Nasional

Mau Sederhanakan Birokrasi, Jokowi Akan Pecat Pejabat & Birokrat yang Tak Serius Bekerja

Ayonews, Jakarta
Setelah mengucapkan sumpah sebagai Presiden RI periode 2019-2014, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di hadapan para tamu undangan di di Kompleks DPR/MPR Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Menurut Jokowi, ada sejumlah prioritas dalam lima tahun ke depan yang akan ia kerjakan. Salah satunya penyederhanaan birokrasi.

Penyederhanaan birokrasi tersebut, lanjut Jokowi, dilakukan secara besar-besaran untuk mendorong investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

“Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Prosedur yang panjang harus dipotong. Birokrasi yang panjang harus kita pangkas,” kata Jokowi.

Salah satu yang akan disederhanakan Jokowi adalah eselonisasi. Dia ingin yang saat ini sampai empat eselon menjadi dua level saja.

“Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi,” paparnya.

Jokowi juga meminta para pejabat serius dalam menjalankan pembangunan. Jokowi tak segan untuk mencopot yang tak serius.

“Saya juga minta kepada para menteri, para pejabat dan birokrat, agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun. Saya pastikan, pasti saya copot,” tutupnya.(***)

Most Popular

To Top