Kesehatan

Rangsang Sistem Kekebalan Tubuh & Menjaga Kesehatan Mental dengan Herbal Buah Manggis

TEBAK-tebak buah manggis. Istilah ini sudah ada sejak lama. Bagi masyarakat zaman dulu, buah manggis merupakan buah istimewa. Jika pernah melihat buah manggis, di bagian bawahnya terdapat suatu tanda berbentuk semacam kelopak bunga.  Jumlahnya menandakan jumlah ruas daging buah yang ada di dalam buah manggis.

 

Tak cuma sekadar istilah. Buah manggis yang punya nama latin garcinia mangostana merupakan buah istimewa. Buah ini dikenal sebagai “queen of fruits”. Buah yang pohonnya tumbuh di kawasan tropis ini tak hanya manis, tapi juga menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Buah manggis memiliki efek antioksidan.

 

Ternyata, sudah berabad-abad buah manggis dipakai untuk mengobati berbagai masalah kesehatan oleh orang-orang di Asia Tenggara. Selain tinggi akan serat dan rendah kalori, buah manggis memiliki kadar vitamin C yang tinggi.

 

Sebagai herbal, buah manggis umumnya banyak tersedia dalam bentuk jus. Buah manggis sering dimakan sebagai buah pencuci mulut atau dijadikan selai. Saat ini, jus manggis menjadi “minuman kesehatan” yang sangat populer khususnya di Indonesia. Mulai dari buahnya, sari buahnya, kulit, ranting dan kulit pohon buah manggis biasanya dapat digunakan sebagai suplemen obat.

 

Dalam dunia pengobatan tradisional, sudah beredar herbal suplemen buah manggis dalam bentuk kapsul, tablet dan krim. Kandungan dalam satu porsi ukuran (100 gram) buah manggis segar mengandung:  63 kalori, 15,6 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 0,4 gram lemak, serat 5,1 gram, 7,2 milligram vitamin C, 0,36 milligram besi, 50 IU vitamin A, 10 milligram kalsium

 

Secara empris, buah manggis dapat digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih (ISK), gonore, sariawan, TBC, gangguan menstruasi, kanker, osteoartritis, dan infeksi usus yang disebut disentri. Buah manggis juga dapat digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mental.

 

Meski belum ada informasi secara klinis, buah manggis memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, anti kanker dan antihistamin. Buah manggis dapat menjadi pengobatan yang bermanfaat untuk mencegah dan menjaga diabetes tetap terkendali karena dapat membantu mempertahankan kadar gula darah normal.

 

Buah manggis telah terbukti bertindak sebagai inhibitor alfa-amilase, yang berarti dapat menghambat enzim yang menyebabkan zat pati terurai menjadi glukosa.

Beberapa orang juga menggunakan buah manggis ke kulit untuk mengobati eksim (eczema) dan gangguan kesehatan kulit lainnya. Saat ini diketahui kulit buah manggis mengandung tanin dapat membantu untuk mengatasi masalah diare. Tetapi masih belum ada informasi ilmiah tentang apakah buah manggis dapat bekerja untuk mengatasi kondisi medis apapun.

 

Meski ekstrak buah manggis sudah tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, dan krim, dan telah digunakan sebagai bahan dalam minuman nutraceutical, namun sampai saat ini masih kurang data klinis mengenai rekomendasi dosis suplemen buah manggis.

 

Dosis buah manggis yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia, faktor kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis penggunaan buah manggis yang tepat.

 

Perlu diingat bahwa produk herbal tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang tertera pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan suplemen tersebut.

 

Masih belum ada informasi yang cukup dapat diandalkan untuk mengetahui apakah produk buah manggis aman untuk digunakan sebagai obat-obatan. Namun sebaiknya konsultasikan kembali ke apoteker atau dokter mengenai manfaat dan efek samping penggunaan suplemen tersebut.

 

Termasuk efek pada ibu hamil dan menyusui, belum ada informasi yang cukup tentang keamanan mengkonsumsi suplemen buah manggis. Namun sebaiknya hindari penggunaan suplemen pada saat hamil atau menyusui jika tanpa anjuran dan saran dari dokter.

 

Namun demikian, suplemen buah manggis mungkin dapat memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi suplemen buah manggis dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang dengan gangguan perdarahan.

 

Mengkonsumsi suplemen buah manggis dapat meningkatkan risiko perdarahan selama atau setelah tindakan operasi. Berhentilah mengkonsumsi suplemen buah manggis selama 2 minggu sebelum melakukan tindakan operasi.

 

Sebelum Anda menggunakan suplemen buah manggis ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau apoteker mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari suplemen tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaan suplemen.(***)

 

Most Popular

To Top