kesehatan

Pelajari Dulu Jenis Kulit Anda, Mau Body Lotion, Body Butter, Body Krim atau Body Milk

KULIT yang sehat dan bercahaya menjadi dambaan semua wanita. Tak heran, bagi seorang wanita, masalah kulit menjadi salah satu momok yang menakutkan. Masalah kulit bagi seorang wanita menjadikannya tak percaya diri. Apalagi kalau masalah pada kulit di wajah.

Beragam cara mengatasi masalah kulit agar bisa kembali cerah dan sehat. Masalah pada kulit efeknya banyak. Sebab, masalah kulit akan memunculkan ruam, kulit terkelupas, gurat penuaan, garis-garis halus, dan kerutan.

Permasalahan kulit kering terjadi akibat akumulasi dari kulit yang kering di beberapa bagian. Kulit kering dan kusam. Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari pelembap. Terutama kulit kering yang lebih membutuhkan perawatan intens berupa hidrasi, makanan, dan kelembaban.

Perawatan kulit ini memang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan berbagai tips. Namun kadang wanita butuh penyembuhan dan penyempurnaan secara instan agar kulit yang semula bermasalah kembali sehat, halus, lembut dan bercahaya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan body lotion, body cream, body butter, atau body milk. Semuanya sama-sama bermanfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Namun tak sedikit masih banyak yang bingung dengan istilah ini.

Berikut yang membedakan agar Anda tidak salah dalam memilihnya. Kalau salah, produk pelembab yang Anda pilih malah tidak cocok dengan kulit Anda.

Pertama, body lotion. Bentuknya paling cair dari lainnya. Karena tingkat cairnya yang lebih tinggi, maka body lotion paling cepat diserap kulit.

Body lotion juga tidak terlalu berminyak sehingga cocok untuk digunakan di seluruh bagian tubuh. Body lotion juga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan normal, sangat cocok menggunakan pelembab jenis ini. Gunakan body lotion setidaknya 2 kali sehari, yaitu pagi hari setelah mandi dan malam hari menjelang tidur.

Body lotion juga memiliki kandungan minyak yang lebih rendah, tidak melumasi kulit, dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Kandungan yang ada body lotion lebih banyak mengandung air. Bahkan ada beberapa jenis produk ada yang mengandung 70% air. Salah satu manfaat utama dari body lotion di antaranya bisa melembapkan kulit, mengikat kelembapan kulit, menunda penuaan, relaksasi tubuh, dan memperbaiki kulit kering.

Kedua, body krim. Tekstur dari body krim lebih kental/pekat dari body lotion dan mengandung minyak. Body cream lebih cocok digunakan pada bagian tubuh yang sangat kering seperti di tangan, kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Bagi Anda yang mempunyai kulit cenderung kering sangat cocok memakai body cream. Agar kulit tetap lembab, ketika berada di ruangan ber-AC, bisa oleskan body krim. Ketika berada di tempat yang bersuhu dingin, Anda juga bisa memanfaatkan body cream agar kulit tidak lekas menjadi kering.

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih body krim  adalah memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Pada umumnya, body krim mengandung bahan pelembap kulit.

Untuk mendapatkan efek pelembap terbaik, Anda perlu memperhatikan keseimbangan antara kandungan minyak dan air di dalamnya. Kandungan minyak berfungsi mengunci kandungan air pada kulit, contohnya olive oil, jojoba oil, dan lainnya.

Sedangkan kandungan air bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit, misalnya ceramide, kolagen, dan sebagainya.

Kandungan air berfungsi memberikan kelembapan pada kulit untuk waktu yang lama. Kemudian, kandungan minyak akan mencegah menguapnya kandungan air dari permukaan kulit dan mencegah kekeringan agar kulit tetap lembap. Karena itu, pilihlah body cream yang memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang, bukan hanya mengandung salah satunya saja.

Ketiga, body butter. Body butter paling banyak mengandung minyak, teksturnya lebih kental, mirip margarin atau mentega. Body butter cocok dioleskan di bagian tubuh yang sangat kering seperti siku, lutut dan tumit.

Karena manfaatnya untuk kulit yang sangat kering, maka kandungan di dalam body butter meliputi shea butter, cocoa butter atau coconut butter yang mengandung minyak dengan tingkat yang cukup tinggi. Body butter lebih diajurkan digunakan ketika malam hari.

Pada dasarnya, body butter tidak mengandung air. Body butter terbentuk dari minyak esensial dan butter. Ketika pelembap yang mengandung bahan-bahan pelumas, seperti butter, shea butter, dan minyak alami (minyak kelapa, minyak zaitun, dan jojoba), maka akan melindungi kulit dengan menciptakan sebuah penghalang antara permukaan kulit dan unsur luar.

Penghalang tersebut menyegel kelembapan serta melindungi kulit dari kotoran dan kerusakan. Seperti menghidrasi kulit, melembutkan kulit dan melindungi kulit dari unsur luar. Body butte mengandung vitamien A, C dan E.

Keempat body milk. Jika body lotion lebih cair dari body cream dan body butter, maka body milk ini lebih cair lagi dari body lotion. Jadi teksturnya juga lebih ringan dari body lotion dan lebih cepat meresap di kulit. Bahkan ketika meletakkan sedikit body milk di tangan, maka akan meleleh atau seperti mencair.

Bagi sebagian orang, secangkir susu segar pada pagi hari adalah awal yang baik bagi tubuh. Kulit Anda pun tidak boleh ketinggalan dari manfaat ini. Ya, susu pun bisa dipakai sebagai perawatan kulit.

 Lotion dengan kandungan susu kaya lemak, atau sering disebut body milk. Body milk ini populer karena teksturnya yang lembut dan tidak lengket.

Karena lebih ringan dari body cream dan body butter, Anda bisa menggunakan body milk dengan nyaman saat cuaca panas. Pilihlah beberapa produk body milk mengandung bahan pelembap yang tinggi dan aroma khas yang menenangkan.***

 

 

Most Popular

To Top