Bisa karena ada kotoran yang masuk ke mata atau ada sebab lainnya.

Manfaatkan strawberry untuk menanggulangi masalah tersebut. Potong tiga buah strawberry ukuran besar yang sudah didinginkan. Diamkan dalam posisi tidur di bagian mata selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Ulangi beberapa kali hingga bengkak pada mata benar-benar hilang.

Strawberry juga memiliki kandungan biotin yang bisa membuat kuku lebih kuat. Kandungan asam folat dan vitamin C di di dalamnya juga bikin kuku-kuku yang baru tumbuh memiliki tekstur lebih kuat. Sebagai perawatan kuku, caranya gampang. Makan  strawberry secara rutin setiap hari. Bisa dimakan langsung sebagai pengganti camilan atau mencapurnya dengan makanan lain, seperti oat atau salad.***

 

 

Most Popular

To Top