Gaya Hidup

Jalan-Jalan ke Tasik  Tak Puas Kalau Belum Nyicipin Nasi Liwet dan Ayam Madu

Ayonews,  Tasikmalaya 

Jalan-jalan ke Kota  Tasikmalaya rasanya kurang lengkap jika tak mencicipi santapan khas kota seribu santri ini.

 Selain terkenal akan kerajinan kulitnya, Tasikmalaya juga beken dengan berbagai kuliner yang siap menggoyang lidah Anda.

Berbagai masakan khas Sunda,  seperti ikan gurame goreng,  tutug oncom, hingga nasi liwet dapat menjadi menu pilihan yang dapat ditemukan di sejumlah rumah makan di Tasikmalaya.

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu-menu khas Tasikmalaya yakni Rumah Makan Saung Gunung Jati di Jl. Letjen Mashudi no 45,  Kota Tasikmalaya.

Di sini ada menu khas Kota Tasikmalaya,  seperti  nasi liwet,  ayam bakar, gurame goreng dan satu andalan lagi, ayam madu.

Ayam madu ini  disajikan dengan cara digoreng  ataupun dibakar.  Kuliner ini belum ada di rumah makan lainnya di Kota Tasikmalaya.

“Harganya terjangkau,  nggak bikin dompet kosong, ” seloroh Soni Rahayu sang pemilik rumah makan khas Sunda ini.

Soni Rahayu, pemilik restoran penyedia ayam madu.

Yang khas dari Kota Tasik,  tentu saja nasi liwetnya.  Nasi liwet yang dimasak menggunakan kendil itu terasa nikmat berkat rempah-rempah yang melimpah.

Campuran daun salam, daun jeruk sereh, bawang merah, bawan putih, cabai gendot dimasak bersama nasi dalam kendil dN disajikan hangat di meja makan.

“Nasi liwet akan semakin lengkap dengan sajian mendoan, lalap, serta tumis pakis,” kata  Soni yang mengaku sudah merintis usaha kulinernya sejak 2008.

Rumah makannya sudah terbilang lengkap. Memiliki fasilitas  indoor maupun outdoor. Tempat usahanya juga biasa dipakai untuk acara resepsi pernikahan, acara reuni, acara ulang tahun, makan bersama keluarga.

“Target ke depan kami akan melakukan pengembangan tempat ini supaya lebih luas yang belum ada di Priangan Timur, ” ucap Soni.  (Ujang M / Taufik H/WRC Tasikmalaya )

Most Popular

To Top