Kesehatan

Kram Otot Bikin Was-was, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

SAAT sedang beraktivitas tiba-tiba otot kram. Sebagian orang menganggapnya biasa. Tapi tak sedikit risau dengan kondisi seperti ini. Karena kram otot kadang dialami siapa pun, baik siang atau malam hari. Bahkan ketika Anda tidur pun bisa terjaga akibat kram yang datang tiba-tiba.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab kram otot tiba-tiba?

Kram otot adalah kondisi yang wajar. Sering dialami pada banyak orang. Kondisi ini dapat terjadi kapanpun bahkan ketika baru bangun tidur atau di tengah-tengah tidur. Rasa ngilu yang dirasakan ketika mengalami kram otot disebabkan karena otot yang tegang secara terus menerus.

Sayangnya, sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kram otot tiba-tiba ini. Namun demikian banyak hal yang mungkin bisa menjadi penyebab kram otot, seperti:

  • Olahraga bisa menjadi penyebab kram otot karena saat melakukan aktivitas, otot menjadi lebih sering digunakan. Otot akan menegang dan mengendur. Kadang otot digunakan berlebihan sehingga menyebabkan kram.
  • Kurang minum air putih. Tubuh Anda membutuhkan minimal 5 liter air putih setiap harinya. Kalau kebtuhan air untuk tubuh kurang fungsi-fungsi otot akan terganggu. Sehingga terjadilah kram.
  • Berdiri dan duduk dalam waktu yang lama juga menyebabkan otot keram. Apalagi saat Anda berdiri dan duduk tanpa sedikit pun melakukan pelemasan otot. Seperti dari duduk kemudian berdiri dengan menggerakkan bagian-bagian tubuh lainnya. Atau dari berdiri dengan waktu lama bisa menyebabkan kram.
  • Kurang mineral (magnesium atau kalium) juga menyebabkan Anda keram. Salah satu yang membentuk otot dan membuat sehat bagian otot adalah kedua jenis mineral ini. Bila Anda kurang mengkonsumsinya membuat otot Anda cepat keram.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB, obat diuretik dan obat steroid juga menjadikan otot kerap mengalami kram. Obat-obatan tersebut mengandung efek pada beberapa bagian tubuh sehingga bisa mengganggu.
  • Usia juga pengaruh pada tubuh. Terutama di bagian otot. Semakin tua seseorang semakin mudah mengalami kram otot, akibat mereka sudah banyak kehilangan massa otot.
  • Dehidrasi yang sering terjadi pada atlet, dapat menyebabkan otot kram lebih mudah. Itulah pentingnya banyak minum air putih. Terutama pada seorang atlit.
  • Ibu-ibu hamil sering mengeluhkan rasa ngilu di beberapa bagian ototnya. Karena memang banyak perubahan yang terjadi padatubuh ¬†seorang ibu hamil. namun kondisi ini sangat wajar mengingat bagian tubuh ibu hamil bisa melar dengan cepat.
  • Aliran darah tidak lancar juga membuat tubuh seseorang terganggu. Dengan terhambatnya aliran darah membuat beberapa otot tak berfungsi. Karena aliran darah mempengaruhi banyak sel-se dalam tubuh.
  • Mereka yang jarang berolah raga paling rentan mengalami otot kram. Dengan jarang berolahraga berarti jarang menggreakkan otot-otot di tubuh. Sehingga, otot tak berfungsi dengan normal.
  • Ini biasanya dialami banyak wanita dengan aktifitas yang tinggi. Mereka yang bekerja kantoran atau wanita bisnis mengharuskan mereka untuk selalu menggunakan sepatu dengan halk tinggi. Apalagi wanita super sibuk namun tubuhnya tak idel sehingga menjadi kewajibannya setiap saat menggunakan sepatu hak tinggi.

Biasanya kram otot yang tiba-tiba ini akan hilang dalam waktu sebentar. Anda bisa memijat-mijat bagian otot yang kram dan melakukan perenggangan. Atau bila sangat sakit dan tidak kunjung hilang, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual tanpa perlu resep dokter.

Anda juga bisa mandi dengan air hangat untuk membuat otot-otot tubuh lebih rileks. Jangan lupa untuk minum air yang cukup agar menjaga status hidrasi tubuh.

Sejauh ini, kram otot bukan suatu kondisi yang membahayakan kok. Namun memang, rasa kram yang Anda rasakan mungkin saja dapat diakibatkan oleh gangguan kesehatan tertentu, seperti: gangguan fungsi ginjal, gangguan sistem saraf, atherosclerosis.

Sebenarnya, kram otot bisa Anda cegah dengan minum air yang cukup, tetap berolahraga rutin, dan mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan kalsium tinggi.

Bila memang kram otot yang terjadi pada Anda tak kunjung usai, cobalah gunakan citronella essential oil spa. minyak atsiri ini dapat mengurangi rasa stress, melemaskan kejang otot, perawatan kulit, namun bisa juga digunakan sebagai shampoo dan conditioner alami.

Citronella essential oil spa bisa digunakan untuk campuran untuk mandi saat Anda mengalami kram otot. Masukkan 5-12 tetes dalam bak mandi berisi air hangat rendamkanlah tubuh Anda hingga otot-otot menjadi lemas. Kram pun seketika hilang.

Begitu pun juga saat kram otot menyerang. Pakailah sebagai minyak urut untuk bagian yang kram. Larutkan 5 tetes minyak atsiri Citronella essential oil spa ke setiap 10 ml minyak urut. Lalu gosokkan pada bagian otot yang kram.***

 

Most Popular

To Top