Gaya Hidup

Merawat Kecerahan Kulit dengan Menggunakan Lulur Beraroma Eksotis

BODY scrub atau lulur sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit di seluruh bagian tubuh. Fungsi dari lulur adalah membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Agar kulit tubuh tetap sehat dan cerah, gunakan lulur secara rutin agar hasilnya maksimal. Tapi juga perlu diingat gunakan skin care yang tepat agar cocok dengan kulit tubuh yang akan dilulur.

Berikut manfaat lulur lainnya;
Pertama, mengangkat sel kulit mati. Jika tidak dilulur secara rutin, sel kulit mati yang menumpuk dapat menimbulkan masalah pada kulit, seperti hiperpigmentasi atau mengganggu kelembapan kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kering, kusam, dan tidak bercahaya.

Penggunaan sabun mandi biasa hanya dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit, namun tidak membantu mengangkat sel kulit mati. Sehingga penggunaan lulur diperlukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut.

Kedua, perawatan dengan lulur juga dapat membantu mencerahkan kulit.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan tampak tidak bercahaya.  Bagian tubuh tertentu yang lebih sulit dijangkau seperti ketiak atau selangkangan biasanya akan lebih gelap dibandingkan dengan bagian kulit lainnya.

Penggunaan lulur yang dapat mengangkat sel kulit mati dapat membantu mencerahkan bagian-bagian kulit tersebut. Jenis lulur yang dapat membantu mencerahkan kulit adalah seperti lulur kopi, bengkoang, dan lemon.

Ketiga, melembapkan kulit. Salah satu syarat kulit yang sehat adalah yang kelembapannya terjaga.

Kulit yang kering lebih rentan terhadap iritasi dan berbagai masalah kulit. Sedangkan kulit yang lembap akan terlihat sehat dan lebih mudah dalam menyerap nutrisi dari setiap produk yang diaplikasikan ke kulit.

Beberapa jenis lulur memiliki kandungan yang dapat menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat. Jenis lulur yang bisa membantu melembapkan kulit adalah seperti lulur bengkoang, kopi, zaitun, dan cocoa butter.

Keempat, membantu menghaluskan dan melembutkan kulit.

Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi lebih kasar. Dengan terangkatnya sel kulit mati, maka akan merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga tekstur kulit pun akan terasa lebih halus dan lembut.

Kelima, mencegah penuaan kulit. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kulit akan mengalami penuaan.

Apabila kulit tidak dirawat dengan baik, maka proses penuaan ini dapat terjadi lebih cepat. Terutama jika kulit sering terpapar radikal bebas dari polusi, paparan sinar UV, dan sumber lainnya.

Salah satu cara untuk mencegah penuaan kulit adalah dengan menggunakan lulur secara rutin.

Pilihlah jenis lulur yang memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu regenerasi kulit dan menangkal radikal bebas yang dapat memicu penuaan.

Jenis lulur yang dapat direkomendasikan untuk mencegah penuaan adalah seperti lulur green tea, lulur madu, lulur alpukat, dan masih banyak lagi.

Keenam, mengencangkan kulit. Manfaat lulur yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah dapat membantu mengencangkan kulit.

Selain karena berbagai kandungan nutrisi yang terserap oleh kulit, pijatan pada tubuh ketika mengaplikasikan lulur juga sangat berguna untuk melancarkan aliran darah. Hal ini juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih kencang.

Ketujuh, relaksasi. Pijatan pada tubuh dapat melancarkan aliran darah dan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Selain itu, umumnya lulur juga memiliki aroma-aroma khas yang cocok untuk relaksasi. Jadi, dapat dikatakan bahwa relaksasi juga merupakan salah satu manfaat luluran.

Tubuh yang lebih rileks tentunya akan terasa lebih sehat, tingkat stres juga dapat menurun jika kita melakukan perawan satu ini secara rutin.

Jika ingin mendapatkan manfaat luluran dengan maksimal, tentunya tata cara penggunaan lulur juga harus diperhatikan. Menggunakan lulur secara rutin memang baik, tapi tentu lulur juga tidak boleh digunakan secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa tips luluran yang harus Anda perhatikan:

Gunakanlah lulur sesuai dengan kebutuhan kulit. Lulur yang digunakan untuk kulit normal, kulit kering, dan kulit sensitif mungkin berbeda.

Sebelum memilih lulur, sebaiknya kenali lebih dulu karakter dan kebutuhan kulit Anda.Jika memiliki kulit sensitif atau kering, sebaiknya pilih jenis lulur yang lebih lembut dan jangan menggosok lulur terlalu keras.

