Kesehatan

Dulu jadi Penangkal Sihir, Kini Buah Juniper Berry Dimanfaatkan untuk Menjaga Kesehatan

BUAH ini bentuknya kecil bulat. Di saat mentah warnanya hijau. Di saat matang bisa biru keungu-unguan, bahkan ungu gelap seperti buah anggur. Daunnya berbentuk lancip dan agak tipis. Di benua Eropa, buah ini dikenal bernama Juniper Berry. Aromanya segar, buahnya manis, tapi ada sedikit rasa balsamik dan berkayu.

Ya, tanaman ini banyak tumbuh di negara Bulgaria. Buah ini sudah lama dimanfaatkan sebagai bagian dari tumbuhan untuk kesehatan.

Di abad pertengahan Eropa, juniper berry diyakini mampu menangkal sihir. Dulu, juniper dan rosemary lazim dibakar di bangsal rumah-rumah sakit di Perancis untuk membantu melindungi pasien terhadap serangan bakteri dan infeksi.

Dengan berjalannya waktu, berbagai penelitian ilmiah dilakukan terhadap juniper berry. Hasilnya, juniper berry menjadi salah satu herbal yang mengandung antioksidan dan fitokimia antibakteri tinggi yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Minyak atsiri yang dihasilkan juniper berry memiliki spektrum luas dan senyawa farmakologis yang bertindak sebagai antibakteri dan antijamur alami.

Juniper berry memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, dan antioksidan polifenol yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas. Selain antioksidan, juniper berry juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat

Juniper berry dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit, mengatasi insomnia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, merawat rambut, mengatasi gangguan pernapasan, kelelahan, dan meredakan nyeri otot

Sebuah peneilitan di tahun 2003 menyebutkan, ada aktivitas antibakteri dan antijamur dari tiga minyak esensial juniper berry yang berbeda untuk menentukan komponen utamanya. Peneliti menguji efek juniper berry pada pasien rumah sakit yang mengalami resistensi terhadap antibiotik yang umum digunakan.

Hasil penelitian menunjukkan minyak esensial juniper memiliki aktivitas antimikroba. Kemampuan ini kemungkinan merupakan kombinasi spesifik dari senyawa yang disebut (-)-alpha-pinene, p-cymene dan beta-pinene.

Sementara penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 oleh Departemen Mikrobiologi di University of Zagreb di Kroasia menunjukkan minyak esensial juniper mengandung senyawa utama, di antaranya: alpha-pinene (29,17 persen) dan beta-pinene (17,84 persen), sabinene (13,55 persen), limonene (5,52 persen) dan mircene (0,33 persen).

Peneliti menemukan minyak esensial juniper berry menunjukkan sifat antimikroba terhadap 16 spesies bakteri, 9 spesies jamur, dan 4 strain dermatofit.

Ekstrak dan minyak esssensial tumbuhan ini telah dipelajari secara luas dan digunakan sebagai agen antimikroba untuk membantu melawan infeksi tanpa antibiotik.

Meskipun minyak esensial juniper berry tidak menyebabkan reaksi alergi atau efek samping, tetap harus melakukan uji sensitivitas sebelum menggunakannya. Seperti halnya minyak esensial lain, terutama jika belum pernah mengggunakan sebelumnya, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan sensitisasi dan efek lain.

Juniper berry dapat dimanfaatkan oleh orang dewasa secara aman hingga empat minggu lamanya. Jangan gunakan lebih lama dari waktu yang direkomendasikan. Sebab dapat memberikan beban pada ginjal atau hati setelah beberapa waktu.

Karena minyak esensial dapat bertindak sebagai obat alami yang kuat, terdapat beberapa kasus di mana seseorang tidak direkomendasikan untuk menggunakannya.

Anda harus menghindari menggunakan minyak esensial juniper berry jika memiliki penyakit ginjal atau penyakit hati. Minyak esensial juniper ini juga tidak bisa dipakai pada mata, telinga atau hidung bagian dalam.

Minyak esensial ini dianggap aman untuk anak-anak dan bahkan hewan peliharaan, tapi tetap diperlukan kehati-hatian saat hendak digunakan pada wanita hamil.

Sementara dalam banyak kasus juniper dianggap aman, penggunaannya mungkin dapat mempengaruhi hormon sehingga tidak dianjurkan bagi wanita hamil.

Berkosultasilah dengan dokter jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau menggunakan obat-obatan hormonal sebelum menggunakan minyak esensial juniper berry.***

 

Most Popular

To Top