Kesehatan

16 Manfaat Minyak Esensial Marjoram untuk Kesehatan Tubuh

TANAMAN Marjoram rasanya awam bagi yang baru mendengar. Namun nyatanya tanaman ini banyak dimanfaatkan sejak jaman Yunani kuno. Punya nama latin Origanum majorana, marjoram memiliki hubungan kekerabatan dengan oregano (Origanum vulgaris).

 

Marjoram memiliki kesamaan dengan oregano. Tapi juga mempunyai sifat unik tersendiri.

 

Kedua tanaman ini berasal dari daerah Mediterania. Dalam sejarah Yunani, marjoram adalah simbol kebahagiaan yang disebut “the joy of the mountains.”

 

Dalam budaya Yunani, marjoram digunakan dalam upacara-upacara penting dalam siklus kehidupan. Seperti acara pernikahan serta kematian.

 

Selain memiliki nilai spiritual, marjoram merupakan tanaman berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Marjoram efektif dalam meredakan nyeri, sakit kepala dan memperlancar pencernaan.

 

Selain itu juga dapat digunakan untuk meringankan nyeri dan gejala menstruasi. Namun marjoram tidak boleh digunakan pada wanita hamil.

 

Tumbuhan marjoram (Origanum majorana, Lamiaceae) adalah jenis tanaman yang pada umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman dapur. Rempah-rempahnya dibuat sebagai penyedap masakan. Aromanya yang kuat dimanfaatkan untuk menambah cita rasa pada makanan.

 

Dalam dunia pertanian, marjoram memiliki nama lain seperti knotted marjoram, sweet marjoram atau Marjorana hortensis. Marjoram termasuk ke dalam jenis tanaman tahunan (perennial plant).

 

Tinggi tanamannya bisa mencapai 80-90 cm. Marjoram memiliki rasa yang sedikit pahit dan menghasilkan bunga yang memiliki warna merah muda dan putih ketika mekar.

 

Di negara empat musim, tanaman marjoram dapat dipetik di awal musim panas. Tanaman marjoram dapat dimanfaatkan saat masih segar maupun kering. Marjoram segar biasanya masih sangat wangi, sedangkan yang kering sudah agak berkurang wanginya.

 

 

 

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam marjoram adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, beta karoten, serat, asam folat, mangan, kalsium, zat besi, kalium, tembaga, magnesium, natrium, dan fosfor.

 

Tumbuhan marjoram memiliki manfaat aromaterapi. Aromaterapi ini dapat digunakan bagi Anda yang sedang terkena batuk dan pilek, juga influeza. Marjoram pun memiliki sifat penenang yang dapat bermanfaat untuk meredakan insomnia dan sakit kepala. Anda juga dapat menggunakannya sebagai minyak pijat.

 

Jika hendak mengendurkan syaraf yang tegang, Anda dapat menggunakan ekstrak marjoram kering. Gunakanlah ekstrak marjoram kering atau empat tetes minyak marjoram pada air hangat. Rendamlah bagian tubuh di dalam air hangat yang telah ditambahkan tanaman marjoram tersebut.

 

Minyak marjoram pun dapat digunakan untuk meredakan sakit otot dan rematik.

 

Untuk menjadi minyak atsiri diperoleh dari daun marjoram yang diproses melalui metode distilasi uap.

 

  1. Marjoram essential oil bisa digunakan untuk meredakan berbagai jenis rasa nyeri secara alami tanpa perlu melibatkan bahan kimia seperti pada obat pereda nyeri komersial.

 

Minyak esensial ini membantu mengurangi nyeri yang terkait dengan peradangan, kekakuan otot, sakit kepala, sakit gigi, demam, dan pilek.

 

  1. Minyak esensial marjoram memiliki sifat sebagai antispasmodic yang mengontrol dan menenangkan dari kejang-kejang. Apakah kejang pada sistem pernafasan atau kejang otot setelah olahraga berat, minyak esensial marjoram mampu membantu meredakannya.

 

Minyak ini juga bisa digunakan untuk meringankan otot tertarik dan kram.

 

  1. Merupakan ide bagus untuk menyimpan botol minyak marjoram di kotak P3K karena kemampuannya sebagai antiseptik. Minyak esensial ini membantu melindungi luka dari infeksi, terutama dari sepsis. Marjoram oil juga bisa digunakan untuk mencegah luka agar tidak terjangkit bakteri tetanus.

 

  1. Minyak esensial marjoram memiliki sifat antivirus yang baik. Minyak essential ini dapat melindungi dari serangan flu dan pilek.

 

  1. Minyak esensial marjoram juga mampu melindungi tubuh dari infeksi jamur serta menghambat pertumbuhan jamur. Hal ini terutama bermanfaat bagi mereka yang menderita infeksi jamur pada kulit.

 

  1. Minyak esensial marjoram juga tidak hanya melindungi terhadap serangan virus, tetapi juga bakteri. Marjoram agresif membunuh bakteri, sehingga mencegah terkena infeksi bakteri seperti keracunan makanan, malaria, tifus, dan kolik.

 

Minyak esensial ini juga mencegah terjadinya infeksi bakteri pada kulit, usus, saluran kemih, dan sistem pencernaan.

 

  1. Berkaitan dengan sistem pencernaan, minyak esensial marjoram dapat membantu meringankan masalah yang melibatkan gas. Seperti telah disebutkan sebelumnya, marjoram oil merupakan antispasmodic.

 

Kemampuan antispasmodic ini juga bekerja dalam sistem pencernaan, dengan membantu menenangkan otot-otot di daerah perut dan mencegah terjadi akumulasi gas.