Kulit sensitif dan kering lebih rentan. Melakukan lulur terlalu lama dan penggunaan lulur yang terlalu kasar dapat memicu iritasi dan menyebabkan kemerahan pada kulit.

Luluran bukan merupakan perawatan yang harus dilakukan setiap hari. Cukup dilakukan seminggu satu kali saja. Kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi dan membentuk sel kulit baru.

Sehingga melakukan luluran terlalu sering dapat melukai kulit dan mengganggu regenerasi kulit.Jika ingin membuat lulur sendiri di rumah, pastikan pemilihan bahan sudah sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Pastikan juga Anda telah memahami tata cara penggunaan lulur yang benar agar mendapatkan manfaat maksimal bagi kulit Anda.

Jika ingin menjaga kecantikan kulit, lakukanlah perawatan ini secara konsisten.

Karakter kulit seseorang dapat berubah-ubah. Jika karakter kulit berubah, perawatan yang dibutuhkan oleh kulit tentu juga berubah. Jangan lupa untuk selalu memilih perawatan menyesuaikan kebutuhan tersebut.

Body scrub adalah produk perawatan tubuh yang mengandung butiran partikel berbentuk gula dan garam.

Butiran ini berguna untuk menghilangkan keratin, mengikis sel kulit mati, merontokkan daki, dan menghaluskan kulit.

Scrub dianjurkan bagi Anda yang ingin menghilangkan masalah seperti komedo dan jerawat, serta mencerahkan kulit. Selain itu, lulur ditambah dengan efek pemijatan dapat melancarkan peredaran darah.

Butiran scrub umumnya terbuat dari garam. Akan tetapi, belakangan ini cukup banyak scrub yang terbuat dari gula, pasta kacang, dan jagung.

Scrub berbahan gula memiliki partikel yang lebih kecil dibanding dengan garam sehingga tidak terasa kasar saat digosokkan pada kulit.

Bagaimana cara memilih body scrub yang tepat? Tentu saja memilih berdasarkan jenis scrubnya.

Lulur tubuh pada umumnya mengandung partikel gula atau partikel garam. Ada juga lulur dengan bahan baku baking soda dan bahan-bahan alami lainnya.

Di bawah ini pilihan jenis scrub yang cocok untuk Anda.

Salt scrub atau scrub garam direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kasar dan gelap di bagian siku, lutut, dan tumit.

Kandungan garam dikenal mampu melarutkan protein. Dengan demikian, salt scrub mampu mengikis penumpukan keratin (serat protein) pada kulit yang menjadi penyebab kulit yang kasar dan keras.

Selain itu, memijat kulit Anda dengan salt scrub akan melancarkan sirkulasi darah sehingga sangat cocok untuk kaki yang letih atau bengkak.

Namun, partikel scrub garam ini berukuran besar sehingga sangat mudah merangsang dan membuat iritasi kulit. Sebaiknya Anda tidak menggosokkan butiran garamnya ke bagian kulit yang tipis seperti wajah.

Sugar scrub memiliki kandungan pelembap yang baik, bisa digunakan untuk seluruh tubuh

Sugar scrub disarankan lagi Anda yang ingin menggunakan jenis scrub untuk seluruh tubuh demi mendapatkan kulit yang lebih halus.

Scrub gula memiliki butiran partikel yang jauh lebih halus daripada scrub garam. Dengan demikian, Anda dapat meminimalkan iritasi kulit. Anda dapat menggunakan lulur jenis ini untuk bagian kulit yang tipis, seperti ketiak, payudara, dan tentunya dapat digunakan untuk area wajah.

Sugar scrub juga memiliki efek melembutkan dan melembapkan kulit, sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering.

Baking soda scrub untuk mencerahkan dan membersihkan pori yang tersumbat.

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit dengan pori yang tersumbat atau ingin membersihkan kulit dari penumpukan kotoran, kami menganjurkan scrub yang mengandung bahan bikarbonat atau baking soda.

Natrium bikarbonat memiliki efek melonggarkan pori-pori dan membersihkan pori-pori yang gelap tersumbat. Beberapa orang juga menggunakan scrub jenis ini untuk membersihkan wajah mereka karena dinilai mampu mencegah jerawat.

Ketika Anda menggosokkan baking soda scrub ke kulit, daki akan lebih cepat terangkat, beruntusan atau jerawat-jerawat kecil pun dapat dibersihkan.

Namun, scrub ini tidak direkomendasikan untuk orang-orang dengan kulit sensitif atau kulit kering. Sebaiknya Anda tidak menggunakannya setiap hari. Perhatikan kondisi kulit Anda dan gunakan perawatan tubuh dengan baking soda scrub hanya beberapa kali dalam seminggu.

