Kesehatan

Nyeri di Sendi-sendi Tubuh, Anda Mengalami Rematik atau Asam Urat?

KETIKA merasakan nyeri di sendi, secara umum orang langsung memvonis terkena rematik, bisa juga asam urat. Orang awam akan sulit membedakan mana rematik dan mana asam urat. Namun keduanya sama-sama memiliki gejala nyeri di sendi-sendi tubuh.

Rematik dan asam urat itu keduanya adalah penyakit yang berbeda. Rematik dan asam urat memang termasuk ke dalam kelompok penyakit radang sendi. Namun yang penyebab keduanya oleh hal-hal yang jauh berbeda.

Rematik dalam bahasa medis disebut dengan rheumatoid arthritis. Sejenis penyakit autoimun yang membuat sendi-sendi kaku dan meradang. Jadi, peradangan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan malah menyerang jaringan sendi tubuh sehat hingga membuatnya rusak.

Sedangkan nyeri sendi akibat asam urat disebabkan terlalu banyak kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh. Jadi, zat asam urat yang tertumpuk di dalam tubuh ini disebabkan oleh kebanyakan mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Di dalam tubuh, purin akan diolah menjadi asam urat dan pada keadaan normal, akan dikeluarkan tubuh melalui feses. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, zat ini akan menumpuk dan berubah menjadi kristal pada sendi-sendi, kemudian terjadilah peradangan.

Rematik dan asam urat dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan ketika beraktivitas. Meskipun begitu, dari keduanya memang diketahui bahwa rematik tidak dapat disembuhkan, meski bisa diringankan atau dikendalikan gejalanya. Ketika Anda didiagnosis dengan rematik, dokter akan memberikan berbagai pilihan pengobatan untuk meringankan gejala yang Anda rasakan.

Sedangkan jika Anda mengalami asam urat, Anda bisa mengendalikan gejalanya dengan mengatur pola makan yang sesuai. Hindari makanan yang mengandung banyak purin dan alkohol. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk meringankan nyeri sendi akibat asam urat.

Walaupun rematik dan asam urat terlihat mirip dan mempunyai gejala yang sama, yaitu membuat sendi nyeri, kemerahan, hingga bengkak, sebenarnya rematik dan asam urat mempunyai ciri yang berbeda.

Nyeri akibat asam urat, biasanya menyerang satu sendi dalam satu waktu dan sering kali terjadi pada kaki, biasanya pada bagian jari-jari kaki, terutama persendian jempol kaki.

Rematik bisa menyebabkan nyeri pada bagian tubuh mana pun. Tapi yang paling sering terjadi pada persendian di tangan, pergelangan tangan dan kaki. Rematik bisa menyerang beberapa sendi sekaligus dalam satu waktu.

Gejala asam urat selalu disertai dengan bengkak, kemerahan, serta rasa nyeri yang sering muncul. Gejala rematik juga selalu menimbulkan rasa sakit, tetapi tidak selalu muncul bengkak atau kemerahan pada persendian.

Rasa nyeri sendi akibat rematik bisa berubah-ubah intensitasnya. Kadang sakit ringan hingga berat. Sedangkan rasa nyeri karena asam urat cenderung sering dan berat.

Akan tetapi, cara terbaik dan yang paling akurat untuk mengetahui apakah Anda mengalami asam urat atau rematik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dokter juga akan membantu Anda dengan pengobatan dan perawatan yang diperlukan.

Salah satu alternatif tradisional untuk megobati rematik dengan menggunakan Essential Oil Mystical Borneo. Minyak alami ini merupakan essential oil blend yang mengandung perpaduan antara lemongrass, basil, clove bud, cajuput dan peppermint.

Bermanfaat sebagai obat analgesik, membantu mengurangi gejala rematik, sakit kepala, pilek, melegakan pernafasan dan menghangatkan badan. Aromatheraphynya membantu merelaksasi pikiran dan mengurangi stres.***

Most Popular

To Top