Nasional

Sah! Jokowi – Ma’ruf Amin Pimpin Indonesia 5 Tahun ke Depan

Ayonews, Jakarta
Joko Widodo dan Ma’ruf Amin resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024, pada Minggu (20/10/2019) pukul 14.30 WIB yang diselenggarakan oleh MPR.

Rangkaian acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ serta mengheningkan cipta.

Ketua MPR Bambang Soesatyo lalu membuka sidang paripurna dan keputusan KPU dibacakan.

Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula Ma’ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah.

Berikut ini sumpah yang diucapkan Jokowi-Ma’ruf saat dilantik

Sumpah Presiden

Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa

Sumpah Wakil Presiden

Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma’ruf ini dihadiri oleh 16 pejabat dari berbagai negara, mulai kepala negara hingga utusan. Pejabat dalam negeri juga hadir, termasuk Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Hadir pula rival Jokowi-Ma’ruf saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.***

Most Popular

To Top