Kesehatan

Dengan Membalurkan Boreh di Tubuh Dipercaya Bakal Didatangi Para Dewa

BALINESE spa sudah menjadi spa favorit bagi turis asing yang datang berkunjung ke Bali. Spa tradisional Bali ini juga sudah menjadi salah satu spa terbaik di dunia. Beberapa kali spa tradisional Bali mendapatkan penghargaan dari dunia internasional.

Maka tak heran banyak turis yang datang ke Bali hanya penasaran ingin mencicipi spa Bali secara langsung. Kendati di beberapa hotel besar di luar negeri pun sudah menyediakan salah satu menu ethno spa asli Indonesia ini.

Spa Bali memang beda dengan spa dari negara lainnya. Selain memiliki tekanan dan metode pijatnya yang khas dan cocok bagi orang asing, spa Bali juga mengandalkan ramuan rempah-rempah sebagai aromaterapi dan minyak atsiri dalam metode pijatannya.

Memang tidak ada metode khusus yang digunakan dalam spa Bali. Teknik yang digunakan pun umum. Di antaranya; pressure, explorise dan oiling.

Namun secara garis besar, spa ala Bali menggunakan tekanan pijat medium dengan titik-titik penekanan yang lebih lengkap dari jenis spa lainnya. Pijatan juga dimulai dari kaki hingga kepala.

Banyak turis yang merasa cocok dengan spa Bali karena menggunakan tekanan yang tidak kencang, namun hasilnya terasa lebih segar.

Metode penekanan pijat ala Bali menggunakan jempol dan telapak tangan bagian bawah. Berbeda dengan pijatan remedial, thai spa, shiatsu spa dan spot massages yang menggunakan sikut untuk penekanan. Di spa Bali tidak ada.
Beberapa turis memang merasakan sakit saat dipijat menggunakan teknik pijat lainnya. Ada juga yang merasa kegelian. Namun tidak pada spa Bali. Dengan menggunakan teknik pijat tekanan medium, para turis justru merasa cocok.

Satu lagi yang membuat wisatawan mancanegara sangat menyukai spa Bali, yakni boreh. Boreh ini bagian dari Balinese spa. setelah melakukan pemijatan, seluruh tubuh dibalur seperti dilulur menggunakan ramuan boreh.

Sebenarnya, boreh bukan hanya untuk pengobatan saja. Bagi orang Bali, boreh merupakan ritual. Di dalam boreh terkandung bahan-bahan yang dipercaya orang Bali sebagai bagian ritual keagamaan. Karena boreh bukan hanya memberi efek manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi orang Bali percaya, dengan tubuh diboreh bisa mendatangkan dewa.

Ramuan boreh khas Bali dibuat dari campuran beragam rempah-rempah. Seperti serai, cendana, jahe, kayu manis, pala, lengkuas, cengkih, minyak kelapa, beras hitam, dan pekak atau bunga lawang.

Dalam boreh ada buah kelapa. Kelapa ini juga memiliki filosofi yang luar biasa. Bukan hanya buahnya, sebagian besar dari kelapa memiliki fungsi yang signifikan. Bagi masyarakat Bali, isi buah dan daun kelapa inilah yang dibeli sebagai canang sari atau media untuk menerima.

Membuat ramuan Boreh sebenarnya cukup praktis. Tinggal mencampurkan seluruh campuran tadi ke dalam cobek, lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya, balurkan ke seluruh tubuh seperti mengaplikasikan masker atau lulur.

Diamkan selama 30 menit, tutup dengan kain atau handuk hingga mengering. Setelah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Boreh memang dikenal memiliki khasiat kesehatan. Di antara manfaatnya menghangatkan badan, memulihkan masuk angin, melancarkan peredaran darah dan menghilangkan pegal-pegal.

Namun, nyatanya boreh juga memiliki manfaat detoksifikasi yang dapat membuat kulit tampak lebih baik dan berhasil. Cobalah boreh dalam produk Ancient Ritual Massage Oil Boreh Bali. Ramuan ini dapat melembabkan,  melembutkan, menjaga keremajaan kulit, antioksidan, antiseptik, melegakan pernapasan, mengurangi sakit kepala, mengurangi kelelahan, mengurangi gejala alergi, mengurangi nyeri otot dan pegal linu, relaksasi, mengurangi gejala stres.

Cara Penggunaannya pun mudah. Balurkan secara merata ke seluruh permukaan tubuh setelah mandi sambil dipijat perlahan. Anda akan merasakan manfaatnya.***

 

Most Popular

To Top