Hukum & Kriminal

Relawan Lalu Lintas Diberikan Pembekalan oleh Sat Lantas Polres Cirebon

Cirebon – Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon mengundang Relawan Lalu Lintas atau juru parkir untuk mengikuti pembinaan dan pemberian materi tentang pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) kepada juru parkir se-Kab Cirebon oleh forum lalulintas angkutan jalan LLAJ di Ruang Rapat Kantor Bappelitbangda, Kamis (5/9/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dari Dishub, Jasa Raharja, Dinkes dan dinas terkait lainnya.

Menurut Kasat Lantas Polres Cirebon, AKP Asep Nugraha mengatakan, kegitan ini sangat penting bagi relawan lalu lintas atau juru parkir di putaran arah atau u-turn ini untuk memberikan pembinaan bagaimana memberikan pemahaman pengaturan lalu lintas.

“Sekitar 124 relawan yang kita organisir mulai dari perbatasan Indramayu hingga Losari, karena kalau pun kita diamkan mereka itu tetap ada. Daripada liar jadi sebaiknya kita bina dengan cara pelatihan pengaturan, bagaimana pertolongan pertama kecelakaan. Intinya bagaimana mereka bisa dibina, diorganisir dan membantu jadi relawan Kamselantibnas, ” ujarnya.

Ia juga mengatakan, selama ini masyarakat pantura inginnya simpel, ada putaran arah malah lawan arus karena jauh putaran jalannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya relawan ini mereka bisa mengarahkan masyarakat karena kita tidak setiap saat ada di lapangan. Angka kecelakaan di pantura cukup tinggi rata-rata perbulan bisa 20-30 kejadian. Harapannya dengan adanya relawan ini nantinya dapat menurunkan angka kecelakaan. Kita juga memberikan rompi dan lampu pengatur lalu lintas” katanya.

Most Popular

To Top