Produk body scrub yang mengandung baking soda tidak banyak ditemukan di toko online di Indonesia. Namun, tidak perlu khawatir sebab scrub ini mudah dibuat sendiri di rumah dengan bahan baking soda, minyak zaitun, dan madu.

Untuk kulit sensitif, gunakan scrub berbahan alami. Dapat digunakan pula untuk wajah

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilihlah scrub yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti dedak padi, ubi jalar ungu, dan tanah liat (lumpur alami).

Scrub ini umumnya mengandung butiran partikel yang kecil dan halus, mampu melembutkan kulit tanpa membebani kulit sehingga tidak akan memicu iritasi.

Lulur dedak padi terasa lembut di kulit dan memiliki kandungan pembersih yang tinggi, sedangkan lulur ubi jalar ungu memiliki partikel berbentuk bulat yang tidak akan melukai kulit.

Di samping itu, lulur tanah liat atau lumpur memiliki fungsi menyerap dan menghilangkan kotoran, serta rendah iritasi. Anda akan merasa lebih tenang menggunakannya untuk kulit sensitif.

Pilih scrub dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Scrub akan membuat kulit Anda menjadi lebih licin dan mulus akibat proses perontokan sel-sel kulit mati. Akan tetapi, sering kali kulit menjadi kering setelahnya. Oleh sebab itu, pastikan terdapat adanya kandungan bahan pelembap yang kuat di dalam scrub Anda. Pilihlah scrub yang mengandung bahan pelembap tinggi, seperti minyak almon, minyak zaitun, madu, dan shea butter. Anda juga disarankan untuk memilih sugar scrub yang bertekstur halus dan mengandung pelembap yang tinggi.

Ada juga produk lulur yang membantu melangsingkan tubuh!

Apabila Anda ingin mendapatkan kulit yang kencang setelah pemijatan lulur, pilihlah scrub yang memiliki khasiat melangsingkan dan mengencangkan kulit. Scrub ini biasanya mengandung bahan capsium yang dapat memicu kelenjar keringat dan berefek menghangatkan. Dengan demikian, lulur ini akan membantu detoksifikasi, bahkan mampu meredakan peradangan.

Pemijatan bersama lulur jenis ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan efek pendinginan tubuh. Jadi, metabolisme Anda akan meningkat sekaligus penumpukan lemak di bawah kulit dapat dicegah. Rajin luluran akan membuat kulit Anda mulus sekaligus menghilangkan selulit! Ini seperti melempar dua burung dengan satu batu.

Pada umumnya, lulur berbahan kopi juga sangat ampuh dalam mengikis selulit dan mengencangkan kulit. Scrub kopi juga lebih mudah ditemukan di Indonesia.

Untuk kemudahan pemakaian, pilih body scrub dengan kemasan tube

Body scrub umumnya dikemas dalam wadah tube atau jar. Apabila Anda ingin mengaplikasikan lulur secara lebih mudah, gunakan produk dalam kemasan tube.

Tekstur lulur berbentuk gel yang lembut dan creamy sangat mudah dioleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit. Dengan kemasan tube, kotoran juga tidak mudah masuk dan mencemari produk, tidak seperti ketika memakai produk berwadah jar.

Namun, apabila Anda ingin mengoleskan lulur dalam jumlah banyak ke daerah punggung, paha, pinggul, atau bagian tubuh lainnya, produk berkemasan jar lebih direkomendasikan.

Supaya lebih cepat, Anda tinggal mencoleknya dengan tangan dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang merawat tubuh dengan lulur secara rutin dalam jangka panjang, gunakan spatula agar kualitas produk tetap baik dan higienis.

Lulur tubuh juga diciptakan dengan efek relaksasi. Pilihlah produk dengan aroma favorit Anda sehingga Anda dapat mandi lulur dengan lebih nyaman dan bersemangat.

Jika Anda baru pertama kali membeli produk body scrub, disarankan menggunakan aroma yang menenangkan seperti musk dan lavender. Aroma semacam ini dapat menenangkan pikiran dan tubuh.

Beberapa kandungan bahan scrub, seperti capsium dengan efek pengencangan kulit, cenderung memiliki aroma yang eksotis. Misalnya, aroma Oriental dan aroma khas Asia yang pedas.

Banyak juga produk lulur dengan harum dan khasiat menenangkan yang berbeda, seperti wangi buah, bunga, hingga wangi manis coklat yang populer di pasaran.***

Most Popular

To Top