Kuliner

Ayam Geprek, Makanan Cepat Saji Cita Rasa Nusantara

Ayonews, Tangerang Kabupaten
Ayam geprek menjadi salah satu sasaran pecinta kuliner. Dalam dua tahun ini, hidangan dengan hiasan sambal di atas menu, tak hanya semakin populer, tapi juga terus termodifikasi secara tampilan.

Usaha ayam geprek terus menjamur. Banyak gerai yang menawarkan makanan dengan hidangan khusus ayam geprek.

Salah satu pengusaha kuliner ini warung Ayam Geprek Mamah Iteung di Jl Raya Tobat, Desa Perahu, Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten. Sudah setahun usaha warung Mamah Iteung dipegang Farkhani menantu dari Mamah Iteung asal Kampung Sukaresmi, Mekarjaya, Comprengkab, Subang, Jawa Barat.

Farkhani, pengusaha makanan siap saji ayam geprek Warung Mamah Iteung bersama sang ibu mertua bernama Mamah Iteung di Balaraja, Kabupaten Tangerang Banten.

Farkhani dan ibu mertuanya, Mamah Iteung membuka warung ayam geprek di Balaraja.
Farkhani belajar membuat menu ayam geprek dari Mamah Iteung, sang ibu mertua. Mamah Iteung memang pandai memasak. Farkhani sendiri harus belajar beberapa bulan untuk bisa membuat ayam geprek yang lezat dan pas di lidah semua orang.

“Kelihatannya sih gampang. Ternyata nggak mudah. Terutama membuat sambalnya gimana rasanya biar pas dan disenangi banyak orang. Kalau untuk ayam gorengnya sih pakai bumbu secara umum ya. Tapi soal sambal kami punya resep sendiri,” ucap ayah dari dua anak ini.

Banyak sejarah soal ayam geprek. Alkisah pertama kali dibuat di Yogyakarta pada 2003. Pemilik warung makan di Jalan Wulung Lor, Papringan, yakni Ruminah yang pertama kali membuat ayam geprek.

Pada 2017, selebriti Ruben Onsu merintis bisnis ayam geprek di Jakarta. Melihat kesuksesan Ruben, warung ayam geprek mulai bertebaran di Tanah Air.

Uniknya sebelum ada ayam geprek, masyarakat Indonesia mengenal kuliner yang hampir serupa yaitu ayam penyet.

Meski keduanya adalah hidangan ayam goreng dan sama sama diberi sambal, ayam geprek dan penyet adalah dua hidangan yang berbeda. Ada juga yang menyebutnya ayam gejrot, ayam ulek. Akhirnya tenar bernama ayam geprek. Sama-sama hidangan berupa ayam goreng tepung garing yang diulek bersamaan dengan sambal. Sementara Ayam Penyet adalah hidangan ayam ungkep bumbu kuning yang diberi sambal di atasnya.

Ayam goreng tepung sendiri dikenal berasal dari Amerika Serikat, ditambahkan sambal, jadilah ayam geprek khas Nusantara. Ayam geprek bisa dibilang hidangan cepat saji dengan cita rasa Indonesia.(M.Irsyad/WRC Tangerang Kabupaten)

Most Popular

To Top