Kesehatan

11 Manfaat Minyak Pohon Teh untuk Kesehatan Tubuh Manusia

SECARA awam, orang menganggap daun teh dapat dikonsumsi sebagai minuman penghangat tubuh. Umumnya dinikmati pada saat pagi atau malam hari menjelang tidur. Tapi ternyata tidak semua pohon teh menghasilkan daun yang dimanfaatkan sekadar buat minuman saja.

Teh juga punya manfaat lain bagi kecantikan lho. Tapi ini bukan teh yang biasa kita temui di warung, toko, di rumah makan atau di pasar sebagai bahan minuman. Melainkan teh Australia yang memiliki nama latin melaleuca alternifolia. Ya, teh ini memang hanya bisa tumbuh subur di negeri Kanguru itu.

Hasil ekstraksi dari pohon tersebut terciptalah minyak yang dinamakan minyak pohon teh atau tea tree oil. Saat ini sudah banyak produsen kosmetik yang memasarkan produk dengan unsur minyak pohon teh. Tak hanya sebagai produk kecantikan, tapi juga untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

Beberapa manfaat di antaranya; pertama menghilangkan jerawat. Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang umum. Tak heran jika industri kosmetik mengintegrasikan minyak pohon teh pada masker untuk kulit kombinasi berminyak. Minyak pohon teh ini bisa membuka dan membersihkan pori-pori untuk menstabilkan keseimbangan alami kulit, serta melawan jerawat.

Kedua, mempercepat proses penyembuhan luka yang menyebabkan luka gores terbuka. Minyak ini memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, serta anti-septik yang menjadikan minyak pohon teh efektif untuk merawat luka.

Untuk menggunakan minyak pohon teh sebagai perawatan kulit, buatlah campuran yang terdiri dari 1 bagian minyak pohon teh dengan 10 bagian air hangat. Anda bisa mencuci luka menggunakan campuran tersebut atau dijadikan kompres menggunakan bola kapas. Lakukan dengan rutin hingga luka mulai sembuh.

Ketiga menjadi obat kumur alami. Pencampuran beberapa tetes minyak pohon teh dengan air bisa menjadi obat kumur. Minyak pohon teh mengandung zat antiseptik dan anti-jamur yang dapat membantu menyegarkan nafas.

Keempat, membasmi kutu. Nggak cuma buat kulit dan obat kumur, minyak pohon teh juga bisa dijadikan bahan pembasmi kutu rambut. Cara mengobatinya dengan menuangkan beberapa tetes minyak pada kulit kepala, pijat dengan lembut, lalu cuci rambut dengan sampo.

Setelah itu, sisir rambut seperti biasa. Dengan cara ini, kamu bisa membunuh kutu secara alami tanpa merusak rambut. Oiya, bukan cuma kutu rambut pada manusia, minyak pohon teh juga bisa digunakan untuk kutu pada hewan.

Kelima, membasmi jamur kulit, kapalan dan kutil. Minyak ajaib ini sangat efektif dalam memerangi berbagai infeksi bakteri. Teteskan 2-4 tetes minyak di daerah yang terkena penyakit kulit seperti jamur cincin, kapalan, atau kutil. Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Pada umumnya, minyak pohon teh ini relatif cepat dalam mengobati penyakit kulit.

Keenam, mengurangi bau badan yang tak sedap. Minyak ini memiliki kandungan antiseptik dan astringent yang dapat membantu mengontrol sumber bau tak sedap. Caranya dengan membuat spray minyak pohon teh. Campurkan 2 tetes minyak dengan dua sendok makan air, lalu semprotkan campuran tersebut pada area ketiak, dada, tengkuk, atau bagian tubuh lainnya yang sering berkeringat.

Ketujuh, minyak pohon teh ini bisa membuat rambut sehat, panjang dan tebal. Minyak pohon teh membantu folikel rambut agar tidak tersumbat serta memberikan nutrisi bagi akar rambut.

Untuk menggunakannya, cukup dengan memijat kulit kepala dengan minyak pohon teh yang sudah dicampur dengan carrier oil. Setelah dipijat, bungkus rambut menggunakan handuk selama 10 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali seminggu hingga mencapai hasil yang diinginkan.

Kedelapan, melawan Infeksi Jamur. Minyak pohon teh  juga efektif untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Minyak esensial ini dapat mencegah pertumbuhan jamur dan menyembuhkan beragam penyakit kulit seperti jamur kuku, dermatitis atau athlete’s foot. Untuk merasakan khasiatnya aplikasikan minyak pohon teh ini pada area tubuh yang mengalami jamur sebanyak 1-2 kali sehari.

Kesembilan, minyak pohon teh bermanfaat mengatasi flu, hidung tersumbat, bronchitis dan masalah pernapasan lainnya. Diaplikasikan secara topikal. Manfaatkan minyak pohon teh ini dengan cara dihirup.

Kesepuluh, minyak pohon teh juga mampu menstimulasi sekresi hormon, peredaran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi minyak pohon teh ini bermanfaat menurunkan risiko beragam infeksi.

Kesebelas, kandungan essential oil dalam produk ini telah dikenal lama sebagai pengusir serangga yang alami dan efektif. Bisa juga digunakan untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk, kutu, dan serangga lainnya.

Cara penggunaannya, teteskan sebanyak 3-4 tetes di area tidur atau beraktivitas (radius 30-50cm dari tubuh), seperti seprei, guling, dan boneka. Dapat juga diteteskan ke pakaian (bagian perut atau celana agar tidak terlalu dekat ke hidung). Hindari langsung terkena area hidung, mulut, atau mata.***

Most Popular

To Top