Nasional

Korupsi di Kemenag Sudah Mengakar, Ayo Pak Fachrul Razi Bersihin Para Pejabat Lama Ganti yang Muda-muda

Ayonews, Jakarta

Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju, Fachrul Razi didesak harus segera melakukan reformasi total di lingkungan Kementerian Agama.

Reformasi ini khususnya di bidang birokrasi, terutama jajaran pejabat eselon I. Baik Sekjen, Dirjen dan para deputi yang dianggap tidak sejalan lagi dengan semangat Presiden Jokowi untuk membersihkan praktik-praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang selama ini menjadi penyakit akut di jajaran Kemenag.

Banyak persoalan yang belum selesai di Kemenang. Apalagi, mantan-mantan menteri agama menjadi langganan hotel prodeo KPK karena terlibat praktik korupsi.

Publik berharap keberanian Fachrul Rozi dalam Menganti pejabat lama di Kemenag menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu.

“Harus segera disingkirkan orang-orang lama. Harus diganti dengan yang muda yang lebih enerjik dan mumpuni,” kata Ketua Umum LAKSI( Lembaga Advokasi Kajian strategis Indonesia), Azmi Hidzaqi, saat dihubungi, Minggu (24/11/2019) di Jakarta.

Alasan Azmi mendesak Menag agar melakukan perombakan total sebagai upaya bersih-bersih pejabat lama yang terindikasi terlibat berbagai kasus KKN dan sudah mengakar bertahun-tahun.

Kendati sebagai orang baru di Kemenag dan memiliki banyak informasi yang cukup mengenai orang-orang dalam internal kementrian agama, Fachrul Razi tetap harus mau menerima masukan publik terkait track record sekjen dan beberapa pejabat eselon I yang dianggap tidak layak lagi di pertahankan sebagai pejabat Kemenag. Termasuk mau menerima masukan publik siapa saja yang layak sebagai pengganti mereka.

“Semangat reformasi birokrasi sesuatu yang mendesak untuk di benahi oleh Fachrul Razi. Para pejabat Kemenag harus dibersihkan total, tidak hanya orangnya, tapi kulturnya sehingga dapat mengubah citra kementrian agama yang selama ini menjadi salah satu ladang korupsi terbesar yang mengatasnamakan agama.

“Kami sangat yakin masyarakat akan mendukung semangat Fachrul Razi dalam melakukan pergantian pejabat lama di kementerian agama,” tegasnya.

Fachrul Razi ditantang untuk dapat memutuskan praktek korupsi dan jual beli jabatan yang sudah berlangsung lama di lingkungan Kemenag. “Menag harus mampu mencari figur pengganti eselon I yang memiliki kemampuan kerja dan komitmen yang tinggi menuju arah yang lebih baik,” tandasnya.(Meika Ardhianto/WRC Tangsel)

 

Most Popular

To Top