Kesehatan

Ini Cara Ampuh dan Alami Obati Penyakit Bronkitis Akut

GAYA hidup, risiko pekerjaan dan lingkungan menjadi penyebab munculnya penyakit bronkitis akut dan kronis. Gaya hidup terkait dengan sulitnya menghentikan kebiasaan merokok. Risiko pekerjaan terkait dengan kondisi tempat kerja yang tidak sehat dan cenderung menyebarkan berbagai penyakit. Atau memang lingkungan yang kotor, penuh debu dan banyak limbah.

Banyak jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Salah satunya adalah bronkitis. Bronkitis adalah radang pada lapisan saluran bronkial karena infeksi. Pengidap bronkitis sering mengalami batuk lendir yang menebal hingga dada terasa nyeri saat batuk.

Perokok aktif dan pasif sama-sama berisiko terjangkit penyakit bronkitis akut. Kondisi hidup di lingkungan perokok membuat mereka yang tidak merokok serba dilemma. Perokok aktif pasti sulit menghentikan kebiasaannya itu. Sementara perokok pasif pun tak mampu mengelak jika kondisi lingkungan didominasi para perokok.

Mereka yang bekerja di lingkungan pabrik kimia atau produksi dengan memakai bahan kimia juga cenderung berisiko tinggi kena penyakit bronkitis akut atau bronkitis kronis. Memang serba salah dengan risiko pekerjaan ini. Antara kebutuhan hidup dan keahlian tak bisa dipisahkan ketika harus bekerja di bidang ini.

Demikian juga mereka yang tinggal di kawasan kumuh atau lingkungan kotor pun mudah terkena bronkitis. Apalagi mereka yang tinggal di kawasan pabrik atau proyek dengan ancaman angin debu dan kotoran yang bisa setiap saat datang.

Meski demikian, risiko seperti itu masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi komplikasi bronkitis akut, dan juga dapat mengendalikan gejala bronkitis kronis.

Pertama, usahakan menghindari kontak dengan kotoran udara seperti asap rokok. Pakai masker jika udara terkena polusi atau terpapar kotoran seperti cat, atau pembersih perabot rumah dengan aroma yang kuat.

Gunakan pelembap ruangan. Udara yang hangat dan lembap dapat membantu mengurangi batuk dan menghilangkan lendir secara mudah. Namun, Anda harus membersihkan pelembap ruangan berdasarkan petunjuk produsen untuk mencegah berkembangnnya bakteri di dalam tangki air.

Jika udara yang dingin menyebabkan flu dan sulit bernapas, maka gunakanlah masker jika bepergian keluar.

Sebenarnya, tak ada cara pasti yang dapat mencegah bronkitis akut. Karena penyakit ini disebabkan oleh banyak hal. Namun, Anda bisa menurunkan peluang terkena penyakit infeksi ini dengan cara: Pertama, pastikan waktu tidur yang cukup, kedua hindari menyentuh mulut, hidung, dan mata jika Anda berada di antara orang-orang yang terinfeksi.

Ketiga, hindari penggunaan barang pribadi bersama dengan orang lain, keempat, cuci tangan selalu, apalagi ketika sedang musing hujan, kelima, hindari kebiasaan merokok, keenam, mengonsumsi makanan yang sehat dan menerapkan pola hidup yang sehat, ketujuh, lakukan vaksinasi flu dan pneumonia, kedelapan, batasi paparan polusi udara.

Berbicara tentang cara penyembuhan, mengobati bronkitis bisa dilakukan secara sederhana di rumah. Berikut beberapa obat bronkitis alami yang bisa dilakukan sendiri
1. Istirahat yang cukup
Para ahli mengatakan, obat dari segala penyakit yang paling mendasar adalah tidur yang cukup. Sleep Journal Foundation yang menerbitkan penelitian pada September 2015 lalu menemukan, orang yang kurang tidur akan rentan terkena virus flu, dibanding mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

Begitupun dengan bronkitis, ketika Anda ingin melawan infeksi, tubuh sangat butuh waktu untuk mengistirahatkan seluruh sistem. Pasalnya, flu akan mudah menyerang tubuh yang tidak fit (akibat kurang tidur) dan sering menjadi gejala dari bronkitis.

