Gaya Hidup

Nikmati Sensasi Ethno Spa Jawa Membuat Anda Serasa Jadi Putri Keraton

LULUR tubuh sangat bermanfaat. Selain untuk mengangkat sel kulit mati, lulur juga akan membuat tubuh Anda makin rileks. Karena lulur juga dikombinasikan dengan pijatan yang membuat aliran darah semakin lancar. Lebih dari itu, pemakaian lulur akan membuat kulit tubuh semakin halus, bau badan hilang dan kulit dari gatal-gatal karena jamur.

Ethno spa tak lepas dari praktik lulur. Dari semua perawatan kecantikan, lulur merupakan spa tradisional paling populer. Metode perawatan kecantikan menggunakan ramuan dan rempah-rempah ini sudah dilakukan sejak zaman kerajaan nusantara. Bisanya dilakukan oleh putri-putri kerajaan.

Secara tradisional leluhur, lulur adalah bagian perawatan putri-putri kerajaan Jawa kuno. Proses lulur ini menggunakan bahan-bahan alami seperti campuran tepung beras, kencur, dan beberapa rempah-rempah asli Indonesia. Biasanya dipakai sambil memijat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit tubuh pun akan menjadi lebih cerah.

Spa tradisional menggunakan lulur ini merupakan bagian perawatan ala puteri keraton. Perawatan kulit ala keraton memang menarik. Kalau Anda ingin merasakan sensasi ala puteri Jawa, spa tradisional dengan kombinasi lulur bisa coba.

Hampir semua pusat kecantikan menyediakan spa tradisional. Dengan lulur Jawa, Anda akan menemukan aroma wangi rempah. Spa tradisional tidak jauh berbeda dengan spa lainnya. Hanya saja, bahan yang digunakan lebih alami. Biasanya bahannya adalah rempah-rempah dan bunga-bunga.

Spa bernuansa Jawa menjadi pilihan tepat untuk merasakan ethno spa. Anda akan benar-benar merasakan nuansa keraton. Gending-gending jawa biasanya juga melengkapi nuansa keraton.

Ethno spa Jawa kerap menjadi pilihan calon mempelai wanita yang mendambakan proses pernikahan ala putri keraton. Proses perawatannya jelang pernikahan yang dijalani para puteri-puteri Keraton. Menikmati ethno spa Jawa serasa menjadi puteri yang lahir dalam keluarga kerajaan. Selain perawatan, tentu saja sang mempelai wanita akan mendapatkan ritual perawatan kecantikan spesial yang tidak akan didapat para wanita biasa.

Lebih menarik lagi, saat perawatan menjelang pernikahan, semua puteri keraton yang akan menikah pasti mendapat perawatan tradisional dengan bahan alami yang ditanam di halaman keraton Yogyakarta.

Untuk mengambil bahan-bahan alami itu juga tidak boleh sembarangan. Para Ngadiro Saliro Keraton yang dipercaya merawat kecantikan para Puteri harus melakukan ritual doa sebelum memetik atau mengambil bahan-bahan tersebut hingga diolah menjadi ramuan spa.

Urutan perawatannya pun hampir sama. Pertama-tama Anda akan dipijat di keseluruhan tubuh. Pijatan ethno spa ini sama seperti pijatan spa lainnya. Hanya saja yang membedakan, dalam proses pemijatan ini terapis menggunakan minyak rempah. Harumnya hangat dan juga lembut. Pijatan ini akan membuat Anda rileks.

Setelah dipijat, terapis akan membersihkan sisa minyak pijat. Biasanya dielap dengan washlap basah hangat. Karena hangat, proses ini juga memberikan efek relaksasi. Setelah bersih, terapis akan melulur seluruh badan.

Adonan lulur ini juga sangat khas layaknya jamu. Adonannya berwarna kuning, seperti kunyit. Bisa juga adonannya berwarna putih. Teksturnya kasar seperti lulur bubuk tradisional. Lulur ini sebagai pengganti scrub pada spa biasa. Jadi, fungsinya merontokan daki dan sel kulit mati.

Lulur dibiarkan beberapa menit setelah dioleskan. Setelah hampir kering, terapis akan menggosoknya. Lulur akan rontok membawa daki dan sel kulit mati. Setelahnya, Anda akan melalui proses diratus.

Ratus ini hampir sama dengan steam. Uapnya berasal dari air dengan rempah dan bunga. Wanginya sangat khas sekali dan membuat rileks. Ratus bermanfaat membuat tubuh harum dan segar. Ratus juga berfungsi membuka pori-pori kulit. Jadi, nutrisi dari masker nanti bisa diserap kulit. Setelah proses ratus selesai, kulit dioles masker. Masker berfungsi melembutkan dan menutrisi kulit.

Masker yang dipakai hampir sama dengan lulur. Kalau adonan lulur cenderung lebih kasar. Adonan masker ini lebih halus. Masker ini memiliki wangi cenderung lebih ke bunga-bungaan. Jadi nantinya tubuh akan wangi bunga.

Setelah dioles, masker didiamkan hingga kering. Tahap selanjutnya adalah berendam dengan air hangat. Setelah itu, tubuh akan dioles body lotion. Uniknya, ethno spa ini, setelah perawatan biasanya disuguhi minuman tradisional berupa wedang jahe atau kunir asem.

Setelah perawatan efeknya adalah kulit halus dan bersih. Tubuh juga menjadi harum. Selain itu, badan juga lebih hangat. Jadi, perawatan ini sesuai dipilih kala musin hujan seperti ini. Perawatan ini membuat kamu layaknya puteri keraton. Spa tradisional juga tepat dipilih untuk perawatan sebelum pernikahan.***

Most Popular

To Top