kesehatan

Pegal Linu Biasanya Karena Akibat Beraktifitas, Jika Ada Penyebab Lain, Waspadalah…

AKIBAT banyak melakukan aktifitas membuat tubuh terasa lelah, pegal dan beberapa bagian lainnya terasa linu. Pegal linu biasanya dianggap hal yang wajar. Dengan beristirahat yang cukup akan mengembalikan tubuh menjadi fit seperti sedia kala.

Pegal dan linu tak mengenal usia. Baik anak-anak maupun orang dewasa, bahkan orangtua mengalami gejala alami ini. Pegal linu bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Umumnya karena banyak mengerjakan aktivitas fisik berlebihan. Seperti berolahraga tanpa melakukan pemanasan. Tidak terbiasa olahraga, namun memaksakan untuk berolahraga juga menjadi penyebab badan pegal dan linu.

Namun jika tidak melakukan aktifitas apapun namun tubuh cepat pegal sebaiknya Anda waspada. Sebab, bisa jadi ini merupakan gajala atau tanda-tanda adanya gangguan penyakit lain yang menyerang tubuh.

Kalangan medis biasanya menyebut pegal linu sebagai myalgia atau nyeri otot. Ada beberapa penyebab pegal linu dalam tubuh yang patut diwaspadai.

Umumnya, yang menjadi faktor pemicu terjadinya pegal dan linu pada tubuh disebabkan karena kurang tidur, kerja lembur berlebihan sehingga kurang istirahat, ataupun karena kekurangan nutrisi cairan tubuh.

Kurang air putih juga bisa menyebabkan pegal linu. Kurangnya minum air putih membuat tubuh mengalami dehidrasi. Sehingga beberapa bagian tubuh terasa ngilu dan nyeri.

Stres akibat tekanan kerja juga bisa menyebabkan pegal-pegal pada tubuh. Meski pun tidak banyak melakukan aktifitas namun karena tekanan membuat gelisah. Sehingga memnjadikan tubuh tidak normal.

Selain itu pegal-pegal pada tubuh juga bisa disebabkan oleh faktor yang lebih parah. Berikut ini beberapa indikasi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pegal-pegal tubuh.

  1. Artritis yaitu rasa nyeri yang terjadi karena adanya pembengkakan pada sendi. Kondisi ini biasanya terjadi dan dialami orang yang telah lanjut usia.

 

  1. Multiple sclerosis (MS) adalah gangguan kesehatan pada sumsum tulang belakang maupun menyerang bagian otak. Ada banyak gejala yang ditimbulkannya termasuk rasa pegal-pegal pada tubuh dan gangguan keseimbangan.

 

3. Anemia merupakan penyakit kurang darah akibat tubuh mengalami        kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Gejalanya yang muncul termasuk tubuh yang mudah mengalami pegal-pegal.

 

  1. Sindrom kelelahan kronis merupakan kondisi dimana tubuh terasa sangat lelah. Hal ini dapat menyebabkan emosi yang sering berubah secara drastis, gangguan tidur, hingga menyebabkan pikun.

 

  1. Penyakit lyme adalah jenis penyakit akibat bakteri borriela burgdorferi. Gejalanya biasanya berupa sakit kepala, demam tinggi, munculnya bercak pada kulit, hingga kelelahan.

 

  1. Fibromyalgia adalah gangguan berupa rasa nyeri otot yang dirasakan pada sekujur tubuh.

 

  1. Influenza alias sakit flu juga dapat menyebabkan timbulnya pegal linu dan tubuh yang lemas.

Untuk mengatasi atau menyembuhkan pegal linu tentunya harus diketahui dulu faktor penyebabnya. Jika tubuh mudah pegal tanpa sebab yang jelas langkah terbaik tentunya dengan memeriksakan ke dokter.

Namun jika penyebabnya karena faktor fisik bukanlah hal yang sulit untuk mengatasinya. Di antaranya dengan beristirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pijatan agar otot-otot tubuh lebih rileks, lebih kendur dan tidak tegang. Minum jamu pegal linu juga bisa dilakukan.

Beberapa jenis suplemen yang sangat baik dikonsumsi untuk meredakan pegal-pegal adalah suplemen antioksidan yang banyak mengandung omega 3 maupun curcumin. Minum susu juga baik dikonsumsi untuk menguatkan tulang dan sendi.

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk meredakan pegal linu adalah dengan mandi air hangat. Mandi sauna termasuk cara yang bisa untuk meredakan pegal.

Anda juga bisa menempelkan handuk atau kain hangat pada tubuh yang pegal. Begitu juga menempelkan koyo atau memberikan obat oles panas di bagian yang pegal juga bisa dilakukan.

Yang lebih mudah, gunakan produk Heal & Relieve Muscle Ease massage oil. Selain sebagai moisturizer (pelembab), melembutkan, menjaga keremajaan kulit, antioksidan, analgesik, antiseptik, mengurangi gejala rematik, mengurangi selulit, mengurangi sakit kepala, melancarkan peredaran darah, produk ini juga bisa mengurangi pegal linu, melegakan pernafasan, dan mengurangi gejala stres.***

 

 

Most Popular

To Top