Kesehatan

Bawalah Minyak Lavender Ke Manapun Anda Pergi Seperti Membawa Perlatan P3K Pribadi

LAVENDER merupakan jenis bunga. Bentuknya kecil, warnanya ungu. Asal muasal bunga ini dari Perancis. Sudah berkembang biak sejak zaman kerajaan romawi kuno.

Bunga dengan nama ilmiah Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae) ini biasanya dimanfaatkan sebagai pewangi atau parfum. Dengan aroma yang khas, orang Roma menyebut bunga lavender dengan istilah lavare; artinya menyegarkan.

Di zaman romawi kuno bunga lavender ini dijadikan sebagai pelengkap upacara atau ritual keagamaan. Seiring berjalannya waktu dan melalui berbagai penelitian, bunga lavender juga dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan obat-obatan.

Bunga lavender memiliki klasifikasi kingdom sebagai tumbuhan atau plantae. Sub Kingdomnya tracheobionta atau tumbuhan yang mempunyai pembuluh. Masuk dalam super divisi spermatophyta atau tumbuhan yang menghasilkan biji.

Dan jadi bagian dari divisi magnoliophyta atau tumbuhan yang menghasilkan bunga. Masuk dalam kelas magnoliopsida (berkeping dua atau dikotil), menjadi bagian dari sub kelas asteridae dan ordo lamiales.

Bunga lavender dapat tumbuh pada ketinggian 600–1350 di atas permukaan laut. Semakin tinggi tempat di mana ia tumbuh, maka akan semakin baik pula proses pertumbuhan bunga lavender. Sampai saat ini telah ditemukan 39 spesies bunga lavender termasuk beberapa hibrida di dalamnya.

Kini lavender banyak tumbuh mulai dari wilayah selatan laut tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Lavender termasuk jenis tumbuhan menahun. Tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil.

Tanaman ini juga tersebar di kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Afrika Timur, Eropa selatan, terutama Prancis selatan, Timur Tengah dan India.

Lavender juga banyak ditanam dan dikembangkan secara luas di negara yang beriklim sedang sebagai tanaman hias, bahan kuliner dan ekstrak minyak esensial. Tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

Pada umumnya warna ungu mendeskripsikan rupa bunga lavender. Tentu tidak salah. Namun kita masih harus mengetahui apa saja ciri–ciri morfologi dari bunga lavender selain berwarna ungu.

Tumbuhan bunga lavender ini mempunyai daun dengan warna yang sangat bervariasi yakni hijau pucat, abu–abu, perak dan warna terang daun tergantung dari jenis tanaman yang ditanam.

Ketika menginjak dewasa, lavender mempunyai batang yang rimbun. Hal ini tentu akan menyulitkan dan menghambat penyebaran zat hijau daun (klorofil) pada seluruh bagian tumbuhan. Untuk mengatasi rimbunnya batang lavender, angkatlah tumbuhan ketika tunas baru mulai tumbuh lalu segera ulangi penanaman lavender. Biasanya kegiatan ini dapat dilakukan pada saat musim semi.

Saat musim semi, lavender pada jenis tertentu bisa langsung ditanam dari bibit yang ada. Mekarnya lavender ditandai dengan berubahnya warna bunga dari ungu bercampur abu–abu hingga menjadi warna ungu gelap. Hal ini biasanya terjadi pada pertengahan musim panas.

Bunga lavender yang mekar mempunyai ukuran kecil. Tapi terlihat agak menguncup dan mekar pada sisi lain dan dapat tumbuh di batang yang berduri. Ketika dewasa batangnya dapat mencapai 30–90 cm berdasarkan jenis atau variestas lavender yang ditanam.

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari dalam waktu 6 hingga 8 jam dalam sehari supaya bisa tumbuh maksimal. Berikan jarak sekitar 38–40 cm dari tanamam lain agar tanaman lavender tidak terhambat pertumbuhannya.

Banyak manfaat dari bunga lavender dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Bunga lavender sangat populer dijadikan sebagai aroma terapi yang menyegarkan dan dapat membuat pikiran menjadi rileks.

Bunga berwarna ungu ini memang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Karena itu perlu cermat dalam membeli dan menggunakan suatu produk yang menggunakan bahan alami minyak lavender.

Selama ini yang kita ketahui, banga lavender dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Karena bunga lavender memiliki kandungan linalool asetat, monoterpene hidrokarbon, camphene, alokasi ocimene, limonene, geraniol, lavandulol, nerol.

