Uncategorized

5 Manfaat Grapefruit Buat Kesehatan dan Aromaterapi

BEBERAPA tahun belakangan ini, buah grapefruit menjadi buah konsumsi favorit selain buah-buahan lainnya. Buah jeruk hasil perkawinan jeruk Bali dan Amerika ini banyak dijual di supermarket, toko buah, bahkan mulai merambah pasar tradisional.

 

Grapefruit seharusnya berarti buah anggur. Namun ini bukan anggur. Grapefruit adalah jeruk besar berkulit tebal dengan daging berwarna merah tua keunguan dan memiliki rasa kecut agak manis.

 

Selain baik untuk dimakan, grapefruit juga menyimpan manfaat jika dibuat menjadi minyak esensial. Minyak ini berasal dari kulit buah yang memiliki nama latin citrus paradise.

 

Dengan menghirup aroma tajam minyak atsiri grapefruit dapat membantu menenangkan suasana hati. Minyak atsiri grapefruit memiliki berbagai manfaat yang mengandung sejumlah senyawa sitronelal dan limonene.

 

 

 

Jeruk grapefruit masih satu keluarga dengan jeruk Bali sehingga sering disebut juga jeruk Bali merah. Buah jeruk yang punya nama latin Citrus paradise, Citrus racemosa, dan Citrus maxima ini sering dibuat menjadi minyak esensial dengan mengekstrak kulitnya.

 

Beberapa manfaat minyak grapefruit yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

 

  1. Meredakan stres dan mabuk kendaraan. Dengan menghirup wangi menyegarkan khas buah jeruk bisa membantu Anda merasa lebih melek dan fokus, serta memperbaiki suasana hati.

 

Dengan menghirup aromaterapi grapefruit juga bisa membantu meredakan gejala mabuk kendaraan dan meredakan efek hangover setelah minum-minuman yang mengandung alkohol.

 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan aroma grapefruit dapat membantu mengaktifkan respons relaksasi dan mengirimkan sinyal emosi positif ke otak.

 

Alhasil selain memperbaiki mood, mencium wangi grapefruit juga sekaligus bisa mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

 

  1. Minyak grapefruit bisa menyehatkan kulit dan rambut. Minyak jeruk bali merah memiliki sifat antibakteri sehingga sering ditambahkan pada krim wajah atau losion untuk tubuh.

 

Sifat antibakterial pada minyak ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat, melindungi kulit dari paparan zat asing, dan mengurangi peradangan.

 

Minyak ini juga dipercaya dapat mengendalikan produksi minyak di kulit kepala sehingga sering dipakai sebagai perawatan rambut berminyak.

 

  1. Mengurangi nafsu makan. Tak perlu repot-repot makan buahnya untuk mendapatkan manfaat yang sama. Dengan menjadikan minyak grapefruit sebagai aromaterapi bisa membantu menjalani pola makan sehat dan menurunkan berat badan. Alhasil nafsu makan berkurang.

Minyak esensial dari buah jeruk bali merah dapat merangsang aktivitas saraf simpatik dalam otak yang membantu menurunkan rasa lapar dan ngidam makanan asin atau bergula. Tentu akan lebih efektif dibarengi dengan olahraga rutin.

 

  1. Penyegar udara. Aroma khas buah jeruk selain menyegarkan pikiran juga bisa mengharumkan ruangan. Aroma menyegarkan dari minyak esensial ini bisa menghilangkan bau tidak sedap yang sering tercium di dapur atau kamar mandi Anda.

 

  1. Meredakan sakit. Minyak grapefruit berpotensi meredakan rasa nyeri seperti sakit kepala, nyeri sendi, pegal linu, dan kram perut akibat PMS jika digunakan sebagai minyak pijat.

 

Caranya mudah, cukup oleskan beberapa tetes minyak dan pijat lembut bagian tubuh yang terasa nyeri sampai merasa baikan.

 

Meski buahnya manis, kalau sudah berbentuk minyak esensial grapefruit tidak untuk dikonsumsi lewat mulut atau dicampurkan pada makanan.  Mengonsumsi minyak esensial bisa menyebabkan keracunan.

 

Selain itu, pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi terhadap buah jeruk dengan melakukan tes sederhana. Oleskan 1-2 tetes minyak ini ke kulit punggung tangan atau kulit di belakang telinga dan tunggu 1 jam.

 

Jangan teteskan terlalu banyak karena minyak ini sangat mudah menyerap di kulit.  Jika setelahnya kulit malah memerah, gatal, atau terasa panas, jangan gunakan minyak ini.

 

 

Sebelum dioleskan ke kulit, larutkan dulu dengan minyak lainnya seperti minyak almond atau jojoba oil.

 

Essential oil grapefruit biasanya digunakan untuk jerawat, pilek, depresi, kelelahan, mabuk, sakit kepala, jet lag, mengurangi stres, merangsang sirkulasi, meningkatkan energi, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan pencernaan.

 

Secara keseluruhan, essential oil grapefruit dapat digunakan secara aromatik, topikal dan internal. Minyak atsiri ini bermanfaat untuk mengurangi berat badan, antibakteri alami, membantu mengurangi stress, membantu menghilangkan gejala hangover, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan, membantu pencernaan, energizer alami dan peningkat suasana hati, membantu melawan jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan flavor.***

 

 

Most Popular

To Top