Kesehatan

Ini 14 Manfaat Minyak Esensial Basil Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Manusia

SEBAGAI bagian dari jeni tanaman obat, menanam basil di lingkungan rumah banyak manfaatnya. Untuk mendapatkan basil agar dapat dikonsumsi sehari-hari, sebaiknya dilakukan secara budidaya.

Budidaya basil dapat ditanam langsung pada tanah atau dengan cara hidroponik seperti cara menanam kemangi hidroponik. Banyak jenis basil yang dapat dibudidayakan, di antaranya: basil sweet genovese, Italian large leaf basil, thai basil dan red rubin basil

Setelah melalui tahap penyulingan, basil akan menghasilkan basil essential oil atau minyak esensial (minyak atsiri). Umumnya basil memang digunakan untuk meningkatkan rasa berbagai resep makanan. Namun, penggunaan basil jauh melampaui dunia kuliner karena mengandung sifat obat-obatan.

Basil essential oil disebut pula sweet basil oil. Manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai luka dan infeksi. Basil juga berfungsi sebagai penenang untuk memerangi peradangan, mengurangi kelelahan adrenal dan mengobati kondisi saraf dan otot.

Sebagai anti-inflamasi, antiviral, antibiotik dan diuretik alami, basil (selasih) telah digunakan dalam berbagai praktik pengobatan tradisional di India dan negara-negara di Asia selama ratusan tahun. Pada abad ke-16, basil telah digunakan untuk mengobati migrain dan infeksi dada.

Dengan bau manis alami, hangat dan pedas, minyak basil dapat digunakan baik secara internal dan tropikal. Di antaranya mampu memerangi bakteri, menyembuhkan infeksi, mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit, mencegah kerusakan akibat radikal bebas, membunuh virus, mengurangi sumbatan, meningkatkan output urin, merangsang sistem saraf dan merangsang korteks adrenal.

Minyak basil diperoleh dari penyulingan uap (steam-distilled) daun, batang dan bunga basil segar yang mengandung antioksidan tinggi serta fitokimia. Hasilnya adalah formula yang efektif dan alami untuk membantu mengobati kondisi terkait kardiovaskular, otot, emosional dan kekebalan tubuh.

Karakter aromatik masing-masing jenis basil ditentukan oleh genotipe tanaman dan senyawa kimia yang dikandungnya. Minyak esensial basil terdiri dari monoterpene dan phenylpropanoid. Dari 25 unsur aktif yang ditemukan dalam basil essential oil yang paling menonjol adalah methyl eugenol (39,3 persen) dan methyl chavicol (38,3 persen).

Ulasan yang dipublikasikan oleh Department of Phytochemistry at the Indian Council of Medical Research sangat menarik. Dalam kajian ilmiahnya, minyak basil efektif untuk mengobati sakit kepala, batuk, diare, sembelit, kutil, cacingan dan kerusakan ginjal.

Manfaat basil juga mencakup kemampuan untuk melawan bakteri dan bau dalam makanan dan kulit, sehingga minyak basil dapat ditemukan dalam makanan, minuman, produk gigi dan mulut, serta wewangian.

Wanita hamil harus menghindari menggunakan minyak esensial basil karena dapat berdampak pada tingkat hormonal dan otot atau fungsi saraf. Selain itu, minyak basil juga tidak sesuai untuk orang yang mengidap epilepsi.

Sama seperti minyak esensial lain, terutama ketika baru memakainya harus melakukan uji sensitivitas kulit sebelum menggunakan minyak basil pada daerah yang lebih luas. Lakukan tes patch kulit pada kaki atau lengan untuk memastikan tidak mengalami iritasi seperti kemerahan, terbakar, gatal-gatal atau reaksi alergi. Jangan pula mengoleskan basil oil di daerah mata dan bagian dalam telinga atau hidung

Secara luas, manfaat minyak esensial basil meliputi;
1. Anti bakteri dan anti jamur. Minyak basil menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap berbagai bakteri dari makanan, ragi dan jamur. efek minyak basil terhadap enam bentuk bakteri dan tiga strain jamur, ternyata mampu menghambat pertumbuhan semua strain. Minyak basil dimanfaatkan untuk menghilangkan bakteri dari dapur dan kamar mandi, mencegah kontaminasi dan memurnikan udara.

2. Untuk mengobati demam dan flu. Minyak basil efektif membantu detoksifikasi bakteri dan virus dari tubuh, serta mampu melawan peradangan, nyeri dan kelelahan. Difusikan minyak basil ke seluruh ruangan. Tambahkan 1 sampai 2 tetes untuk mandi uap atau buat vapor rub sendiri menggunakan minyak eucalyptus dan minyak basil. Lalu pijatkan dada untuk membuka saluran pernapasan dan meringankan flu.

3. Sebagai penyegar udara. Minyak basil juga bisa untuk menghilangkan bakteri penyebab bau dan jamur dari dalam rumah, mobil, perkakas dan furnitur. Secara tradisional, di India basil digunakan untuk banyak aplikasi kuliner, termasuk untuk menghilangkan bau dan membersihkan peralatan dapur.