2. Minum air putih yang banyak
Minum air mineral yang banyak dapat menjadi obat alami bronkitis akut. Tubuh yang terhidrasi akan membantu menipiskan lendir pada saluran bronkial. Biasanya, gejala demam juga menyertai penderita bronkitis. Nah, minum air yang banyak bisa menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh selama masa peradangan. Hindari minum minuman beralkohol dan mengandung kafein selama batuk dan demam berlangsung.

3. Makan buah nanas dan minum teh jahe
Ada beberapa tumbuhan yang baik untuk obat bronkitis alami, salah satunya buah nanas dan jahe. Kedua tanaman tersebut memiliki efek obat yang bisa menenangkan selaput lendir meradang di saluran pernapasan.

Buah nanas mengandung bromelain. Zat enzim bromelain ini, terbukti efektif mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah nanas juga dapat meredakan gejala batuk berdahak. Sementara jahe memiliki efek menenangkan di tubuh. Jahe baik untuk menenangkan saluran pernafasan yang meradang. Jahe dapat bertindak sebagai ekspektoran (mengeluarkan zat asing dalam tubuh). Disarankan meminum 2 cangkir gelas air rebusan jahe hangat setiap hari sebagai obat bronkitis alami.

4. Minum campuran madu dan lemon
Madu telah lama dijadikan bahan racikan obat nyatanya memiliki kandungan sifat antibakteri di dalamnya. Jika dikombinasikan dengan perasan lemon segar yang bisa dipakai sebagai pembasmi zat-zat asing dalam tubuh.

Perlu diingat, jangan memberikan madu pada anak usia 1 hingga 3 tahun, karena akan menimbulkan gejala botulisme (keracunan) yang bisa menyebabkan kelumpuhan otot.

5. Penguapan
Menghirup uap hangat, sangat direkomendasikan untuk mengurangi lendir pada para pederita bronkitis. Penguapan ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah. Anda hanya memerlukan baskom, air panas, dan handuk yang lebar.

Tuang air dalam baskom, kemudian Anda juga bisa menambahkan minyak esensial, seperti minyak eukaliptus atau kayu putih. Setelah itu, lapisi kepala dan baskom Anda dengan handuk besar, sambil membungkuk menghirup uap panas dari baskom. Anda bisa mengurangi lendir pada saluran bronkial dengan melakukan kegiatan ini secara rutin.

6. Berkumur dengan air garam
Sebetulnya kumur dengan air garam tidak mengobati virus atau bukan berperan sebagai antimikroba yang mengobati virus batuk pada bronkitis. Tetapi, ia bisa digunakan untuk meredakan gejala dari bronkitis.

Para peneliti di Jepang melakukan penelitian pada 400 relawan yang sukarela berkumur dengan air putih dan dilarutkan dengan antiseptik. Hasilnya, 36% orang yang berkumur 3 kali sehari, lebih rendah gejala infeksi saluran pernapasannya, daripada yang jarang berkumur. Maka, disarankan bagi penderita infeksi saluran bronkial, untuk berkumur dengan air garam secara rutin demi mengurangi gejala infeksi.

7. Makan sup ayam hangat
Para peneliti di University of Nebraska menerbitkan hasil percobaan sup ayam mereka pada jurnal Chest edisi Oktober tahun 2000. Mereka menunjukkan, bagaimana sup ayam mendukung perlawan infeksi pada saluran pernapasan akibat efek anti inflamasi di dalamnya. Meskipun tidak dapat menyembuhkan bronkitis, setidaknya sup ayam bisa mengurangi peradangan pada saluran bronkial tubuh.***

Most Popular

To Top