Kesehatan

Ini Berbagai Jenis Penyakit Eksim yang Perlu Anda Cegah!

SEBAGAI bagian terluar dari tubuh, kulit memiliki sensitifitas yang tinggi. Terutama terhadap lingkungan sekitar. Kulit pada wanita lebih sensitif lagi ketimbang pria. Karena kulit paling sering mengalami pembaruan dan paling mudah terinfeksi penyakit.

Gejala dan masalah yang dihadapi kulit biasanya diawali rasa tak nyaman, muncul ruam merah, beberapa bagian kulit di tubuh terasa gatal. Dari sini lah kemudian muncul penyakit kulit. Munculnya pun tanpa diduga disertai banyak faktor.

Salah satunya dermatitis atau peradangan yang menyebabkan kulit memerah dan gatal. Dalam kasus yang lebih serius, kulit yang mengeluarkan dermatitis bisa sampai melepuh, mengeluarkan cairan dan mengelupas.

Menariknya, salah satu pemicu peradangan kulit ini karena faktor genetik. Seperti punya turunan asma, alergi atau hubungan keluarga dan mudah sensitif terhadap lingkungan, seperti bahan kimia dan perubahan suhu.

Dermatitis ini tak mengenal umur. Mulai dari bayi, orang dewasa dan lanjut usia bisa kena penyakit ini. Gejala yang dirasakan dimulai dengan timbulnya ruam-ruam merah, gatal pada kulit atau pada kepala, kulit mengering dan mengelupas dan keluar cairan dari kulit.

Jenis peradangan kulit ini juga ada beberapa jenis. Pertama, dermatitis atopik. Salah satu jenis gangguan kulit yang paling umum. Kondisi dermatitis ini biasanya terjadi pada masa anak-anak, kemudian mengembang setelah dewasa.

Gejala ini bisa terlihat dari kulit gatal, kering, dan pecah. Biasanya muncul pada tangan, kaki, kaki dan tangan, leher, dada bagian atas, lipatan mata, bagian dalam sikut dan lutut. Saat digaruk, kulit menjadi pucat, kemudian membengkak. Orang Indonesia menyebutnya eksim kering.

Kedua, dermatitis kontak iritan. Biasanya terjadi kompilasi kulit kontak dengan bahan-bahan yang mengandung iritan, seperti asam, cairan pemutih, cairan pembersih, minyak tanah, juga deterjen. Eksim jenis ini sering menyerang para pekerja industri dan pertambangan, manufaktur, sumber daya alam atau layanan medis.

Dermatitis kontak iritan ini ditandai dengan kulit kering. Dalam beberapa kasus, eksim kering menyebabkan bintil lepuhan yang bisa pecah terbuka dan menyebabkan kerak.

Ketiga, dermatitis kontak alergi yang terjadi reaksi setelah kontak dengan zat yang menyebabkan rasa gatal-gatal dan iritasi. Penyebab umum dermatitis kontak karena memakai hiasan berupa emas, nikel atau bahan logam. Bahkan, bahan pewangi, lateks sarung tangan, bahan kosmetik, hingga pembuatan racun oak atau poison ivy bisa menyebabkan penyakit ini.

Pada dermatitis kontak, ruam kulit dapat muncul pada area yang tersentuh zat dalam waktu 24 hingga 48 jam. Ciri-cirinya; kulit kering, memerah, melepuh, hingga pembengkakan pada mata, muka, atau selangkangan.

Keempat, eksim dishidriotik atau peradangan kulit yang ditandai dengan kemunculan bintil-bintil kecil yang berisi cairan dan terasa gatal pada permukaan kulit telapak tangan, telapak kaki serta sela-sela jari.

Peradangan ini dapat terus muncul dan berlangsung sekitar 3 minggu. Bintil-bintil mengandung cairan tersebut sering dikira sebagai eksim basah. Saat lepuhan tersebut mengering, maka kulit pun akan menjadi pecah-pecah dan terasa sakit. Jika digaruk terasa lebih tebal dan kenyal. Kondisi ini lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Kelima, neurodermatitis hampir sama dengan dermatitis eksim atopik. Kondisi ini menyebabkan timbulnya bercak tebal dan bersisik yang muncul di kulit. Gangguan kulit ini biasanya sering dialami pada orang yang memiliki jenis eksim atau psoriasis lainnya.

Keenam, eksim nummular. Biasanya berbentuk lepuhan berbentuk lingkaran di tubuh. Dalam bahasa latin, nummular juga punya arti sebagai koin. Eksim nummular dapat dipicu oleh reaksi terhadap gigitan serangga atau reaksi terhadap logam maupun bahan kimia. Kulit kering juga bisa menyebabkan eksim ini terjadi.

Ketujuh, eksim statistic. Eksim yang terjadi saat cairan bocor keluar dari pembuluh darah vena dan masuk ke dalam kulit. Hal ini biasanya disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah (varises). Cairan yang bocor ini dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan nyeri pada kulit.

Produk Athlete Foot Essential Oil Spa Essentia bisa mencegah gatal eksim dan psoriasis, Membunuh parasit, Anti-inflamasi alami, membunuh dan menghentikan pertumbuhan jamur di kulit. Karena mengandung 100% pure & natural  tea tree (Melaleuca alternifolia) oil, clove bud (eugenia caryophyllus)  oil, patchouli (pogostemon cablin) leaf oil, eucalyptus (eucalypthus globulus L)  oil, lavender (lavandula angustifolia) flower oil.***

 

 

Most Popular

To Top