Kesehatan

Kaffir Lime, Si Jeruk Purut dengan Banyak Manfaat

BUAH jeruk banyak Manfaat. Selain diperkaya akan vitamin C, buah ini menjadi pelengkap setelah selesai disantap makanan.

 

Tapi ada lho, jeruk tak hanya sebagai buah buat cuci mulut usai bersanyap saja. Ternyata ada juga buah jeruk yang menjadi bagian dari rempah-rempah.

 

Namanya jeruk purut. Jeruk rempah-rempah ini masuk ke dalam subgenus papeda. Memang berbeda dengan jenis jeruk lain, tapi mudah sekali dikenali.

 

Nama latinnya citrus hystrix . Berarti “jeruk landak”, menarik pada duri-duri yang banyak muncul di batangnya.

 

Pohonnya tak terlalu besar. Tingginya maksimal hanya 12 meter. Batangnya bengkok atau bersudut, agak kecil, dan bercabang rendah. Tajuknya tak beraturan. Cabang-cabangnya pun rapat.

 

Rantingnya berduri, kecil, dan bersudut tajam. Daun berbentuk bulat telur, ujungnya tumpul, dan bertangkai satu.

 

Daunnya seperti dua helai yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepinya yang ekstrem; tebal dan permukaannya licin, agak disusun malam.

 

Daun muda dapat berwarna ungu kuat. Buahnya kecil, biasanya tidak pernah berdiameter lebih dari 2cm, membulat dengan tonjolan-tonjolan dan permukaan kulitnya kasar; kulit buah tebal.

 

Dalam dunia pertanian, menanam buah jeruk purut dengan cara dilakukan dengan biji atau dengan pencangkokan.

 

Tak hanya bagian dari rempah, jenis jeruk ini merupakan tanaman perdu yang sebagian dimanfaatkan buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan.

 

Jeruk purut atau limau ini ramai dalam transaksi pasar internasional. Dalam perdagangan antarbangsa, jeruk purut ini disebut umumnya disebut jeruk purut.

 

Orang Thailand bertemu dengan ma kruut , orang Kamboja akrab dengan krauch soeuch , orang Laos memamnggilnya dengan ‘ khi’ hout , orang Myanmar, shouk-pote , orang filipina kabuyau, kulubut atau kolobot, orang Vietnam mencari nama   truc .

 

Di tanah air memang dikenal sebagai jeruk purut, jeruk limau. Tapi beda dengan suku Banjar, mereka punya sebutan sendiri; limau kuwit.

 

Dalam tradisi kuliner negara-negara di Asia Tenggara, jeruk limau dibeli sebagai pengharum dalam masakan. Sebagai penetral bau amis daging atau ikan untuk mencegah rasa mual.

 

Seperti pada masakan olahan nusantara dengan campuran ikan, seperti pada pecel lele, pempek atau siomay. Ikan yang sudah dihapus biasanya ditetesi perasan buahnya untuk mengurangi aroma amis.

 

Daun jeruk purut juga banyak dipakai. pada bumbu pecel atau gado-gado sebagai pengharum. Pada pembuatan rempeyek, potongan daunnya dicampurkan pada adonan tepung yang kemudian digoreng.

 

Di Thailand pun demikian. Daun jeruk purut bermanfaat sebagai campuran masakan berkuah seperti tom yam dan tom khaa.

 

Menu dari Kamboja, Semenanjung Malaya, Pulau Sumatra, Pulau Jawa, dan Pulau Bali juga menggunakan daun jeruk purut sebagai pengharum masakan.

 

Sebagai bumbu masak, daun atau buah jeruk purut sukar dicari penggantinya. Kulit jeruk nipis bisa dipakai untuk dipakai.

 

Daunnya dapat dikeringkan untuk digunakan pada waktu mendatang namun hanya bertahan kurang dari hasil. Cara pengawetan lain adalah dengan dibekukan.

 

Tak hanya sebagai pengharum masakan dan penetralisir ikan-ikanan.

Buah jeruk purut yang diekstraksi dari daun dan kulit buahnya) menghasilkan minyak atsiri citronelal  (80%), dikembalikan adalah citronelol (10%), nerol dan  limonena .

 

Jeruk purut menjadi lebih disukai dari jeruk-jeruk lain karena mengandung enantiomernya . Juga mengandung minyak citronelal juga dapat ditemukan pada serai.

 

Kulit buahnya memiliki komponen yang Populer dengan kulit buah jeruk nipis, dengan komponen utama adalah limonena dan β-pinena .

 

Nutrisi yang terkandung di dalam buah jeruk purut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sedikitnya ada 4 Manfaat lebar dari buah jeruk purut untuk kesehatan tubuh.

 

Pertama , meningkatkan metabolisme tubuh. Buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi.

 

Buah ini juga mengandung berbagai nutrisi lain yang menyehatkan. Buah jeruk purut dapat dimanfaatkan sebagai minuman sehat. Minuman ini menghabiskan perbaikan meningkatkan sistem pelatihan tubuh.

 

Kedua , buah jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan daerah mulut dan gigi.

 

Secara tradisional, dibuat dengan buah jeruk purut sebagai minuman atau cukup dengan menggosokkan kulit jeruk purut ke gigi dan gusi.

 

Ketiga , melancarkan sistem pencernaan. Dengan kandungan nutrisi, vitamin dan komposisi peradangan, buah jeruk purut dapat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan.

 

Jika mengkonsumsi buah jeruk murni, bisa mencegah berbagai masalah penyakit yang lebih serius di pencernaan.

 

Keempat , hampir sama dengan jeruk lemon, buah jeruk purut juga bermanfaat sebagai minuman detoksifikasi . Fungsinya aman racun-racun di dalam tubuh.

 

Kelima , buah ini juga bermanfaat melancarkan program diet yang sedang kita lakukan tanpa transmisi kesehatan tubuh.

 

Secara kemasan, tanaman buah jeruk purut ini sudah dipersiapkan. Salah satunya kemasan minyak esensial jeruk purut. Minyak atsiri yang merupakan hasil olahan budaya alami Bali merupakan produk minyak esensial terbaik dari alam.

 

Sebagai pengharum ruangan, masukkan 8-10 tetes ke dalam air yang diisi dengan alat penguap. Sebagai Campuran untuk Mandi, berikan 5-12 tetes ke bak mandi berisi air hangat.

 

Sebagai minyak urut, larutkan 5 tetes minyak atsiri kesetiap 10 ml minyak urut.

 

Untuk Inhalasi, tambahkan 8-9 tetes ke dalam wadah berisi udara panas, lalu tarik napas dalam-dalam akan terasa khasiatnya melancarkan pernafasan. ***

Most Popular

To Top