Kesehatan

Olah Sendiri Biji Adas untuk Sembuhkan Kelenjar Getah Bening dan Serangan Jantung

ADAS atau Adas pedas dengan nama latin foeniculum vulgare miller dari famili apiaceae atau jinten merupakan sejenis tanaman bumbu atau jenis tanaman obat. Tanaman yang berasal dari kawasan Mediterania ini terbagi dalam dua macam;, adas manis dan pedas.

Umumnya, kandungan biji adas dipakai sebagai komponen minyak telon, minyak atsiri, penyedap rasa dan olahan buat obat-obatan. Sementara daunnya dapat diolah sebagai sayuran.

Untuk pengobatan secara langsung, biji adas berkhasiat menyembuhkan benjolan di leher atau kelenjar getah bening. Pengobatannya bisa dilakukan sendiri dengan cara mengolah bijinya. Biji adas dapat diolah secara alami. Namun perlu diingat, harus dilakukan dengan cara paling benar dan steril agar aman saat mengkonsumsi.

Bagi Anda yang saat ini tengah mengalami gangguan penyakit benjolan di leher dan kebingungan mencari cara alami untuk dapat mengobatinya, disarankan untuk segera mengobatinya sebelum mencapai kondisi membahayakan. Salah satunya Anda dapat memanfaatkan biji adas sebagai bahan alami untuk pengobatannya.

Benjolan di leher merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya pembengkakan atau gumpalan jaringan kecil berbentuk bulat. Jika dibiarkan, akan terus membesar hingga ke seluruh tubuh. Namun demikian, tetap saja umumnya benjolan lebih sering menyerang bagian leher.

Berdasarkan hasil Riset, saponin (filinopsida A) yang terkandung dalam biji adas mampu mencegah petumbuhan pembuluh darah baru pada tumor dan sel kanker. Apabila pembuluh darah mengalami hambatan, maka kemungkinan besar perkembangan sel itu pun akan terhambat hingga pada akhirnya dapat terus mati.

Diyakini, kandungan dalam biji adas ini 3 kali lipat lebih cepat menyembuhkan benjolan di leher. Banyak masyarakat mengira bahwa benjolan ini penyakit biasa, namun nyatanya jika tidak segera ditangani benjolan tersebut terus membesar hingga akhirnya sulit untuk disembuhkan kecuali melalui operasi.

Banyak Manfaat
Semua bagian adas yang meliputi daun, batang, tangkai, biji, dan bonggolnya memiliki banyak manfaat. Pengonsumsian adas dalam berbagai bentuk seperti bumbu masakan, ekstrak, dan lainnya bisa meningkatkan kesehatan dan mengatasi beberapa masalah medis.

Ada beberapa kandungan zat gizi yang penting di dalam tanaman adas. Kandungan-kandungan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Adas mengandung serat makanan, karbohidrat, protein, dan lemak tanpa kolesterol.

Vitamin yang dikandung adas di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin b2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (asam folat), vitamin E dan vitamin K.

Adas juga mengandung berbagai mineral penting, seperti fosfor, zat besi, kalsium, seng, natrium, potasium, mangan, selenium, magnesium, sodium, dan tembaga.

Di samping itu, ada juga beberapa zat lain yang dikandung adas. seperti kolin, lutein, zeaxantin, anetol, flavonoid, asam rosmarinic, asam klorogenik, terpen, dan beberapa asam amino esensial seperti leusin, isoleusin, triptofan, dan fenilalanin.

Adas memang telah lama dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Manfaat adas juga bisa mengatasi beberapa masalah medis. Kandungan zat gizi yang kaya manfaat dalam biji adas memiliki peranan yang sangat besar.

Salah satu yang direkomendasikan adalah manfaat Essential Oil Fennel sebagai formula hasil pengolahan biji adas untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat adas yang utama bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa zat seperti selenium, antioksidan, dan lainnya memiliki efek untuk merangsang produksi sel T yang bisa menyingkirkan berbagai zat asing penyebab penyakit.

2. Melawan peradangan dan infeksi di dalam tubuh
Jika Anda menderita rasa nyeri atau sakit akibat peradangan atau infeksi maka gunakanlah adas. Adas juga bermanfaat untuk melawan infeksi dan peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh.
Beberapa zat seperti kolin dan anetol memiliki sifat antiinflamasi. Adas juga mengandung zat yang bisa mencegah reaksi radang dan alergi. Adas juga mengandung zat yang bersifat antibakteri. Ini bisa melawan serangan bakteri seperti Salmonella dan E. coli.

3. Menjaga kesehatan jantung
Adas mengandung banyak zat-zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa zat tersebut di antaranya adalah kalium, serat, piridoksi, asam folat, dan vitamin C. Manfaat adas bisa mencegah penyakit jantung melalui zat-zat tersebut.
Berbagai zat gizi yang telah disebutkan bisa menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah. Kandungan vitamin B-nya juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah yang sangat terkait dengan kesehatan jantung.

4. Mencegah penyakit tulang
Manfaat adas juga bisa mencegah penyakit tulang dan menjaga kesehatannya. Kandungan mineral seperti kalsium, mangan, zat besi, dan seng bisa menjaga struktur tulang tetap kokoh. Beberapa vitamin seperti vitamin B9 atau asam folat dan vitamin K bisa menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Vitamin K juga sangat penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

5. Memperbaiki metabolisme tubuh
Adas bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme tubuh terutama terkait sistem pencernaan. Pengonsumsian adas bisa meningkatkan sistem pencernaan di dalam tubuh yang berdampak pada berat badan tubuh.

6. Membantu mengontrol tekanan darah
Adas juga mengandung natrium dan kalium yang memiliki peran penting terhadap tekanan darah. Kandungan natrium bisa menurunkan tekanan darah, sedangkan kandungan kalium bisa membantu kontraksi pembuluh darah.

7. Mencegah penyakit kanker
Kandungan antioksidan, folat, dan selenium di dalam tanaman adas menjadikan adas bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker bisa dicegah karena adas membantu menangkal radikal bebas dan melakukan detoksifikasi racun penyebab kanker.

8. Hasil olahan biji adas dalam formula ini juga bisa mengurangi nafsu makan, mencerahkan kulit dan meningkatkan rasa percaya diri

Untuk pengharum ruangan, berikan 8 – 10 tetes Essential Oil Fennel dimasukkan ke dalam air yang diisi dengan alat penguap. Untuk campuran mandi, masukkan 5-12 tetes ke dalam bak mandi berisi air hangat. Sebagai Minyak urut, larutkan 5 tetes minyak atsiri adas ke setiap 10 ml minyak urut. Untuk Inhalasi, tambahkan 8-9 tetes ke dalam mangkuk berisi air panas, lalu tarik napas dalam-dalam.***

Most Popular

To Top