Ibukota

Tinjau Terminal Poris, Kepala BPTJ Kecewa Sama PPD yang Bikin Halte Bus Trans Jakarta Terbengkalai & Rusak

Ayonews, Kota Tangerang
Terminal Poris menjadi salah satu lokasi khusus sasaran tim verivikasi lapangan pusat dalam menentukan Kota/Kabupaten Sehat 2019 di Kota Tangerang untuk memperebutkan penghargaan Swasti Saba yang diamanatkan melalui Peraturan Bersama Mendagri dan Menkes No 34 Tahun 2005 No 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Perihartono memastikan kesiapan salah satu terminal berklasifikasi tipe A di provinsi Banten ini dalam menghadapi penyelenggaraan tersebut. Bersama para stafnya, Bambang langsung melakukan sidak ke Terminal Poris Kota Tangerang pada Jumat (76/9/2019), sekitar pukul 16.00 WIB.

Didampingi Kepala Terminal Poris, Alwien Athena.A, Bambang meninjau beberapa sudut terminal. Tujuan pertama Bambang adalah posko informasi penumpang. Di tempat ini Bambang diterima tiga staf Alwien yang bertugas memberikan pelayanan kepada setiap penumpang yang butuh informasi tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan bus dari dalam atau luar kota dan luar pulau.

Kemudian dilanjutkan dengan melihat-lihat kondisi toilet. Beberapa bus yang terparkir di terminal tak lepas dari pengamatannya. Ia pun sempat menyapa para pedagang di lokasi. Sebuah taman yang sedang dibangun di ujung kanan parkiran bus, dekat shelter bus Trans Kota Tangerang menyita perhatiannya.

“Jangan cuma satu taman yang dibikin, diperbanyak tamannya. Kalau perlu dibuatkan kolam ikan di taman bagian depan gedung,” perintah Bambang kepada Alwhien seraya menyatakan kesiapannya.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono tampak begitu kegirangan saat melihat sebuah taman di sebuah sudut terminal.

Bambang cukup puas dengan kondisi kebersihan dan keamanan di Terminal Poris menjelang perebutan Kota Kabupaten Sehat 2019 yang digelar dua tahun sekali. Menurut Bambang, ini adalah kunjungan sidak untuk kedua kalinya.

Namun ia agak sedikit kecewa dengan bus Trans Jakarta yang menurunkan penumpang tidak pada tempatnya. Halte tempat turun naik penumpang bus Trans Jakarta yang memang berada di lingkungan depan terminal sama sekali tidak terpakai. Bahkan bangunannya mulai banyak kerusakan. Debu-debu membuat kondisi bangunan halte terlihat kotor dan kumuh. Penumpang naik dan turun di bukan pada tempatnya.

“Saya sudah beberapa kali menegur pihak PPD agar memfungsikan halte ini, tapi nggak digubris,” keluh Alwhien.

“Biar nanti saya yang tegur PPD-nya. Nggak Bener nih PPD,” sahut Bambang, terlihat sedikit kesal.

Menurut Bambang, sidaknya ini bertujuan untuk memastikan bahwa pertama fungsi kebersihan, kedua fungsi pelayanan, ketiga fasilitas di Kawasan Terminal Poris sudah benar-benar berjalan dengan baik.

“Fasilitasnya harus bersih, tidak bau. Toiletnya juga harus wangi, kemudian faslitas keamanan harus benar-benar diperhatikan. Jadi kalau kondisi keamanan terminal tidak terjamin, masyarakat jadi engan menggunakan kendaraan umum,” kata Bambang.

Sebagai terminal bus berklasifikasi Tipe A, Terminal Poris, menurut Bambang sudah cukup memadai. Meski belum lengkap sepenuhnya, pihaknya akan terus membenahi. Selain kondisi halte bus trans Jakarta, Bambang juga akan menegur pihak PO-PO yang masih menaikkan dan menurunkan penumpang di pool-pool bus mereka ketimbang di terminal.

“Pelan-pelan kita benahi. PO-PO juga akan kita tegur. Sudah ada aturannya tidak boleh menaikkan dan menurunkan penumpang di pool. Semua harus di terminal,” tegasnya.

Soal kesiapan dalam keikutsertaan KKS 2019 ini, Bambang mengatakan bahwa pengecekan ini untuk kedua kalinya.

“Sudah cukup bagus dibanding yang pertama, tapi ya belum optimal. Yang penting tanggal 9 – 12 besok semuanya sudah rapih,” ujarnya.

Seperti diketahui, 202 Kabupaten/Kota dari 29 provinsi di seluruh Indonesia memperebutkan penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat Tahun 2019. Setelah melalui proses verivikasi, Kota Tangerang lolos Bersama 165 Kota/Kabupaten lainnya untuk meraih penghargaan. Salah satu lokasi khusus yang akan menjadi sasaran tim verivikasi lapangan dalam di wilayah Kota Tangerang adalah Terminal Poris. (WRC Tangkot)

Most Popular

To Top