Kesehatan

Awas, Jangan Asal Pakai Astringent, Bisa-bisa Kulit Wajah Rusak Akibat Luka

MEREKA yang biasa bergelut dalam dunia kecantikan akrab dengan istilah astringent. Namun bagi Anda kaum wanita yang awam, harus mengenal salah satu jenis kosmetik ini. Mulai dari proses pemakaian dan fungsinya agar tak salah penggunaan.

Astringent sangat penting digunakan dalam perawatan sehari-hari terutama setelah membersihkan wajah dengan susu pembersih, membersihkan komedo, mencabut bulu-bulu alis atau melakukan body wax.

Astringent berasal dari bahasa Latin ‘astringere’. Artinya “mengikat cepat”. Ya, astringent merupakan suatu zat yang dapat membuat suatu jaringan berkontraksi atau mengerut dalam waktu singkat.

Ada dua jenis astringent. Astringent alami dan yang mengandung alkohol. Untuk yang alami, astringent berasal dari buah-buahan yang saat di makan, mulut terasa kering. Buah-buahan tersebut di antaranya, witch hazel, lemon, delima, kesemek, kulit pisang, dan sebagainya..

Dalam dunia kecantikan dan kesehatan, astringent adalah sebuah larutan yang berfungsi mengecilkan proi-pori dan menghambat produksi minyak secara berlebihan pada kulit. Penggunaan astringent sangat dianjurkan pada kulit yang baru saja “dilukai” seperti pada pencabutan bulu dan pembersihan komedo.

Tak hanya wanita, pria pun bisa memakai astringent dalam bentuk after shave cream. Astringent berguna sebagai anti jamur dan anti bakteri, mempercepat penyembuhan luka dan meredakan iritasi kulit.

Meski terdengar bermanfaat, ternyata tidak semua orang boleh menggunakan astringent. Ya, astringent paling sesuai dipakai mereka yang memiliki jeni kulit berminyak. Karena astringent ini sifatnya mengeringkan dan menutup pori-pori agar tidak ada penumpukan kotoran.

Kebalikannya bagi orang-orang berkulit kering atau sensitif sangat tidak dianjurkan menggunakan astringent dalam perawatan wajah dan tubuhnya.

Astringent yang mengandung alkohol sehingga dapat membuat permukaan kulit kering semakin kering dan terasa gatal. Akibatnya, kulit akan mudah mengalami iritasi dan infeksi.

Mereka yang berkulit kering dan sensitif disarankan menggunakan moisturizer agar menambah kekenyalan dan elastisitas kulit.

Dalam dunia kecantikan, astringent dikenal sebagai pembersih berbentuk cairan seperti toner. Berbeda dengan toner pada umumnya, astringent merupakan toner yang lebih kuat.

Umumnya, manfaat astringent untuk kulit wajah adalah: pertama, berfungsi sebagai anti-bakteri. Astringent menjadi cocok untuk mengontrol wajah yang berjerawat karena dapat membunuh bakteri pada wajah.

Kedua, astringent cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Dengan pemakaian astringent dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah agar mencegah timbulnya jerawat.

Ketiga, karena sifatnya yang keras dan mengandung alkohol, astringent bisa membuat kulit yang kendor menjadi kembali kencang.

Keempat, kandungan alkohol dan zat antibakteri membuat pori-pori kulit mengecil. Kotoran pun sulit untuk masuk ke dalam kulit yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

 Kelima, mengontrol pori-pori yang tersumbat yang membentuk komedo. Kulit yang semula tertutup akan kembali terbuka. Demikian sebaliknya. Komedo yang terbuka atau blackhead akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Keenam, astringet juga berfungsi sebagai lapisan pelindung kult wajah. Dengan pemakaian astringent membuat kulit kering dan tebal. Dengan demikian memiliki fungsi sebagai pelindung kulit wajah.

Untuk menggunakan astringent tak berbeda seperti pemakaian toner. Setelah membersihkan dan mencuci, aplikasikan astringent dengan kapas pada seluruh wajah. Kemudian gunakan pelembab agar kulit tidak menjadi kering.

Astringent akan terasa perih saat pemakaian pada kulit berjerawat, terutama astringent yang mengandung alkohol.

Astringent beralkohol juga tidak disarankan untuk pemakaian kepada kulit sensitive. Jika memang ingin menggunakan astringent, lebih baik pilih yang berbasis buah-buahan.***

 

 

Most Popular

To Top