 

Ketika kejang pada sistem pencernaan bisa dikurangi, masalah lain juga akan mereda, seperti sakit perut, mual, dan muntah.

 

  1. Menghirup aroma kayu dari minyak esensial marjoram dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Dengan kemampuan kognitif yang tetap terjaga berarti dapat mencegah terjadinya gangguan degeneratif seperti demensia dan penyakit alzheimer.

 

  1. Minyak esensial marjoram memiliki sifat menghangatkan sehingga bisa meningkatkan kelancaran sirkulasi darah. Aliran darah yang lancar akan membantu mengurangi rasa sakit akibat rheumatoid arthritis serta keluhan lainnya.

 

  1. Minyak esensial marjoram mampu membantu menghilangkan racun yang terakumulasi pada tubuh dengan mendorong keluarnya keringat.

 

Keringat berfungsi membuang racun, kelebihan air, dan garam natrium yang mendekam di tubuh.

 

Keluarnya racun juga mampu meringankan demam dan membantu dalam penurunan berat badan.

 

 

 

  1. Cara lain minyak esensial marjoram menghilangkan racun dari tubuh adalah karena kemampuan diuretiknya. Diuretik berarti minyak marjoram meningkatkan produksi dan frekuensi buang air kecil.

 

Sering berkemih membantu menghilangkan asam urat, natrium, garam empedu, kelebihan air, dan racun lainnya dari tubuh.

 

Terdapat banyak manfaat terkait dengan ginjal yang bersih, seperti mengurangi tekanan darah dan lemak.

 

Namun perlu dicatat, peningkatan produksi urin akan menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan untuk juga minum banyak air.Dehidrasi bisa berbahaya untuk kesehatan jika dibiarkan berlarut dan tidak ditangani.

 

  1. Wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur akan mendapatkan bantuan dari minyak esensial marjoram ini. Minyak esensial ini juga bekerja sebagai antispasmodic yang berfungsi meringankan kram terkait dengan menstruasi.

 

Minyak marjoram juga meringankan keluhan lain yang berhubungan dengan menstruasi seperti fluktuasi suasana hati dan sakit kepala.

 

  1. Minyak esensial marjoram membantu mengurangi produksi lendir berlebih yang menyumbat sistem pernapasan, terutama saat terkena pilek.

 

Marjoram membantu mengurangi batuk kronis sekaligus melindungi tubuh dari infeksi virus serta menghilangkan sumbatan di paru-paru, laring, faring, dan bronkus.

 

  1. Minyak esensial marjoram mampu melindungi fungsi sistem kardiovaskular sekaligus menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang terkendali berarti terjadi penurunan risiko terhadap stroke, pendarahan, dan serangan jantung.

 

Sebagian ahli meyakini minyak esensial marjoram juga membantu mencegah aterosklerosis, pendarahan otak, dan serangan jantung dengan melebarkan pembuluh darah.

 

Ketika pembuluh darah melebar dan rileks, sirkulasi darah bisa ditingkatkan sekaligus menurunkan risiko terjadinya hipertensi.

 

  1. Saat mengalami kram perut atau ketidaknyaman perut, marjoram dapat bekerja sebagai pencahar.

 

Minyak esensial ini membantu mengurangi kram dan melancarkan gerak peristaltik usus sehingga meningkatkan fungsi pencernaan secara keseluruhan.

 

  1. Aroma kayu dari minyak esensial ini akan membantu membawa perasaan tenang dan relaksasi. Jika mengalami ketegangan saraf atau kecemasan, marjoram oil akan membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks.

 

 

Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan manfaat marjoram essential oil. Berikut diantaranya:

 

– Memadukan beberapa minyak esesnsial lain. Minyak marjoram oil menyatu baik dengan eucalyptus, bergamot, chamomile, cypress, cedarwood, dan tea tree oil.

 

– Mendifusikan dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial marjoram pada diffuser, Anda dapat dengan aman menghirup aromanya.Difusikan minyak marjoram atau campur dengan minyak esensial lainnya.

 

– Tambahkan marjoram essential oil pada air mandi untuk meringankan otot kaku dan relaksasi tubuh.

 

Untuk menikmati mandi marjoram, tambahkan 4-8 tetes marjoram oil bersama dengan satu sendok teh carrier oil, seperti minyak kelapa, ke dalam bak mandi. Berendamlah selama 15 menit, dan pijat otot-otot kaku pada tubuh.

 

– Campurkan 10 tetes minyak esensial marjoram dengan minyak carrier oil seperti minyak kelapa. Minyak kelapa mampu meringankan otot pegal, bersifat ringan, dan tidak teroksidasi. Pijatkan campuran ini langsung ke daerah yang terasa pegal.

 

– Salah satu cara untuk menenangkan kram otot atau kram terkait dengan menstruasi adalah dengan menggunakan kompres hangat. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial marjoram pada air hangat dan gunakan untuk mengkompres daerah yang mengalami kram.

 

Sementara bagi wanita hamil, menyusui dan orang yang memiliki kondisi medis disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak esensial apapun.

 

Karena bersifat emenagogue yang merangsang aliran darah, marjoram oil tidak boleh digunakan selama kehamilan.

 

 

Marjoram disebut juga sweet marjoram (Origanum majorana), memiliki hubungan kekerabatan dengan oregano (Origanum vulgaris).

 

Beberapa manfaat marjoram essential oil adalah : meredakan nyeri, mengurangi kejang, antiseptik, antivirus, anti jamur, anti bakteri.***

 

 

Most Popular

To Top