Kesehatan

Minyak Nilam Seperti Anggur, Semakin Lama Disimpan Semakin Berkualitas & Mahal Harganya

MINYAK nilam atau patchouli essential oil (minyak esensial atau minyak atsiri nilam) kaya akan kandungan bahan aktif dan banyak manfaatnya. Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh bagian dalam, nilam juga ampuh merawat kesehatan kulit.

Aroma kuat dari minyak nilam telah digunakan selama berabad-abad dalam parfum, dupa, penolak serangga dan obat-obatan alternatif.

Patchouli berasal dari kata Hindustan “pacholi” yang berarti “untuk mengharumkan.” Pada tahun 1880an, syal dan kain India memang banyak yang diberi wewangian dengan minyak nilam.

Nilam berasal dari spesies tanaman dengan genus Pogostemon. Merupakan bagian dari keluarga labiatae, juga memiliki kekerabatan dengan lavender, mint dan sage.

Tumbuhan nilam bentuknya seperti semak lebat dengan batang kaku, tumbuh mencapai tinggi 60 cm hingga 1 meter tinggi, dan memiliki bunga kecil merah muda pucat.

Nilam merupakan tanaman asli Kawasan tropis di Asia, seperti tumbuh di Malaysia, Indonesia, Mauritius, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam dan kini dibudidayakan di Cina dan India,.

Di India, nilam digunakan pada kain dan pakaian karena berfungsi sebagai pengusir ngengat. Aroma minyak nilam ini menjadi salah satu indikator kain ‘oriental’ asli, sehingga pernah pada suatu masa pembuat pakaian Inggris dan Perancis akan mengharumkan produk imitasi dengan minyak nilam sehingga lebih menjual.

Minyak nilam banyak digunakan dalam industri wewangian dengan kualitas tergantung pada usia bahan baku dan lama penyimpanan. Jadi seperti anggur, aroma minyak nilam cenderung semakin baik seiring waktu penyimpanan yang lebih lama. Secara nilai, harganya pun semakin mahal.

Senyawa yang terkandung dalam minyak nilam termasuk alpha patchoulene, beta patchoulene, alpha guaiene, alpha bulnesene, caryophyllene, norpatchoulenol, patchouli alcohol, seychellene dan pogostol.

Ekstraksi minyak atsiri nilam dilakukan dengan destilasi uap dari daun. Dinding sel harus terurai melalui panas uap, fermentasi cahaya atau pengeringan daun.

Daun nilam dapat dipanen beberapa kali dalam setahun. Biasanya diekspor dalam kondisi kering untuk kemudian didistilasi. Nilam dengan spesies cablin umumnya dianggap sebagai spesies yang unggul, terutama sebagai penggunaan terapi.

Minyak esensial terkenal ini memiliki reputasi sebagai aroma yang digunakan generasi hippys. Meskipun dikenal untuk penggunaannya selama tahun 1960, minyak nilam sudah mulai dimanfaatkan sejak ratusan, mungkin ribuan tahun lalu.

Sebagai perawatan kulit, nilam merupakan sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mencegah jerawat, eksim, peradangan, dan kulit pecah-pecah atau teriritasi. Sebab minyak ini memiliki sifat meremajakan sel sehingga sering digunakan dalam perawatan anti-penuaan kulit, serta bisa digunakan untuk mengurangi tampilan bekas luka atau tanda lahir pada kulit.

Sifat antijamur minyak nilam membuatnya berguna dalam mengobati kutu air dan bermanfaat meringankan peradangan yang disebabkan oleh infeksi. Nilam juga membantu meringankan ketombe di rambut karena menyeimbangkan minyak pada kulit sekaligus menjaga kekuatan rambut.

Bicara soal kesehatan kulit, banyak orang yang rupanya lebih senang menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih mudah untuk didapatkan, bahan-bahan alami juga terbilang lebih aman untuk kulit. Apalagi bahan-bahan alami juga mengandung banyak zat aktif yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Pertama, mencegah Masalah Jerawat, kulit berminyak dan rentan berjerawat tentu harus menjaga kebersihan kulit lebih esktra. Hal ini lantaran dua tipe kulit tersebut rentan sekali terserang jerawat yang disebabkan oleh bakteri P. Acnes. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan minyak nilam yang mengandung zat anti peradangan.

Kedua, mencegah jamur kulit. Tidak hanya baik untuk kulit wahah, minyak nilam juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit yang disebabkan infeksi jamur. Apalagi sejumlah bagian tubuh tertentu seperti kaki dan kulit kepala rentan terhadap serangan jamur. Mencampurkan minyak nilam pada lotion atau masker rambut dapat mencegah dua masalah tersebut.

Ketiga, meredakan peradangan. Manfaat lain yang bisa didapat dari penggunaan minyak nilam adalah meredakan kulit yang ruam dan gatal. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat anti peradangan yang dengan mudah dapat mengempeskan pembengkakan atau ruam pada kulit. Minyak satu ini juga mencegah terjadinya pembengkakan yang lebih serius serta rasa gatal dan nyeri yang kerap muncul.

Beberapa manfaat paling umum dari minyak esensial nilam ini meliputi, melawan depresi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bekerja sebagai deodoran alami, menghentikan pertumbuhan jamur, mengurangi peradangan, meningkatkan suasana hati, memperkuat rambut, melawan infeksi, menghilangkan ketombe, merawat kulit secara umum, menolak serangga, merangsang hormone, mengurangi demam.***

Most Popular

To Top