Nasional

Macan Tutul Tiba-tiba Nongol di Pemukiman, Warga Manonjaya Kabur Terbirit-birit

Ayonews, Tasikmalaya
Warga Kampung Badeung, RT 07 dan RT 10/ RW 03, Desa Gunajaya, perbatasan dengan Desa Cibeber, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya digegerkan dengan kehadiran seekor macan tutul di pemukiman warga pada Selasa (30/07/2019), sekitar pukul 14.00 WIB.

Temuan binatang buas itu bermula ketika warga sedang melakukan aktifitas berburu musang. Tiba-tiba saja mereka dikejutkan dengan kehadiran si macan tutul.
Najidin ketua RW 03 mengatakan, sekitar pukul 14.00 WIB, ia dan rombongannya tengah ” moro ” ( istilah bahasa sunda berburu musang).

“Kedatangan macan tutul itu bikin kami kaget. Apalagi posisinya pas ada di atas pohon dan persis di bawah kami. Khawatir diserang, kami berlari terbirit-birit dan meminta bantuan warga lain untuk menangkapnya,” ,” tutur Najidin.

Warga pun berbagi tugas. Ada yang berburu sambil membawa hewan peliharaan anjing dan bambu runcing. Sementara warga lainnya berinisiatif untuk melaporkan ke aparat setempat dan ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA).

Mereka khawatir ada warga yang tidak tahu dan menjadi sasaran satwa liar itu. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, petugas dan warga belum bisa menangkap si macan tutul.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI, Didin Syarifudin.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI, Didin Syarifudin menyatakan, belum berhasilnya perburuan macan tutul ini dikarenakan minimnya alat buat menangkap.
Karena itu, lanjut Didin, pihaknya akan meminta bantuan kepada tim ahli dari kebun binatang Cikembulan dan Kebon Binatang Safari dengan membawa senjata alat bius, jaring serta kandang.

“Kalau di lihat dari foto yang berhasil di dapat dari warga, kemungkinan satwa liar itu sedang mengalami stres atau sakit. Diperkirakan macan tutul itu berusia 2 tahun, ” tandasnya. (Ujang Muhsin/ Taufik H/ WRC Tasikmalaya ) 

Most Popular

To Top