Bunga lavender yang masih dalam keadaan segar dan mempunyai kualitas bagus dapat diekstrak menjadi minyak atsiri. Minyak atsiri yang terkandung dalam bunga lavender ini dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan secara tradisional dan tidak ada resiko atau efek sampingnya.

Beragam produk yang terbuat dari bunga kering dan minyak esensial bunga lavender ini dapat berupa minyak aroma terapi, gel, ekstrak original, infus, lotion atau hand body, campuran teh herbal, tincture bahkan berupa bunga kering secara utuh.

Untuk mengetahui apa saja manfaat bunga lavender, berikut ini ulasannya :

  1. Ampuh dalam mengatasi insomnia. Insomnia merupakan gejala susah tidur. Selama ini penggunaan obat kimia dalam bentuk tablet dianggap ampuh untuk mengatasi insomnia. Namun penggunaan obat kimia secara terus-menerus akan berdampak buruk bagi tubuh.

Untuk mengatasi hal ini, tentunya perlu beralih pada produk bunga lavender yang lebih alami dan aman bagi kesehatan. Bunga lavender mempunyai kandungan zat yang mampu memperlambat aktivitas saraf sehingga, gangguan tidur dapat teratasi karena kualitas istirahat tubuh semakin meningkat.

  1. Mampu merilekskan otot. Otot tubuh yang tegang dan terasa kaku pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala ini juga tidak boleh diremehkan karena dapat mengundang reaksi negatif dari bagian tubuh lainnya. Dengan menghirup aroma terapi bunga lavender dapat membuat otot rileks dan mendatangkan rasa tenang.
  2. Mengatasi Iritasi Perut. Beragam kandungan zat yang terdapat pada minyak bunga lavender sangat mujarab dalam menangani keluhan gangguan kesehatan. Penggunaan ekstrak bunga lavender ini juga sangat ekonomis dan aman.
  3. Penelitian terbaru bahkan membuktikan bahwa pijatan yang menggunakan minyak atsiri lavender dapat mengatasi rasa cemas berlebih pada manusia. Manfaat lain yang dapat diperoleh dari penggunaan bunga lavender ini yakni untuk mengatasi iritasi yang terjadi pada bagian perut.
  4. Membuat mood dalam diri jadi lebih stabil. Ketika manusia memikirkan sesuatu yang berat maka otak adalah bagian utama yang pertama kali merasakan dampaknya. Padahal otak ini nantinya akan mempengaruhi fungsi organ tubuh lain karena otak merupakan sumber kendali alam bawah sadar manusia. Untuk menstabilkan mood sangat diperlukan untuk berada pada keadaan tenang. Maka perasaan tenang dapat mengembalikan mood pada keadaan yang lebih stabil.
  5. Ternyata ampuh dalam mengatasi kerontokan rambut. Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut terjadi karena berbagai faktor. Salah satu contoh rontoknya rambut secara berlebihan yakni akibat alopesia areata. Jika di lihat dari segi kesehatan, alopecia areata ini merupakan gangguan autoimun yang berakibat membuat rambut menjadi rontok. Cara mengatasinya yakni dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak bunga lavender secara teratur hingga menunjukan perubahan dengan ditandai pertumbuhan rambut yang terjadi secara lebih signifikan.
  6. Menghindari gigitan nyamuk. Penelitian membuktikan aroma bunga lavender yang terkandung dalam lotion anti nyamuk memang mampu menghindarkan kita dari gigitan nyamuk.
  7. Mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Minyak esensial bunga lavender. Pada umumnya, bunga lavender akan diekstrak terlebih dahulu menjadi minyak atsiri. Nah, minyak tersebutlah yang mempunyai beragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Lavender (Lavandula angustifolia) adalah minyak essential yang paling serbaguna dari semua minyak esensial.  Lavender adalah minyak  essential  yang paling favorite karena memiliki efek relaksasi pada tubuh.

Minyak esensial ini baik sekali untuk kulit. Dapat digunakan untuk membersihkan luka, memar dan iritasi kulit. Harumnya sangat menenangkan dan dapat menjadi penyeimbang antara fisik dan emosional.

Bawalah minyak essential lavender kemana Anda pergi seperti membawa peralatan P3K pribadi. Khasiatnya yang sangat luar biasa, dapat dipakai  sebagai parfum dan dapat juga dipakai untuk hal-hal kecil lainya.

Apapun jenis kulit Anda, minyak essential lavender  dapat menjaga elastisitas kulit. Kegunaan lainnya adalah untuk menyembuhkan kulit akibat luka bakar, psoriasis dan menyembuhkan radang kulit, bekas gigitan serangga dan gatal-gatal, luka terbuka dan infeksi.***

 

Most Popular

To Top