Kesehatan

Jadi Penyedap Rasa Makanan & Minuman, Minyak Bunga Melati juga Bermanfaat Buat Kesehatan & Aromaterpy

BUNGA melati tak hanya sedap dipandang. Apalagi bila ditanam di halaman rumah bakal bikin betah berlama-lama di taman. Menanam dan merawatnya pun mudah. Selain jadi penghias pekarangan, bunga melati ternyata menyimpan banyak manfaat dan kegunaan buat kesehatan tubuh. Terutama jika diolah dan diambil ekstrak minyaknya.

Tanaman melati (Jasminum sp) termasuk famili Oleaceae adalah tanaman penghasil minyak atsiri yang dikenal dengan jasmine oil. Minyak atsiri yang berasal dari melati banyak digunakan sebagai bahan parfum dan kosmetika.

Bunga melati juga dimanfaatkan dalam industri berbagai macam minuman. Salah satunya teh. Bunga melati tak hanya sebagai pewangi, tapi juga penyedap rasa minuman tersebut.

Tak hanya itu, bunga melati bisa menjadi bunga tabur, seni dekorasi dan aroma terapi. Berbagai jenis tanaman melati mudah dibudidayakan sebgai tanaman pekarangan maupun perkebunan di Indonesia. Terutama dari jenis jasminum sambac dan jasminum officinale.

Bunga melati cukup berpotensi untuk dikembangkan dalam usaha agroindustri guna meningkatkan pendapatan petani dan devisa negara. Melati merupakan sejenis perdu memanjat atau menggantung dengan tinggi rata-rata 0,3 – 3 m. Namun sebagai industri di perkebunan, biasanya tanaman bunga melati akan dipangkas saat pohonnya mencapai tinggi 1 meter. Sebabm jika tidak dipangkas tanaman melati yang sudah besar akan memanjat pada batang tanaman lain.

Tanaman melati dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur pada ketinggian 600 – 800 m di atas permukaan laut bahkan sampai 1800 m di atas permukaan laut asalkan mendapat cukup sinar matahari.

Tanaman melati berdaun tunggal, berwarna hijau sampai hijau kelabu, helaian daun berbentuk jorong sampai bundar telur, panjang 5 – 10 cm, lebar 4 – 6 cm, ujungnya runcing, pangkal membulat, tepi rata, tulang daun menyirip menonjol pada permukaan bawah, permukaan daun mengkilap, tangkai daun pendek sekitar 5 mm, tersusun berhadapan.

Bunga melati juga bermanfaat sebagai obat tradisional. Akhir-akhir ini obat berbahan minyak atsiri melati menjadi salah satu alternatif pengganti obat kimia. Karena harganya bisa lebih murah. Apalagi, pemerintah juga menggaungkan program kembali ke alam, menggunakan obat asli Indonesia.

Obat tradisional menyimpan peluang bisnis sangat besar karena khasiat tanaman obat telah lama dikenal masyarakat. Disamping itu, obat tradisional memiliki efek samping yang rendah dibandingkan obat kimia.

Pengetahuan tentang tanaman obat bersumber dari pewarisan nenek moyang secara turun temurun dan terus menerus. Jenis tanaman obat Indonesia ribuan jumlahnya salah satunya yaitu melati (Jasminum sambac), sering disebut jasminum.

Pemanfaatan tanaman melati yang diproduksi menjadi obat semakin tahun kian meningkat dengan menjamurnya spa kesehatan di daerah perkotaan. Pengobatan yang ditawarkan oleh spa-spa tersebut menggunakan obat-obatan alami dan minyak atsiri, yang dikenal dengan aroma terapi.

Jasminum memiliki peran yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Bagian tumbuhan yang digunakan adalah akar, daun dan bunga. Bunganya sangat berperan bagi kehidupan modern maupun tradisional. Dalam kehidupan masyarakat yang memegang erat adat istiadat, melati banyak digunakan pada berbagai upacara adat.

Tanaman melati merupakan bunga unggulan di Indonesia. Di Philipina bunga melati dinobatkan sebagai identitas negara. Melati menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan rakyat India, Thailand dan Cina. Di Hawai, melati dikenal dari zaman dahulu karena ratu bangsa Hawaii menyenanginya. Sementara di China, selain sebagai bunga kesayangan dewa, melati jadi tanaman hias, wewangiannya dijadikan campuran teh.

Minyak atsiri yang berasal dari melati banyak digunakan untuk parfum berkualitas tinggi dan industri kosmetika. Kebutuhan konsumen terus meningkat sejalan dengan pertambahan penduduk dan peningkatan penghasilan. Selain itu masyarakat juga lebih menyukai minyak alami daripada minyak sintetis. Aroma minyak atsiri ternyata dapat menyembuhkan stress dan akhir-akhir ini banyak digunakan dalam pengobatan berupa terapi yang dikenal sebagai aroma terapi.

Untuk pemanfaatannya sebagai obat tradisional, seluruh bagian tanaman memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari bagian akar, daun dan bunga. Sementara bagian batangnya bersifat menyejukan.***

Most Popular

To Top