Kesehatan

15 Cara Alami ini Mampu Menyembuhkan Kulit Kering, Pecah-pecah dan Bersisik

WANITA mana pun akan merasa risih begitu mendapati kulit wajah dan tubuhnya terasa kering, pecah-pecah, bahkan sampai bersisik. Tentu saja penampilan terganggu. Percaya diri bisa hilang. Rasa minder pun menghinggap. Resah tentu saja dirasakan. Kepingin rasanya masalah kulit yang dihadapi buru-buru segera teratasi.

Memiliki kulit yang kering dan kusam memang bisa mengganggu. Namun itu tak perlu dirisaukan. Secara umum, cara mengatasi kulit kering dapat dilakukan dengan cara alami maupun dengan rajin mengonsumsi vitamin.

Penyebab kulit kering itu sendiri bisa terjadi karena kurangnya kadar kelenjar minyak pada kulit (sebum). Akibatnya kulit cepat kering dan kusam. Sebum adalah kelenjar minyak alami dari kulit tubuh kita. Selain kelenjar sebum, kulit kering juga disebabkan karena kehilangan hidrasi pada lapisan kulit epidermis.

Menghilangkan kulit kering dan mencegah kekeringan pada kulit dimulai dari dalam tubuh. Di antaranya dengan memperbanyak asupan air putih dan mengonsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Buah-buahan yang baik dikonsumsi seperti apel, pisang, pepaya, strowberi, jeruk, mangga, kiwi dan buah lainnya.

Selain mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C, makanan yang mengandung Vitamin E juga perlu dikonsumsi. Fungsi vitamin E baik untuk menjaga kelembapan, menyegarkan, dan mengencangkan kulit. Untuk memenuhi vitamin E ini Anda dapat memilih makanan berbahan dasar kacang-kacangan.

Cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan sebagai berikut ini; pertama, memerbanyak mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih. Mulai sejak dini, mulai menjaga pola dan makanan yang dikonsumsi.

Kalau selama ini kurang menyukai sayuran dan buah-buahan, mulai sekarang perbanyaklah mengkonsumsi makanan tersebut. Rajinlah minum air putih agar kulit terhidrasi dengan baik. Tak hanya membuat masalah kulit kering teratasi, menjaga makanan dan memperbanyak minum air putih akan membuat aktifitas sehari-hari terlihat lebih segar.

Kedua, mengonsumsi cranberry yang terkenal dapat memberikan hidrasi bagi kulit kering. Buatlah segelas jus cranberry setiap hari sebagai hidangan tambahan. Kemudian tambahkan satu sendok teh bubuk akar dandelion. Bubuk akar ini dapat membantu megeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang cenderung menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.

Ketiga, para ahli menyarankan untuk memperbanyak makan ikan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Proses diet diseimbangkan dengan lebih banyak mengonsumsi ikan dan sayuran untuk memberi tubuh dosis asam lemak dan vitamin. Dengan langkah ini kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

Keempat, Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap alami. Bisa menggunakan bubuk almond, minyak argan, dan madu yang bisa memberi pengelupasan pada kulit wajah. Pastikan untuk mencampurkan bubuk almond hingga halus guna menghilangkan bagian bergeriginya yang mungkin dapat menggores permukaan kulit.

Kelima, lidah buaya merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering.

Cara mengatasi kulit kering secara alami menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan minyak almond. Jika memiliki masalah kulit kering pada bagian yang berambut, tidak perlu mencukur terlebih dahulu. Krim ini dapat melumasi daerah berambut yang mengalami kulit kering.

Keenam, cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini merupakan salah satu bahan herbal yang sederhana nan ekonomis guna memerangi kulit kering.

Minyak kelapa dapat dioleskan pada bagian kulit kering secara langsung. Minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk mengoleskan pada bibir kering.

Ketujuh, kandungan protein dan lemak dalam telur dan yogurt dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

Untuk membuatnya cukup sederhana. Gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit. Lalu bersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

Kedelapan, selain bahan-bahan di atas, untuk memerangi kulit kering dapat menggunakan gliserin. Selain bisa menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kering, penggunaan gliserin secara rutin dapat melembutkan kulit.

Meski demikian pastikan gliserin yang dibeli bebas dari pewarna tambahan. Untuk menggunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami, cukup mengoleskan gliserin sesuai keinginan. Jika mengalami kulit kering yang cukup parah, gunakan gliserin setiap dua jam sekali. Ketika masalah sudah semakin teratasi, dapat mengurangi penggunaannya sedikit demi sedikit.

Kesembilan, cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan alpukat dan madu sebagai masker. Campuran alpukat dan madu dapat dijadikan sebagai perawatan kulit kering. Asam lemak dalam campuran alpukat memiliki sifat alami antibakteri. Sedangkan madu dapat menghidrasi kulit kering untuk melawan noda.

Kesepuluh, cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan di rumah menggunakan teh hijau. Kombinasikan teh hijau dengan minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender. Hasil kombinasi ini menghasilkan minyak essensial yang dapat menenangkan kulit kering dan kulit sensitif yang sedang mengalami iritasi.

Kesebelas, gunakan krim susu. Sudah lama susu dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering dengan susu yakni dengan menerapkan krim susu segar di kulit setiap hari. Langkah ini akan membantu melembabkan kulit, menghapus kulit terbakar dan lingkaran hitam.

Keduabelas, manfaatkan minyak almond. Minyak ini terkenal karena memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Cukup oleskan minyak pada kulit kering dan pijat dengan lembut. Hasilnya akan lebih baik dan cepat jika ditambahkan aloe vera atau lidah buaya. Campurkan satu sendok teh aloevera dan satu sendok teh minyak almond lalu oleskan pada kulit yang kering.

Ketigabelas, selain melakukan perawatan alami, untuk mengatasi kulit kering lainnya adalah dengan bergerak atau berolahraga. Kardio akan meningkatkan detak jatung, memompa darah lebih cepat melalui pembuluh darah dan menyuplai lebih banyak oksigen ke sel-sel kulit.

Keempatbelas, jangan keseringan mandi air panas karena bisa membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu cara mengatasi kulit kering adalah dengan menyelesaikan mandi menggunakan air dingin. Air dingin akan merangsang sistem saraf tubuh. Selain itu, sikat kering bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupas kulit.

Kelimabelas, selain dari dalam, cara mengatasi kulit kering dan kusam juga bisa dilakukan dari luar tubuh. Caranya dengan mengoleskan moisturizer pada kulit wajah dan sekitarnya. Untuk kulit normal maka gunakan moisturizer jenis losion. Sedangkan untuk kulit bersisik gunakan pelembap jenis krim alami.***

Most Popular

To Top