Kesehatan

Minyak Kelapa Cegah Kerusakan dan Bikin Rambut Berkilau Sepanjang Masa

PRODUK alami minyak kelapa banyak manfaatnya. Bisa dipakai untuk memasak, bahan kecantikan, seperti penghilang  make up, melembabkan kulit, hingga berguna untuk menjaga kesehatan rambut.

Tapi harus dilihat dulu jenis minyak kelapanya. Harus dari kelapa murni. Minyak kelapa murni ( virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, yakni diambil minyaknya atau kernel-nya.

Kemudian diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas membuat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh.

Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni merupakan modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Untuk membuat sebuah minyak kelapa murni ini cukup mudah. Tidak membutuhkan biaya mahal, karena bahan bakunya mudah didapat dan murah.

Pengolahannya pun sederhana. Tidak perlu menggunakan energi yang rumit. Karena tidak menggunakan bahan bakar.

Dengan demikian, kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga, terutama asam lemak dalam minyak.

Minyak kelapa mengandung rantai asam lemak yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat.

Karenanya, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus.

Minyak alami ini bahkan mampu melawan dampak radikal bebas dan dapat meningkatkan kelembapan kulit.
Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut juga sudah teruji secara klinis.

Minyak kelapa cocok digunakan untuk hampir semua jenis rambut. Rambut yang kering dan kusam, akan kembal sehat dan berkilau.

Sebab, minyak kelapa dapat memperbaiki tekstur dan mengatasi kerusakan rambut. Bila dibiarkan dan tak dirawat, rambut akan rusak.

Namun terlalu banyak perawatan pada rambut dengan menggunakan formula tertentu juga bisa membuat rambut tambah rusak dan kering.

Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa mencoba menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut. Karena minyak kelapa memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk rambut.

Pertama, kandungan asam laurat pada minyak kelapa mampu memperbaiki tingkat kelembapan kulit kepala dan rambut.

Minyak kelapa adalah cara merawat rambut kering agar kembali sehat dengan harga murah. Tapi ingat, minyak kelapa yang digunakan haruslah minyak kelapa yang masih alami.

Umumnya, untuk menjaga kesehatan rambut, minyak kelapa dipakai sebelum keramas.

Caranya, cukup mengusapkan minyak kelapa pada rambut, lalu bungkus dengan handuk kecil yang telah dihangatkan selama 15-20 menitan.

Setelah itu balutan handuk di rambut bisa dilepas dari kepala. Kemudian mulailah dengan mencuci rambut. Rasakan sensasi lembut rambut yang telah kembali lembap.

Kedua, minyak kelapa ternyata mampu meresap jauh ke dalam kulit kepala dan menembus akar rambut sehingga bisa dijadikan alat yang pas untuk memperbaiki rambut rusak karena sering menjalani rangkaian pewarnaan rambut.

Kandungan protein di dalam minyak kelapa terbukti sangat ampuh untuk membantu menutrisi rambut yang mengalami kerusakan seperti rambut dengan ujung kemerahan atau rambut bercabang.

Ketiga, siapa pun agak resah saat bangun pagi hari rambut tampak seperti rambut singa. Jangan khawatir, coba pakai minyak kelapa setelah bangun tidur, beberapa saat sebelum keramas.

Bila dilakukan secara rutin mengoleskan minyak kelapa di rambut, ternyata dapat menutrisi rambut menjadi lebih baik sehingga rambut menjadi lebih lembut dan lebih mudah diatur.

Keempat, kandungan yang ada di dalam minyak kelapa ternyata mampu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan karena bakteri dan virus.

Termasuk peradangan ketombe bisa diatasi dengan menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu rangkaian perawatan rambut. Selain bisa melembapkan kulit kepala, juga bisa mengurangi ketombe di kepalamu.

Kelima, ada beberapa penelitian di Jepang yang menunjukkan bahwa memijat rambut dengan menggunakan minyak kelapa mampu melancarkan aliran darah di kepala.

Dengan aliran darah yang lancar itu pula, folikel rambut akan terangsang dan rambut akan tumbuh lebih lebat.

Keenam, bila secara rutin mengusapkan minyak kelapa pada rambut juga akan menjadikan kulit kepala dan rambut senantiasa sehat sepanjang hari.

Dengan hilangnya ketombe, maka dipastikan rambut akan tumbuh lebih sehat dan berkilau seperti di iklan-iklan.
Namun tak sedikit orang yang ingin pemakaian minyak rambut secara instan. Artinya, tidak mau sulit-sulit untuk mengolah kelapa murni menjadi minyak kelapa.

Natural Bali Mangosteen Conditioner menawarkan solusi ini. Formula yang diperkaya dengan Coconut oil ini mampu membuat rambut Anda akan menjadi semakin lembut serta mudah diatur.

Dengan pemakaian secara rutin, rambut nampak berkilau, memberikan volume agar rambut menjadi lebih mengembang, memberikan nutrisi kepada rambut.

Dengan aroma mangosteen yang segar akan membuat hari-hari yang dilewati akan menjadi lebih semangat.

Formula ini memiliki komposisi water, Cetrimonium Chloride, Stearyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Cocos nucifera (Coconut) Oil,  Silicone, Phenyl Trimethicone, Quartenium-15, Fragrance.(***)

Most Popular

To Top