Megapolitan

Saat Tim Tekab Tangsel Memburu Seorang Ibu & 2 Anaknya yang Menghilang dari Rumahnya di Jatim

Ayonews, Jakarta
Tangis kakek Rawiyanto meledak seketika. Dia peluk erat-erat Siti Rahayu Ningsih (39), anaknya pada Kamis (3/5/2019), sekitar pukul 11.30 WIB di sebuah musholla, Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Ya, malam itu Kakek Rawi tampak haru sekaligus bahagia setelah bertemu kembali Siti dan kedua cucunya Hafna Muhala (11) dan Eca Cahya (7) yang hilang tanpa kabar dalam beberapa pekan.

Ketiganya pergi dari rumah mereka di Dusun Klangan, Desa Wotsogo, Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada Sabtu (27/4/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dan berkat jaringan komunitas ojek online (Ojol) Kakek Rawi bisa bertemu anak dan kedua cucunya itu.

Dari pengakuan Kakek Rawi, ia kehilangan putrinya bermula ketika Siti Rahayu membawa kedua anaknya sekitar pukul 10.00 WIB Sabtu (27/4/2019) untuk periksa matanya ke dokter.

“Waktu itu cuma bilang matanya terasa agak guram saat melihat. Siti sempat berpamitan dengan Ratna kakaknya,” papar Kakek Rawi kepada Ayonews.Com.

Tak disangka Sri yang memang mengidap depresi dan linglung, tidak pergi ke dokter. Keluarganya menunggu sampai larut malam hingga pagi tak kunjung menampakkan batang hidungnya.

Kakek Rawi cemas. Paginya ia melaporkan berita kehilangan anak dan kedua cucunya ini ke petugas Polsek Jatirogo, Tuban. Petugas pun langsung melakukan kordinasi antarpihak Kepolisian dengan melacak via GPS hp Siti Rahayu.

Saat itu ditenggarai titik terang keberadaan nya di sekitar Pondok Gede, Jakarta Timur.

Tak hanya ke pihak kepolisian, Kakek Rawi juga memanfaatkan bantuan ojek online Tuban untuk memposting berita kehilangan putri dan kedua cucunya itu. Karena kebetulan ia memiliki kerabat yang bekerja sebagai Ojol.

Sekejap saja, informasi kehilangan keluarga mulai beredar di grup-grup komunitas Ojol se Jawa Timur.

Kemudian pesan berantai ini masuk ke wadah-wadah Ojol Jabodetabek. Salah satunya masuk ke wadah Tekab Tangerang Selatan.

Didorong tugas sosial yg menjadi keseharian, Tim Tekab Indonesia pun langsung cepat tanggap merespon berita kehilangan tersebut. Anggota Tim memantau melacak lewat komunikasi Whatsapp.

Awalnya didapat info
keberadaan mereka di MNC TV. Namun nihil. Tim pun menyarankan pihak keluarga untuk memancing komunikasi via chat hp dengan membujuk agar cucunya yang pegang HP.

Didapatkan titik terang. Sang cucu membalas komunikasi bahwa mereka berada di Masjid at-Taufiq di Stasiun Senen. Tim Tekab  pun segera meluncur ke TKP.

Di lokasi itu, tim langsung meminta izin pihak keamanan masjid untuk memeriksa ruang shalat wanita. Namun saat itu hasilnya nihil.

Pencarian ini dilanjutkan pada hari Kamis (3/5/2019) pukul 11.30 WIB. Salah satu tim membujuk salah satu cucu Kakek Rawi untuk melakukan komunikasi via video call WA.

“Saat itulah kami langsung menscreen shoot video call. Didapatlah titik terang keberadaan Siti dan kedua anaknya di Masjid At-Taufiq , Senen,” kata Aldi, Ketua DPW TEKAB Tangsel yang mengkoordinir pencarian Siti dan kedua anaknya.

Dibantu petugas stasiun, akhirnya Siti dan kedua anaknya berhasil ditemukan di mushola itu. Saat bertemu, kondisi Siti dan kedua anaknya dalam kondisi kelaparan karena tak punya uang untuk membeli makan.(Irfan sun/ Wrc Tangsel)

Most Popular

To Top