Kesehatan

Manfaat Minyak Geranium Bisa Mencegah 18 Jenis Masalah Kesehatan ini

GERANIUM adalah salah satu tanaman yang bisa menghasilkan minyak atsiri. Tanaman ini dapat  berfungsi sebagai antimikroba atau zat yang mampu menghancurkan atau menekan pertumbuhan mikroorganisme, termasuk bakteri dan jamur.

 

Geranium merupakan salah satu dari 300 spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga geraniaceae. Tumbuhan ini asli Afrika Selatan. Sebagian besar spesies geranium yang dibudidayakan adalah jenis hibrida.

 

Tanaman ini memiliki bunga ganda dan campuran warna serta kelopak bunga. Memiliki bunga berwarna putih, merah muda, merah dan ungu. Selain dengan cara stek batang, geranium dapat dibudidayakan menggunakan biji.

 

Geranium akan mekar saat musim panas tiba. Tapi ada pula beberapa spesies yang mekar di musim semi dan musim gugur. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 6 inci sampai 4 meter tergantung pada varietasnya. Geranium dapat tumbuh dengan baik pada penyinaran cahaya matahari yang penuh serta tanah yang kering.

 

Minyak geranium diekstrak melalui destilasi uap dari batang dan daun tanaman geranium. Komponen utama minyak ini termasuk alpha pinene, myrcene, limonene, menthone, linalool, geranyl acetate, citronellol, geraniol dan geranyl butyrate.

 

Minyak atsiri yang dihasilkan berwarna pucat kuning-coklat atau kehijauan dan memiliki bau seperti bunga mawar. Selain parfum, geranium bisa menjadi sabun, dan salep.

 

Berikut manfaat minyak atsiri geranium:

 

1.Mengatasi masalah kerutan di wajah. Dengan semakin bertambahnya usia memberikan dampak perubahan pada sel-sel tubuh, terutama sel kulit. Salah satunya muncul sejumlah kerutan di wajah.

Minyak geranium bisa mengatasi masalah ini. Karena minyak atsiri geranium mengandung astringen yang dapat mengencangkan dan memperlambat proses penuaan sel kulit.

2. Tidak hanya dapat mengendalikan jerawat yang membandel, minyak geranium ini juga dapat mengatasi sejumlah penyakit kulit lainnya.

Hanya dengan mencampurkan 5 tetes minyak geranium dalam satu sendok makan minyak kelapa murni, kombinasi ini akan meredakan sekaligus menjaga kelembapan kulit secara optimal.

 

3. Menyuburkan rambut kering. Minyak geranium ini memberikan kesehatan pada kulit rambut. Campurkan minyak geranium dengan minyak carrier ketika menerapkannya langsung ke kulit rambut. Bisa juga dengan mencampurnya menggunakan minyak kelapa, jojoba atau minyak zaitun.

 

4. Bagi wanita bisa menjaga agar wajah tampil cantik dan menghindari penuaan dini. Minyak geranium membantu dalam membantu mengobati berbagai persoalan kulit, termasuk mencegah penuaan dini.

Kombinasikan minyak atsiri geranium dengan satu sendok teh minyak kelapa. Kemudian gosokkan ke daerah kulit yang mulai berkeriput dua kali sehari sampai Anda melihat hasilnya. Anda juga dapat menambahkan dua tetes minyak geranium pada sabun atau pencuci wajah harian.

 

5.Mengatasi rasa sakit dan nyeri di otot. Karena memiliki sifat astringent, minyak geranium mampu membantu mengencangkan otot. Minyak ini dapat mencegah otot dan kulit kendur, serta mengencangkan bagian perut.

Buatlah minyak pijat dengan mencampur lima tetes minyak geranium dengan satu sendok makan minyak jojoba dan pijatkan ke kulit. Fokuskan pada otot-otot. Buktikan hasilnya dalam beberapa saat.

 

6.Mengatasi infeksi, pilek, bronkitis, infeksi sinus dan saluran pernafasan. Minyak geranium ini mengandung beberapa bahan kimia yang memiliki efek antibiotik. Ketika diterapkan pada hidung atau tenggorokan secara topikal, minyak ini memiliki efek menenangkan dan akan mengurangi rasa sakit.

Anda bisa menggunakan diffuser, menghirup minyak geranium dua kali sehari, atau menggosok minyak pada tenggorokan dan di bawah lubang hidung.

 

7.Mampu membunuh bakteri & jamur. Sifat antibakteri yang ditemukan dalam minyak geranium membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Minyak geranium dapat menghentikan bakteri yang tumbuh di kulit, seperti pada luka.

Gosokkan dua tetes minyak geranium ke daerah yang terluka dan tutup dengan dengan kain kasa. Ulangi prosedur ini dua kali sehari sampai luka menjadi sembuh.

Saat menggunakan minyak geranium untuk melawan infeksi eksternal, sistem kekebalan tubuh dapat fokus pada fungsi internal dan membuat Anda lebih sehat.

Masalah pada kutu air, misalnya, infeksi bakteri ini dapat disembuhkan dengan minyak geranium. Untuk mengatasi kutu air, teteskan minyak geranium pada baskom air hangat dan garam. Rendamlah kaki. Lakukan dua kali sehari untuk hasil terbaik.

8.Minyak geranium juga bisa dimanfaatkan sebagai deodoran dan parfum alami. Pada hakikatnya, minyak geranium membantu memperlancar peredaran darah. Substansi geranium dapat keluar dari tubuh melalui keringat, sehingga membuat keringat akan berbau seperti bunga.

