Ekonomi

9 Manfaat Minyak Atsiri Kenanga ini yang Membuat Tingginya Permintaan Pasar Dunia

INDONESIA memiliki tiga jenis pohon penghasil minyak atsiri yang mampu memonopoli pasar dunia. Selain minyak atsiri jenis nilam, permintaan pasar dunia akan minyak atsiri tanaman dari jenis kenanga tiap tahunnya terus meningkat.

Meski mampu memonopoli, sayangnya Indonesia masih belum mampu mencukupi permintaan pasar dunia. Kebutuhan akan bunga kenanga setiap tahunnya mencapai 75 – 100 ton minyak kenanga. Sementara kemampuan produksi di dalam negeri masih sekitar 50 ton.

Tingginya permintaan minyak atsiri kenanga ini lantaran minyak ini telah dikenal luas karena khasiatnya. Selain sebagai bahan untuk membuat obat-obatan, minyak atsiri kenanga juga dipakai sebagai produk kecantikan.

Dikenal dengan nama ilmiah cananga odorata atau dikenal juga dengan nama ylang-ylang, umumnya pohon jenis ini dapat ditemukan di hutan-hutan Asia seperti di pulau Jawa, Filipina, Comoro dan Sumatra.

Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi, pohon kenanga terus dikembangbiakkan dan terus diproduksi menjadi minyak atsiri.

Apa sih yang membuat kenanga begitu berharga bagi kehidupan manusia? Ya, beberapa manfaat berikut ini yang membuat minyak atsiri kenanga sangat dibutuhkan banyak negara di dunia.

Pertama, minyak ini mengandung zat anti depresi. Sehingga mampu menghilangkan rasa cemas dan stres kronis. Karena sifatnya yang bisa menenangkan pikiran, minyak  dipakai sebagai bahan obat-obatan anti depresi.

Saat masih dalam bentuk minyak atsiri, ketika dihirup aromanya, jalur pernafasan akan terasa lega. Aromaterapinya bisa menghilangkan rasa takut, syok dan panik. Bahkan, minyak atsiri kenanga ini mampu memulihkan seseorang yang mengalami gangguan saraf atau depresi akut akibat trauma masa lalu, seperti pernah kecelakaan, pernah melihat kasus kekerasan dan kriminal, menjadi korban pelecehan seksual dll.

Dalam sebuah penelitia,n manfaat minyak kenanga ketika aromanya dihirup efeknya dapat merelaksasi. Tubuh sekejap akan  terasa enteng dan segar.

Kedua, minyak kenanga bermanfaat menguatkan system saraf dan otak. Dengan fungsinya ini, minyak kenanga bisa mengurangi stres dan menenangkan saraf, sehingga tidak menjadi korban gangguan saraf.

Ketiga, minyak kenanga bisa meningkatkan libido seseorang. Intinya bisa meningkatkan kehidupan seks dan keharmonisan hubungan suami istri. Masalah menurunnya gairah seksual bagi seorang suami kerap menjadi masalah dalam kehidupan berumah tangga.

Minyak esensial kenanga ini dapat meningkatkan dorongan seksual secara signifikan. Kenanga menjadi minyak terbaik untuk memperbaiki hormon seks seseorang akibat beban pikiran, kerja, stres, atau depresi.

Keempat, minyak kenanga bermanfaat untuk memerangi infeksi karena mengandung khasiat dalam mensterilkan luka, mencegah pertumbuhan mikroba, dan melindungi infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Uniknya, minyak kenanga membuat proses penyembuhan luka serasa halus dan sederhana. Setiap luka yang menjadi kasar dalam beberapa waktu dapat diatasi dengan minyak kenanga.

Kelima, minyak ini juga bermanfaat mengobati infeksi lambung, usus, usus besar, bahkan saluran kemih.

Keenam, minyak kenanga mampu menyembuhkan luka akibat gigitan serangga dalam waktu cepat. Minyak kenanga ini menjadi salah satu minyak esensial yang dapat bertindak efektif melawan lapisan tipis sekresi bakteri yang mengandung komunitas bakteri dan mikroorganisme lainnya, yang pada akhirnya membantu dalam pengobatan infeksi.

Ketujuh, Minyak ini sangat baik untuk melawan depresi dan menurunkan tekanan darah. jutaan  orang di seluruh dunia saat ini  menderita tekanan darah tinggi. Minyak kenanga adalah solusi tepat, karena tidak memiliki efek samping apapun.

Tak heran kalau banyak negara banyak memburu minyak atsiri kenanga sebagai bahan pembuatan obat darah tinggi. Dengan cara menghirupnya saja, aroma minyak kenanga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kedelapan, minyak kenanga mampu menyembuhkan penyakit eksim. Eksim adalah penyakit yang disebabkan kelenjar sebaceous disfungsional yang dapat menginfeksi sel-sel epidermis dan merusak kulit.

Dengan rusaknya kulit, tentu saja mempengaruhi penampilan. Kulit terlihat buruk karena kasar dan tidak rata. Eksim bisa menyerang kulit kepala, pipi, atau alis. Minyak esensial kenanga inilah yang dapat menyembuhkan peradangan dan mengurangi kemerahan kulit dengan mengatur produksi sebum akibat eksim.

Kesembilan, minyak esensial kenanga bisa membuat kulit menjadi cantik dan bercahaya. Karena minyak ini bisa mempertahankan kelembaban dan menyeimbangkan minyak yang membuat wajah terlihat tetap muda, halus, segar karena terus menerus terhidrasi.***

 

 

Most Popular

To Top