Kesehatan

Tak Cuma Bikin Cantik, Manicure & Pedicure Bikin Kaki dan Tangan Sehat

PERAWATAN kecantikan tak sekadar pada wajah, rambut atau kulit tubuh semata. Hal terkecil dan jarang disadari adalah perawatan bagian tepalak tangan dan kaki. Perawatan kuku di tangan dan kaki juga merupakan bagian yang perlu dirawat.

Ada yang janggal ketika melihat seorang wanita cantik, wajahnya bersih dan cerah. Namun ia tak merawat bagian telapak tangan atau kakinya. Pasti akan terlihat janggal. Bukan berarti tipe wanita ini tak ada. Kalau ia sadar pasti akan merasa risih. Tapi kalau tak sadar, ia akan sadar ketika orang lain mengingatkannya.

Soal merawat tubuh dan kecantikan, bagian kaki, tangan dan kuku termasuk yang jarang dilihat. Padahal merawat bagian tubuh ini juga dilakukan secara teratur. Dengan manicure dan pedicure, kaki dan tangan akan lebih terjamin kebersihannya.

Kecantikan akan sempurna ketika kuku, telapak tangan atau kaki yang terlihat bersih. Meski begitu, perawatan medicur pedicure bukan lagi sekadar untuk kecantikan. Tapi ada manfaat lainnya, yakni;

Pertama,menjaga kuku agar tak mudah rapuh. Risiko jarang merawat bagian telapak tangan dan kaki membuat kuku mudah rapuh. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu ketika bagian kuku mudah rusak. Tak hanya mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Tapi juga Anda akan terlihat janggal oleh orang-orang di sekitar Anda.
Apalagi jika Anda seorang wanita karir atau bekerja kantoran, atau aktifitas lain bersama sebuah komunitas, perawatan medicure pedicure ini penting. Karena kadang penampilan itu akan dilihat dari seluruh tubuh. Mulai dari rambut hingga ujung kuku. Salah satu bagian kuku rusak karena rapuh, tentu Anda akan merasa minder.

Kedua, membantu mengembalikan kesehatan kuku. Bukan hanya sekadar mempercantik penampilan, manicure dan pedicure juga dapat mengembalikan kesehatan kuku terutama kutikula jari. Selain itu, manicure dan pedicure juga menjadikan kulit tangan dan kakimu menjadi lembap.

Ketiga, mencegah permasalahan yang timbul akibat pemakaian sepatu. Beberapa wania dituntut untuk menggunakan sepatu hak tinggi setiap beraktifitas di kantor. Kadang karena sibuknya, Anda tak sadar setelah bekerja kaki terasa sakit. Karena ada kebengkakan di kuku jari atau yang sering disebut cantengan.

Penggunaan sepatu tertutup dan terlalu ketat juga dapat menyebabkan kapalan, penebalan pada kulit kaki dan pecah-pecah. Nah, manicure dan pedicure merupakan cara instan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Keempat, membuat kaki dan tangan menjadi rileks. Selain sebagai bagian merawat kebersihan dan kesehatan, manfaat lain dari manicure dan pedicure membuat aliran darah di bagian kaki dan tangan menjadi lancar. Hasilnya Anda pun merasa rileks.

Dalam tahapan manicure dan pedicure, sebelum dibersihkan, biasanya kaki dan tangan akan direndam dulu menggunakan air hangat. Air tersebut biasanya juga dicampur dengan mineral salt yang berfungsi mengeluarkan kotoran di kuku dan di kulit kaki dan tangan.

Kelima, perawatan ini dapat memperlancar peredaran darah dan getah bening. Selain membuat kaki dan tangan menjadi rileks, ada juga proses manicure dan pedicure yang mampu memperlancar peredaran darah dan getah bening.

Proses tersebut adalah massage. Sebelum melakukan massage, kaki akan diberi masker terlebih dahulu. Kemudian di-massage. Setelah itu kaki dicelupkan ke dalam cairan parafin. Cairan ini merupakan lilin aromaterapi yang telah dicairkan. Cairan parafin ini mengandung ekstrak lavender yang mampu mengobati luka-luka kecil pada kaki dan memperlancar peredaran darah.

Jadi, manicure dan pedicure bukan hanya untuk mempercantik penampilan. Banyak manfaat dari manicure dan pedicure yang bisa didapat. Jika nggak ingin menghabiskan waktu di salon atau tempat-tempat kecantikan lainnya, Anda bisa melakukan manicure dan pedicure sendiri di rumah.

Prosesnya memang tidak jauh berbeda dengan perawatan bagian kaki dan tangan. Namun demikian, Anda perlu melakukannya ekstra lebih. Memang menghemat biaya. Cuma butuh modal peralatan yang bisa dipakai terus dan formula yang bisa dipakai untuk beberapa kali proses perawatan.***

Most Popular

To Top