Nasional

Pemerintah Tak Berakal, Maskapai Penerbangan Pun Frustrasi

Opini

Dunia penerbangan di Indonesia tengah berhadapan dengan tantangan yang serius. Maskapai penerbangan Indonesia tengah “frustrasi” dalam mencari cara untuk dapat memenuhi permintaan pemerintah selaku regulator.

Salah satu yang bikin pusing maskapai penerbangan adalah bagaimana menurunkan tarif tiket, khususnya penerbangan dalam negeri yang dinilai sudah tidak masuk akal.

Sebaliknya, pemerintah selaku regulator juga terlihat berada dalam posisi seolah kehilangan akal menghadapi harga tiket rute domestik yang tetap saja tidak kunjung bisa turun seperti diharapkan.

Pada titik ini, muncul ide untuk membuka izin bagi maskapai asing beroperasi di Indonesia. Tujuannya, agar harga tiket domestik dapat bersaing sehingga sasaran menurunkan harga tiket tercapai.

Pertanyaannya adalah, apakah dengan mendatangkan maskapai asing untuk melayani rute domestik di Indonesia akan menghadirkan harga tiket yang murah?

Jawabannya pasti hanya akan ada dua yaitu bisa berhasil dan bisa pula gagal total.

Yang pasti solusi sederhana tersebut pasti agak sulit untuk dapat menyelesaikan permasalahan harga tiket dengan tuntas.(Maruli Siahaan/Wartawan senior)

Most Popular

To Top