Untuk mencoba di rumah, ambil beberapa tetes minyak basil. Lalu tambahkan dengan baking soda dan gunakan untuk menghilangkan noda dan bakteri dari panci atau wajan. Lalu semprotkan ke dalam toilet, kamar mandi dan tempat sampah.

4. Meningkatkan rasa. Minyak basil dapat dapat meningkatkan rasa dan aroma berbagai masakan. Tambahkan 1 sampai 2 tetes ke jus, smoothies, saus atau dressing untuk menggantikan bubuk basil kering. Selain melezatkan, basil oil juga membuat dapur memiliki bau menyenangkan dan mengurangi risiko kontaminasi makanan.

5. Untuk manfaat melemaskan otot gosokkan beberapa tetes basil essential oil bersama dengan minyak kelapa pada otot atau sendi yang bengkak atau nyeri. Atau berendamlah pada air mandi hangat yang telah dicampur dengan garam epsom, lavender oil dan basil oil untuk melemaskan otot yang tegang.

6. Untuk mengobati infeksi di telinga. Minyak basil telah digunakan dalam tradisi Ayurvedic selama berabad-abad sebagai obat alami mencegah infeksi. Gosokkan kombinasi frankincense, coconut dan basil essential oil di belakang telinga dan di kaki bagian bawah untuk mempercepat pemulihan infeksi telinga sekaligus mengurangi nyeri dan pembengkakan.

7. Dijadikan sebagai pasta gigi atau obat kumur alami. Untuk menghilangkan bakteri dan bau dari mulut, tambahkan beberapa tetes minyak basil pada obat kumur atau pasta gigi. Minyak basil juga membantu melindungi gigi dan gusi dari sakit gigi, bisul, luka dan gangguan virus.

8. Untuk memulihkan energi dan mood hiruplah minyak basil. Hasilnya akan memulihkan kewaspadaan mental dan melawan kelelahan karena secara alami, merangsang sistem saraf dan korteks adrenal. Minyak basil bermanfaat mengurangi gejala seperti kelesuan, pikiran kusut, sakit otot dan dapat mengubah suasana hati yang buruk akibat kelelahan adrenal atau kelelahan kronis.

Difusikan basil essential oil di seluruh rumah atau hirup langsung dari botol untuk menyembuhkan kelelahan adrenal. Anda juga dapat mengoleskan beberapa tetes pada pergelangan tangan, dada dan punggung.

9. Sama seperti minyak esensial lainnya, termasuk citronella oil dan thyme oil, minyak basil dapat mengusir nyamuk dan mencegah gigitan serangga. Untuk membuat semprotan atau losion anti serangga, encerkan beberapa tetes basil essential oil dengan carrier oil (minyak pelarut) dan pijatkan ke kulit atau daerah bengkak bekas gigitan serangga.

10. Karena memiliki sifat antibakteri, antivirus dan disinfektan, minyak basil membantu detoksifikasi kemih dan saluran pencernaan serta mempercepat proses penyembuhan infeksi. Hal ini membuat minyak basil efektif sebagai pengobatan alami untuk infeksi kandung kemih.

11. Jerawat yang disebabkan oleh penumpukan bakteri, minyak berlebih dan infeksi dapat disembuhkan secara alami dengan memanfaatkan minyak basil. Gunakan bola kapas bersih, campur 1-2 tetes basil oil dengan minyak kelapa atau minyak jojoba. Oleskan pada jerawat sekali atau dua kali dalam sehari.

12. Sebagai diuretik, minyak basil membantu meningkatkan produksi urine yang dapat mengurangi retensi air, kembung dan masalah pencernaan. Minyak basil merupakan antispasmodic yang efektif mengurangi kram yang terkait dengan penyakit, sensitivitas makanan atau PMS.

Minyak ini juga berguna membantu meringankan sembelit, mual dan mabuk perjalanan secara alami. Basil oil dapat diambil secara internal dengan menambahkan 1-2 tetes pada air minum atau teh. Cara lain, Anda dapat menghirup dan memijatkan langsung ke daerah yang nyeri seperti perut dan punggung bawah.

13. minyak basil dikenal meningkatkan semangat sehingga berguna untuk menurunkan gejala kecemasan, ketakutan atau kegelisahan. Uapkan minyak basil sebagai aromaterapi untuk membantu menangani pikiran kalut dan perasaan tertekan. Minyak basil akan bekerja efektif sebagai penghilang sakit kepala alami. Pijatkan satu atau dua tetes dengan carrier oil ke kaki atau daerah perut setiap malam.

14. untuk perawatan rambut, tambahkan satu atau dua tetes minyak basil pada shampoo untuk mengurangi kelebihan minyak sekaligus membuat rambut nampak berkilau. Anda juga dapat mencampur minyak basil dengan baking soda dan cuka sari apel untuk menghilangkan bakteri, minyak dan residu berlebih dari rambut secara alami.***

Most Popular

To Top