Karena memiliki sifat antibakteri, minyak geranium membantu menghilangkan bau tubuh dan dapat digunakan sebagai deodoran alami. Bau seperti mawar dari minyak geranium adalah cara sempurna untuk membuat Anda tampil segar dan wangi setiap hari.

Praktiknya, tambahkan lima tetes minyak geranium pada botol semprot dan campurkan dengan lima sendok makan air. Hasilnya, parfum alami yang dapat Anda gunakan setiap hari.

 

9. Mencegah penyakit alzheimer dan demensi. Minyak geranium terbukti memicu sel mikroglia yang melepaskan agen pro-inflamasi. Minyak ini juga mampu melawan peradangan di jalur saraf sehingga mencegah pembentukan penyakit neuro-degeneratif.

 

Minyak geranium bekerja dengan kimia alami otak untuk mencegah kondisi menakutkan yang menyebabkan hilangnya memori.

 

10. Minyak geranium ini memiliki kekuatan meningkatkan fungsi mental dan mampu memberikan dorongan semangat.

Minyak esensial ini memiliki kemampuan mengatas penderita depresi, kecemasan dan kemarahan. Rasa manis dan wangi bunga pada minyak geranium mampu menenangkan tubuh dan pikiran.

 

11. Umumnya, minyak geranium ini digunakan sebagai elemen dalam aromaterapi sebagai pengobatan holistik untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosional, mengurangi kecemasan dan keseimbangan hormon.

Minyak beraroma harum ini juga dapat mengangkat suasana hati, mengurangi kelelahan dan meningkatkan kesehatan emosi.

 

12. Minyak satu ini selalu diidentikkan untuk mengusir serangga membandel seperti nyamuk atau jenis serangga lainnya.

Untuk membuatnya, campurkan minyak geranium dengan air dan semprotkan pada tubuh. Anda juga dapat menambahkan baking soda ke dalam campuran ini untuk meningkatkan efeknya.

 

13. Bila Anda memiliki luka terbuka dapat langsung dioleskan minyak geranium. Minyak geranium dapat mempercepat proses penyembuhan kulit karena mengandung zat cicatrisant. Cicatrisant sendiri akan meningkatkan sirkulasi darah dan menjadikan sel kulit menjadi lebih cepat dalam melakukan recovery.

Minyak atsiri ini tidak beracun, tidak mengiritasi dan memiliki sifat terapeutik termasuk sebagai antidepresan, antiseptik dan penyembuh luka. Termasuk mengatasi masalah dermatologi seperti kulit berminyak, eksim, dan dermatitis. Termasuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan sayatan. Minyak ini juga membantu memudarkan bekas luka dan bintik-bintik lain pada kulit dengan cepat.

14.Minyak memicu kontraksi pembuluh darah, sehingga membantu menghentikan aliran darah serta mempercepat pembentukan bekuan darah.

Minyak ini membantu penyembuhan luka atau sayatan dan mencegah racun memasuki tubuh. Bahkan membantu mencegah wasir. Tambahkan satu tetes minyak geranium pada es krim atau susu kedelai beku.

15.Minyak geranium mampu merangsang pertumbuhan sel, mendaur ulang sel-sel mati dan meregenerasi sel-sel baru. Minyak ini memungkinkan metabolisme tubuh bekerja lebih efektif.

Dengan menggunakan minyak geranium dalam diffuser atau vaporizer, Anda dapat mengambil keuntungan dari manfaat luar biasa ini.

 

16. Memperlancar buang air kecil. Dengan lancarnya buang air kecil berarti lebih sedikit racun dalam tubuh. Minyak geranium ini bersifat diuretik, sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil. Saat buang air kecil, tubuh melepaskan bahan kimia beracun, logam berat, gula, natrium dan polutan. Buang air kecil juga menghilangkan kelebihan cairan empedu dan asam dari lambung.

 

17. Melawan nyeri saraf. Minyak geranium memiliki kekuatan untuk melawan rasa sakit saraf ketika dioleskan pada kulit. Dengan menerapkan minyak geranium pada kulit secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit yang mengiringi herpes zoster, suatu kondisi yang disebabkan oleh virus herpes.

Untuk melawan nyeri saraf dengan minyak geranium, buat minyak pijat dengan tiga tetes minyak geranium dicampur dengan satu sendok makan minyak kelapa. Pijatkan campuran pada kulit, dengan fokus pada daerah di mana Anda merasa sakit atau tegang.

 

18. Masalah peradangan telah ditemukan terkait dengan hampir setiap kondisi kesehatan, sehingga menjadi fokus banyak studi. Minyak esensial geranium memiliki potensi signifikan sebagai obat anti-inflamasi yang lebih aman.

Minyak geranium menghambat respon inflamasi pada kulit dan membantu tubuh melawan banyak masalah kesehatan. Arthritis, misalnya, peradangan pada sendi, sedangkan penyakit jantung adalah peradangan pada arteri. Alih-alih mengambil obat untuk mengurangi nyeri sendi atau kolesterol, mengurangi peradangan bisa menjadi solusi atas masalah ini.

Minyak geranium adalah bahan yang lebih aman dan lebih efektif untuk obat anti-inflamasi dan terdapat lebih sedikit efek samping dibanding pengobatan konvensional.***

 

Most Popular

To Top