Kesehatan

Banyak Manfaat, Jadi Unik Saat Minyak Esensial Jeruk Mandarin Dipadu dengan Minyak Esensial Lainnya

MINYAK jeruk mandarin merupakan bagian dari sejarah pengobatan tradisional masyarakat China. Minyak mandarin dikenal sebagai citrus essential oil ini rasanya paling manis dan bisa menenangkan. Selain itu, minyak esensial mandarin juga dikenal sangat ringan dan memiliki banyak manfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Buah jeruk ini dikenal sebagai jeruk mandarin atau tangerines. Keduanya sama-sama menggunakan nama ilmiah botanical citrus reticulata.  Dalam praktiknya, penyebutan mandarin dan tangerine sering tertukar. Namun demikian keduanya memiliki sedikit perbedaaan.

Dalam bahasa Indonesia, tangerine disebut pula sebagai jeruk keprok. Kedua jenis ini ketika sudah diekstrak menjadi minyak esensial memiliki sifat yang sama. Mandarin dan tangerine termasuk dalam citrus fruit yang berasal dari China Tenggara.

Tangerine sebenarnya merupakan jenis dari mandarin. Keduanya memiliki rasa sangat mirip. Minyak Mandarin juga sering disebut sebagai minyak tangerine. Bentuk pohon keduanya terlihat sangat mirip. Warna kulit buah tangerine terlihat lebih gelap, oranye dan kemerahan.

Sementara mandarin memiliki warna oranye terang. Tangerine memiliki kulit tebal dengan banyak benjolan. Mandarin memiliki kulit tipis yang halus serta lebih mudah mengelupas. Namun keduanya merupakan anggota keluarga buah jeruk rutaceae.

Kendati punya sebutan mandarin yang mengacu pada bahasa China, sejatinya bukan berasal dari bahasa China. Buah tangerine ini berasal dari pelabuhan Tangier di Maroko, Afrika.

Pohon mandarin dapat mencapai ketinggian hingga 7,5 meter. Pohon ini memiliki duri dan ranting yang ramping. Mandarin orange (jeruk mandarin) berasal dari Asia Tenggara dan Filipina. Banyak juga tumbuh di Jepang, Cina selatan, India dan negara Asia Tenggara. Jeruk mandarin diperkenalkan ke dunia barat melalui dua varietas dari Canton yang dibawa ke Inggris di tahun 1805.

Warna minyak esensial mandarin emas kehijauan dan ada warna oranyenya. Minyak mandarin banyak ditemukan dalam berbagai produk mulai dari cologne, kosmetik hingga obat-obatan untuk pengobatan alternatif.

Minyak mandarin memberi aroma jeruk (citrus) sekaligus berfungsi sebagai penyedap pada permen, minuman berkarbonasi, minuman keras, permen karet dan es krim.

Jika sudah diekstrak menjadi minyak esensial mandarin berguna membantu mengobati jerawat, mencerahkan kulit, mengurangi insomnia, membantu mengurangi kulit berminyak, mengurangi munculnya bekas luka dan bintik-bintik saat menginjak lanjut usia. Minyak esensial ini juga dapat mengatasi stres dan keriput di kulit, baik wajah atau bagian tubuh lainnya.

Minyak   mandarin ini juga membantu meringankan berbagai masalah kesehatan seperti sindrom usus bocor (leaky gut syndrome), bersifat antiseptik, merangsang sistem limfatik dan bahkan mengurangi gas.

Secara umum, minyak esensial mandarin dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah penyakit, di antaranya;

1.Menyembuhkan jerawat, stretch mark dan bekas luka. Karena memiliki sifat yang lembut, minyak mandarin tidak mengiritasi kulit. Selain itu, minyak mandarin memiliki kemampuan mencegah infeksi kulit yang teriritasi dengan cara membunuh bakteri dan mencegah tumbuhnya jamur.

Untuk   menyembuhkan luka cukup mengoleskan minyak mandarin yang dikombinasikan dengan minyak carrier langsung ke bekas luka. Selain itu, bisa pula menggunakan kombinasi satu tetes minyak lavender, satu tetes minyak mandarin dan satu tetes neroli dengan sedikit minyak almond untuk menghilangkan bekas luka.

 

  1. Mengurangi nyeri, menghilangkan rasa gelisah dan mual. Minyak esensial mandarin merupakan salah satu minyak esensial terbaik untuk mengurangi rasa gelisah dan mual.

Sebuah studi yang diterbitkan di Complementary Therapies in Medicine mengungkapkan, penggunaan dan efektivitas intervensi terapeutik essential oil pada nyeri, mual dan kecemasan saat diberikan pada pasien di rumah sakit. Hasilnya cukup menggembirakan. Pasien rumah sakit tidak lagi mengeluhkan nyeri, cemas dan mual setelah memanfaatkan minyak esensial ini.

