Kesehatan

Ethno Spa So’oso & Ramuan Lulur Hitam Madura, Rasanya Wow…

PULAU Madura tak hanya terkenal sebagai pulau penghasil garam. Tapi kaya akan seni budaya dan tradisinya. Ada karapan sapi, upacara sandhur pantel, tari topeng gethak, tari rondhing, musik soronen, tari sholawat badar atau tapak jidor, dll.

Ternyata, spa Madura juga sudah membudaya. Tradisi ini sudah turun menurun sejak jaman nenek moyang. Salah satu jenis perawatan spa, yaitu So’oso Madura.

Bahkan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah membuat sebuah rumah spa kraton skala nasional di Kabupaten Sumenep. Ya, Spa Sumenep di masa lalu dinilai merupakan salah satu spa terbaik se Nusantara.

Rumah spa yang khusus dibangun atas rekomendasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep itu sebagai upaya menarik minat wisatawan untuk datang ke kabupaten paling timur Madura ini.

Lokasi yang dijadikan Spa Kraton dan Museum Pusaka itu adalah Kantor Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpar) Sumenep saat ini. Bangunan yang semula berfungsi sebagai kantor ini akan beralih fungsi menjadi Rumah Spa Kraton dan Museum Pusaka Sumenep.

Salah satu teknik ethno spa Madura adalah spa So’oso Madura. Teknik ini terinspirasi dari cara perempuan Madura saat merawat tubuhnya secara rutin.

Budaya ethno spa Madura memiliki filosofi “sren-asren” yang berarti indah dan sedap dipandang serta. Ada juga “maradin robe, mabagus salera” yang memiliki arti mempercantik wajah, memperbagus muka.

Mengikuti ajaran filosofi tersebut, membuat para wanita Madura rajin merawat tubuh bagian luar. Tradisinya mereka menggunakan ramuan berkhasiat yang membuat kulit bersih.

Menariknya lagi, saat luluran dilakukan dalam 3 tahapan penggosokan, yakni so’oso, so’oso celleng dan bedak mangir.

Tradisi ini diyakini dapat meningkatkan rasa percaya diri para wanita Madura. Mereka pun menerapkan tradisi ini untuk menimbulkan rasa senang sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada yang khas dengan ethno spa Madura. Mereka menggunakan ramuan lulur hitam khas suku Madura. Ramuan ini mengandung bahan tepung ketan dan rempah-rempah, seperti daun jeruk purut dan temulawak.

Mereka juga memiliki teknik massage
“maduranes micet”.So’oso Madura merupakan salah satu teknik perawatan agar tubuh lebih segar, bugar, dan tampak lebih bersih.

Untuk menjaga kesehatan dan membersihkan tubuh serta pikiran, baiknya perawatan So’oso Madura ini dilakukan rutin 1-2 kali dalam seminggu.

Ethno spa Madura pun sudah mengalami kemajuan. Sudah memiliki nilai jual. Tak hanya di dalam negeri. Tapi juga di mancanegara.

Ethno spa Madura sudah dipakai berbagai tempat usaha spa sebagai pilihan bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran dengan menggunakan ethno spa Madura.

Seperti menu layanan spa di Gaya Spa Jl Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan. Saat tiba di ruang spa, kita bakal dipersilakan memakai sendal unyu unyu. Kemudian disodorkan kain ala sarung Bali untuk dibikin kemben, termasuk ada CD sekali pakai yang nantinya bakal basah karena kita akan sauna.

Spa treatment itu lengkap banget. Mulai dari kaki direndem dulu, di-scrub, lalu massage seluruh tubuh, sauna, lulur, masker, dan berendam.

Belum lagi dengan cahaya temaram, aromatherapy yang bikin rileks, musik instrumen tradisional, ornamen bunga-bunga, semuanya berpadu memberikan rasa nyaman dan menghapus kepenatan seketika. Bahkan bisa membuat orang tertidur.

Saat scrub, therapist menggosok sisa-sisa kulit mati yang keluar setelah proses sauna tadi. Scrub merupakan proses terakhir dalam rangkaian perawatan spa So’oso Madura.

Nah, yang seru saat sauna. Kita bisa milih antara sauna duduk yang masuk ke ruangan beruap atau sauna model blanket dan jadi kayak kue lemper sesaat.

Jika mencoba yang blanket, nggak perlu turun dari kasur, dan suhunya bisa diatur. Sauna ini fungsinya untuk membuka pori-pori, dan memperlancar peredaran darah. Nggak ada patokan waktu berapa lamanya. Biasanya kisaran 10-15 menit, sudah cukup membuat badan berkeringat nyaman.

Karena ethno spa Madura menggunakan lulur hitam, semua kotoran yang nempel di badan serasa rontok semua. Begitu badan bersih dari kotoran-kotoran yang rontok, siap-siap merasakan dingin dan segarnya racikan masker yang semuanya sepaket bertajuk ramuan madura

Dengan spa, kita akan merasa fresh dan lebih menghargai diri sendiri. Setelah semua selesai, terakhir waktunya bersih diri di bath tub dengan rendaman racikan Madura dan bunga mawar yang menambah suasana makin terang.

Serasa mendapat energi positif jiwa raga. selesai ritual, disajikan secangkir mini kunyit asam berbau tradisional gini. Manfaatnya langsung menambah segarnya rasa setelah di-spa, dan otot-otot kembali meregang.

Spa juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk melakukan perawatan di rumah, produk retail Spa Essentia So’oso Madura dengan range item terdiri dari Massage Oil, Aromatherapy/Essential Oil dan Body Scrub.

Ramuan-ramuan dalam perawatan yang digunakan Gaya Spa adalah hasil produksi sendiri, dengan brand Spa Essentia. Produk oil Massage dan aromatherapy yang diproduksi, disesuaikan dengan rempah/herbal dari etno spa terkait.***

Most Popular

To Top