Hukum & Kriminal

Prof Chandra Wijaya Berikan Apresiasi ke Ditkrimum Polda Metro Jaya Atas Pengungkapan Kasus Notaris Gadungan

Jakarta- Pakar Financial Management dan spesialisasi Financial Asset Prof Dr Chandra Wijaya, MSi, MM memberikan apresiasi kepada Ditkrimum Polda Metro Jaya yang telah berhasil mengungkap kasus notaris gadungan.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polda Metro Jaya yang telah berhasil mengungkap kasus sindikat notaris gadungan,” tutur Prof Dr Chandra Wijaya kepada wartawan di Jakarta Jumat (9/8/2019).

Prof Chandra Wijaya mengatakan, pihak Direskrimum Polda Metro Jaya harus dapat mengungkap kasus tersebut ke masyarakat luas dan mengusut tuntas para pelaku kejahatan yang terorganisir dengan baik dan rapih.

Karena diduga tidak menutup kemungkinan ada oknum BPN dan pegawai lainya yang terlibat dalam jaringan mereka sehingga aksi kejahatan mereka bisa berjalan dengan baik dan rapi.

“Dengan terungkapnya kasus ini, sebagai pembelajaran bagi masyarakat. Khususnya para pemilik yang akan menjual property nya untuk lebih meningkatkan lagi kehati-hatiannya agar tidak mudah menyerahkan sertifikat asli kepada calon pembeli atau notaris yang ditunjuk oleh calon pembeli tersebut,” tutur salah satu Profesor UI ini.

Prof Chandra Wijaya menyarankan, agar Ikatan Notaris Indonesia membuat website atau APPS resmi yang berisikan daftar nama dan alamat notaris-notaris resmi sehingga masyarakat dapat mengetahui mana notaris yang asli dan mana yang gadungan.

“Untuk lembaga perbankan harus lebih meningkatkan lagi SOP pemberian dan pencairan kreditnya untuk menghindari Debitur yang menggunakan agunan/jaminan yang tidak sah,” tuturnya.

Most Popular

To Top