Memang banyak beragam minyak esensial. Masing-masing memiliki kelebihan. Namun dari keseluruhan minyak esensial yang ada, minyak esensial mandarin lebih banyak berefek positif pada penderita penyakit. Jika Anda sedang mencari cara untuk menyingkirkan mual melalui perawatan aromaterapi, cobalah minyak mandarin.

  1. Meredakan rasa sakit. Sebuah studi menunjukkan minyak alami mandarin merupakan sumber molekul yang dapat dikembangkan menjadi analgesik baru dan memberikan manfaat saat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri di beberapa bagian tubuh.

Dalam penelitian ini, minyak esensial mandarin diekstrak kemudian dimurnikan. Mandarin murni diketahui mirip dengan jenis molekul yang mampu memblokir rasa sakit. Senyawa yang ditemukan dalam minyak esensial mandarin dapat digunakan untuk membuat analgesik dalam meredakan rasa sakit.

  1. Melindungi makanan dari bakteri. Minyak esensial mandarin menunjukkan aktivitas antimikroba. Sebuah penelitian dilakukan untuk mengevaluasi efek terhadap listeria innocua dan dampak pada warna serta tekstur sampel kacang hijau. Dari hasil percobaan ini menunjukkan hasil positif dalam pengurangan jumlah mikroba.

Minyak esensial mandarin juga mampu membantu mencegah perubahan tekstur dan perubahan warna makanan selama penyimpanan. Temuan ini memberikan metode alternatif yang lebih sehat untuk proses pengawetan makanan tanpa bahan kimia.

  1. Melawan kanker. Efek dari minyak esensial mandarin dan limonene dipelajari pada dua jalur pertumbuhan sel tumor manusia. Minyak esensial mandarin dan dan limonene, bahan kimia yang ditemukan dalam kulit buah jeruk dan beberapa tumbuhan lainnya menunjukkan sifat menghambat pertumbuhan sel tumor. Temuan ini membuka jalan bagi pengembangan kesehatan tradisional anti-tumor dan pengobatan kanker melalui metode alternative.

Minyak esensial mandarin diekstrak dari bagian kulit buahnya. Minyak diekstrak melalui proses cold-pressed. Terkecuali pada minyak mandarin petitgrain yang diekstrak dari daun dan ranting melalui distilasi uap. Minyak esensial mandarin efektif saat dicampur dengan berbagai minyak aroma bunga lainnya, termasuk mawar, melati, chamomile dan geranium.

Minyak esensial mandarin juga bagus saat dicampur dengan minyak citrus lainnya, seperti bergamot, grapefruit dan lemon. Dari campuran ini menciptakan aroma unik bila dikombinasikan dengan minyak spicy, seperti clove (cengkeh) dan black pepper (lada hitam).

Minyak esensial dibagi dalam tiga kategori. Yakni, top, middle atau base note. Minyak esensial masing-masing memiliki senyawa penyusun. Minyak esensial dapat dikategorikan dalam note mana yang lebih dominan. Minyak bergamot misalnya, dikenal sebagai top note sementara minyak mandarin dikenal sebagai middle note. Sedangkan frankincense termasuk base note.

Ketika mencampur atau mengkombinasikan yang terbaik adalah memilih minyak esensial yang sama secara kategori, sehingga diperoleh aroma yang sempurna. Minyak esensial dalam kategori middle note tidak menguap secepat top note. Selain minyak esensial mandarin, marjoram, rosemary, neroli dan ginger (jahe) dianggap sebagai middle note essential oil.

Namun perlu diingat, tidak semua minyak esensial bisa dicampur begitu saja. Terdapat seni untuk memadukan minyak esensial yang tepat. Minyak esensial mandarin bersifat ringan, aman dan tidak beracun.

Namun bagi wanita hamil, pengidap epilepsi, mengalami kerusakan hati, kanker atau masalah medis lainnya, dalam menggunakan minyak esensial ini harus di bawah pengawasan dokter atau ahli aromaterapi.

Perlu kehati-hatian juga saat menggunakan minyak mandarin pada anak-anak atau orang tua. Hati-hati pula jika dipakai saat berada di bawah sinar matahari. Sebab, bila terkena sinar matahari, bukan jadi manfaat, minyak mandarin ini dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Mandarin Essential Oil mengandung senyawa antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang dapat membunuh sepsis dan menghentikan infeksi agar tidak menyebar.

Manfaat minyak esensial mandarin di antaranya; menyembuhkan jerawat, menghilangkan kulit kusam, mengobati insomnia, mengobati kulit berminyak, menghilangkan bekas luka dan bintik-bintik di kulit, mengatasi stres, menghaluskan kulit keriput.

Cara pemakaiannya bisa langsung dipakai atau dicampur air hangat untuk mandi. Bahkan bisa juga dipakai sebagai minyak urut. Sementara untuk inhalasi atau menyegarkan nafas tinggal dimasukkan 8-9 tetes ke dalam mangkuk berisi air panas, lalu tarik napas dalam-dalam.***

Most Popular

To Top